Jajan Kuliner Jakarta Yang Enak

kuliner jakarta

Jakarta adalah gudang dan pusat kuliner di Indonesia. Berbagai makanan dapat ditemukan di sini. Sayangnya, kuliner Jakarta sendiri kalah pamor dan kurang bisa bersaing dengan gempuran kuliner lain yang lebih sering naik daun. Aku pun setelah 5 tahun di Jakarta baru tahu bahwa banyak kok jajanan dan kuliner Jakarta yang masih eksis dan enak-enak. Kalau kuliner Jakarta yang asli betawi macam bir pletok, kerak telor atau ketan susu aku udah pernah coba semua tapi emang sepertinya tidak begitu sesuai dengan seleraku.

Nah tapi kalau kuliner Jakarta yang jajan-jajanan, malah aku doyan seperti :

Es Krim Jadul Baltic

Sebenarnya duluan Es Krim Ragusa sih yang berdiri dan asli dari pembuatnya orang Italia gitu dan kemudian resepnya diteruskan hingga sekarang. Tapi ternyata masih ada es krim legendaris lain yang juga gak kalah enak yaitu Es Krim Baltic di Senen. Bentukannya lebih kece karena gak perlu makan di tempat tapi sudah tersedia dalam bentuk cup dan stick macam es modern pada umumnya. Terus rasanya banyak dan macam-macam dengan harga 8rb saja.

Roti Jadul

Masih banyak roti-roti legendaris yang bertahan di ibukota salah tiganya adalah Maison Weiner, Tan Ek Tjoan & Lauw Bakery. Ada juga sih toko roti lainnya tapi kebetulan aku lum coba, jadinya yang aku review tiga ini dulu yah.

Tonton dulu videonya biar lebih jelas.

Tan Ek Tjoan vs Lauw

Untuk ngebandingin mana yang paling enak rasanya mustahil karena balik ke selera masing-masing. Tapi menurutku juaranya adalah Maison Weiner kalau mau cari roti khas Eropa yang jenisnya jarang ada tempat lain seperti Sordough atau roti yang kek bongkahan besar gitu. Terus Maison Weiner termasuk roti yang sehat karena gak pake pengawet, beberapa bahkan gluten free dll. Terus tempatnya imut gitu dan aku suka deh warnanya merah gitu bahkan kalau makan di sana ada meja dengan taplak kotak-kotak merah yang menurutku identik ama piknik zaman dulu. Sungguh cocok banget buat nostaliga~

Cuma aku akui Maision Weiner mahal, jadi kalau mau ngirit yah udah pilih aja Tan Ek Tjoan atau Lauw. Kedua ini agak mirip sih, cuma Tan Ek Tjoan jarang aku temukan. Kalau Lauw masih ada yang abang-abang kadang-kadang suka lewat jadi aku bisa beli.

Rasanya yah kayak roti kampung yang enak dan tidak terlalu manis atau over di topping, gula dll. Cocok pula dengan budget anak kosan. Sejak pandemi ini emang aku selalu beli roti lokal bakery yang lewat-lewat pake motor/sepeda aja. Yah itung-itung bantu UMKM~

Kira – kira jajanan kuliner Jakarta apa lagi yang enak?

Buat yang nyari oleh-oleh Jakarta dari segi kuliner Jakarta macam kembang goyang, bir pletok bisa beli di kios trotoar keren UMKM di halte Tosari ini.

Habis itu jangan lupa ke petak enam buat jajan enak lainnya.

**

NEXT : nongkrong di Mall Ashta baru di SCBD.

Travel Now or NEVER

Leave a Reply