Investasi Saham Buat Apa?

investasi saham

Keuangan adalah salah satu ilmu paling cekak yang aku miliki. Gak mudeng. Mungkin juga karena tak begitu peduli soal gituan. Aku tuh kalau soal duit masih yang konservatif banget. Boro-boro investasi saham, bikin asuransi kesehatan aja telat banget sehingga dana darurat jebol mulu. Itu pun baru agak sadar setelah penyakitan dan ngeh biaya berobat ke RS itu muahall. Jadi yah gitu emang harus “ditonjok” dulu. Begitupun soal duit, berasanya punya tapi nyatanya bokek mulu. Dari tahun ke tahun yah segitu-segitu aja padahal aku tipikal hemat dan gak pernah boros untuk gaya hidup dan lain-lain.

Makanya ku pikir pasti ada yang salah dari caraku memaksimalkan duit. Mau nyalahin inflasi juga yah gimana, begitulah hukum ekonomi. Mau tak mau harus investasi nih biar nilai uang yang dimiliki enggak anjlok. Si meme, adikku sempat mention dia penasaran soal main saham. Gile baru kuliah tapi dia mikirnya sudah jauh ke depan, beda banget ama aku. Dulu si kokoku juga sempat main saham. Aku liat dia di depan komputer pantengin grafik penuh angka. Liat gituan aja aku udah puyeng. Maklum apapun yang berhubung angka – MTK, Kimia, no HP dll – selalu nilai jelek  bagiku.

aplikasi saham

Investasi Saham

Tapi untungnya pas maren belajar saham bareng IPOTGO, mereka dengan sabar memaparkan tentang saham dari sisi yang berbeda. IPOTGO ini adalah aplikasi dari Indo Premier yang ngebantu banget buat yang mau main saham, reksa dana, dan jasa keuangan lainnya. Apps-nya pas saya install dan daftar, sudah dirancang user friendly banget. Semuanya pake online aja gak perlu datang ke kantor atau apalah. Tak sampai sejam, sudah berhasil.

Jadi pas datang ke event-nya di Bursa Efek Jakarta, aku tinggal duduk manis mendengarkan arahan dari mereka tentang saham. Biar sama-sama belajar, aku rangkumin yah sesi kemarin yang membukakan mata dan dompet biar mau nabung dan main saham online.

Buat Apa?

Poin paling penting yang mungkin banyak ditanyain orang adalah ngapain kudu repot-repot investasi saham, iyah kalau perusahaan sendiri endak apa, ini perusahaan orang. Mungkin harus dibalik cara mikirnya yah. Selama ini tentu kita ada pakai produk/jasa perusaahan orang dong. Apapun itu jenisnya mulai dari beras, provider internet hingga merk makanan kesukaan. Selama itu pulalah kita memberikan profit buat si perusahaan. Nah gak kepengen tuh kita udah kasih mereka untung, terus dengan membeli saham mereka secuil aja, profit yang kita kasih ke mereka jadinya balik lagi ke kita. Kan jadi makin loyal belanjanya eeeh…..

Lalu juga salah satu poin penting adalah saham ini bisa menjadikan kita seorang wirausahawan tanpa perlu punya toko dan anak buah njelimet. Pengen yah pastinya jadi bos sekali-kali. Nah dengan saham lah mungkin jalan kita. Kelak saham ini pun bisa diwariskan dan jadi aset berharga buat keluarga atau penerus kita.

Selain itu buatku poin pentingnya adalah enggak time-consuming dan bisa dikerjakan di mana aja. Tinggal buka IPOTGO buat stalking-stalking.

Lalu Pilih Saham yang bagaimana?

Nah ini sebenarnya gak ada ilmu pastinya. Ibarat seni, pilihlah yang paling sesuai selera. Mau cuan gede atau mau yang sesuai bidang yang disukai biar memantaunya jadi gak beban, semua balik lagi ke kitanya. Tapi kalau bisa tetap liat track record perusahaan itu. Bisa dilihat dari PT nya bikin produk/jasa apa, masih laku gak di pasaran. Terus apakah makin berkembang atau enggak.

Kalau sudah jeli, mungkin bisa melirik saham PT yang terkesan biasa aja tapi prospek ke depannya cerah biar pas beli sahamnya gak mahal amat, terus pas udah naik untungnya banyak. Yiha! Ini contoh kasus kayak ketika krismon, saham BCA jeblok lalu orang yang membelinya saat itu kini tinggal ongkang-ongkang kaki menikmati kenaikan saham bank terbesar di Asia no 3 ini.

Kalau masih bingung juga, nih ada untungnya beli/jual saham di IPOTGO karena mereka bakal kasih semacam panduan dan notification kapan saatnya beli/jual saham. Terus di aplikasi semuanya lengkap ada berita tentang saham yang diincer juga. Terus bermain saham di sini juga aman karena hanya perusahaan yang terdaftar aja yang ada di sini.

IPOTGO

Mahal gak?

Ini juga ketakutanku yang terbesar. Jadi biasanya kan saham harus beli 1 lot (100 lembar) gitu dan yang aku incer perusahaan gede biasanya harga 1 lot itu bisa 2jtan ke atas. Untungnya kalau di IPOTGO ada semacam paket yang membantu sobat pas-pasan kek aku. Paketnya macem-macem, serasa pesen makanan junk food. Ada paket hemat sampai komplit. Kisaran harganya seperti ini :

harga saham

Mureh yah 50rb aja udah bisa nyebut diri ini investor saham online. Tsaah!

Jadi kesimpulannya apa?

Yuk download aplikasi IPOTGO aja dulu. Habis itu IPOTPAY nya jangan lupa buat bayar-bayar saham dan sejuta keuntungan lainnya. Psstt bisa isi ulang Gopay gak pake biaya admin loh. Nah ini aku demen!

Mudah-mudahan next time kalau kita berjumpa lagi, gak cuma ngobrolin soal jalan-jalan ke mana, tapi sudah dapat dividen berapa dari investasi saham yah. Eak!

Travel Now or NEVER
4 Responses
  1. Gils ada temennya juga ternyata wkwkwkkwk. Urusan saham, investasi dll emang dulu sebatas angan2. Tapi sejak kenalan sama IPOTGO jadi tercerahkan, semoga next bertemu dividen sudah subur bertambah yaaaa

Leave a Reply