Tips Meringankan Nestapa Haid

haid

Jikalau ketika lahir boleh memilih alat kelamin, sudah pasti aku lebih memilih terlahir sebagai pria. Tapi berhubung dikasihnya seperangkat rahim dan printilannya, yo wes disyukuri aja. Tapi cobaan tidak sampai di situ. Belakangan baru ku tahu ternyata aku punya kelainan darah yang bikin haid kayak orang pendarahan. Awalnya sedih banget tapi berhubung lum ada obatnya yah sudah terpaksa belajar ikhlas aja. Tapi beruntungnya aku tuh kalau haid endak sakit perutnya walaupun darah yang keluar itu banyak banget. Tapi yah gitu tetap lancar jaya mengalir. Paling perut aja yang agak pegel. That’s it endak kayak beberapa cewek yang kalau mens bisa ampe guling-guling nahan perih.

Tapi gimanapun pas haid emang mood jadi ambyar sih. Jadi harus pinter-pinter menata hati dan setelah beberapa waktu coba mempelajari diri dan mulai mempraktekkan cara biar haid terasa lebih nyaman dengan trik-trik yang simpel aja. Misalnya nih :

Banyak Istirahat

Udah pasti tidurku jadi banyak karena bawannya lemes dan mager aja. Selain itu, tidur keknya bikin mood agak enakan mungkin karena jadi gak mikir yang macem-macem. Ups tapi tidur pas haid lagi banyak-banyak itu bikin aku kebangun dan harus bolak-balik ke WC karena takut tembus ke seprei. Posisi tidur pun berubah jadi miring dan pake alas yang bayi gitu biar gak tembus ke mana-mana.

Makan Minum Yang Banyak

Karena haidku banyak, aku rawan laper sih jadi endak ada yang namanya diet atau berpantang. Semua yang diinginkan ditelan aja. Setelah haid kelar baru mikir kenapa ini badan kayak lemper. Tapi ya sudah yang penting tetap sehat. Enggak ada spesifik ngidam cokelat atau apa sih, yang standar aja.

Kurangi Aktivitas

Bahkan jadwal traveling aku harus nyesuain dengan jadwal mens biar gak berabe. Karena yah itu dia kalau traveling di kala haid itu bisa kayak mimpi buruk. Malah pernah aku udah siap-siap mau ke Bandara buat flight ke pedalaman Papua, eh haidnya dateng deras banget gak bisa berhenti. Yah sudah akhirnya berapa jam sebelum keberangkatan aku cancel berangkat. Itu sedih banget nangis-nangis berapa hari. Oleh karena itu, kalau gak terpaksa banget karena kerjaan atau ada sesuatu yang penting, aku lebih banyakan rebahan di kos aja.

Minum Obat dan Vitamin

Kalau sudah hari kedua atau ketiga, aku mulai siaga minum obat dan penambah darah. Untuk menghentikan laju pendarahan, aku minum obat hormon Cyclo Progynova. Sudah ada setahunan ini sih rutin, kecuali ada beberapa kali haidnya normal sehingga aku gak perlu minum. Tapi kalau bulan esoknya banyak lagi yah minum lagi. Gak tahu sampai kapan akan begini, yang jelas sejauh ini nyaris tidak ada efek samping di badan jadi kuanggap aman karena emang sesuai anjuran dokter.

Cari Pembalut Bebas Pengap & Bebas Gerah

Dari dulu aku emang sudah pelanggan setia pembalut Charm. Simpel aja alasannya. Pembalutnya ada di mana-mana, terjangkau dan berkualitas. Aku biasa pake yang Safe Night 35cm nya itu loh. Terus baru tahu kalau mereka ada produk baru yaitu pembalut yang ada sensasi dingin yaitu Charm Cooling Fresh. Pas aku coba, rasanya dingiiiiinnnn…itu pasti karena ada ekstrak daun mint-nya jadi bukan karena ada AC-nya yah girls. Pake pembalut model gini nolong banget biar tetap cool dan gak berasa lembab atau gerah di area kewanitaan meskipun aku keringatan.

pembalut charm

pembalut

Charm Cooling Fresh ini ada banyak jenis mulai dari yang 23 – 35cm (wings dan non wings). Bisa buat siang dan buat malam. Udah jelas aku milih yang paling panjang biar gak penuh dengan cepat. Kalaupun ampe penuh sekarang gak gitu takut risih karena ekstrak mint-nya ini kayak meredam bau darah atau amis gitu biar tetap segar. Tapi ini beneran loh pernah ada kejadian aku dan temen-temenku gabung di salah satu acara. Pas itu salah seorang bapak-bapak nyeletuk “Kamu lagi mens yah?” yang dijawab temenku dengan geleng-geleng. I mean emang ada orang yang agak sensitif dengan bebauan itu dan bisa ampe mengendus bau segitunya yah. Aku jadi takut juga nih hahaha tapi kalau udah pake Charm Cooling Fresh lebih PD karena selangkanganku gak lembap, gak pengap sehingga gak ada bau-bau aneh yang bikin orang menjauh. Selain itu kalau pake yang panjang, aku gak perlu kebangun karena takut tembus pas lagi tidur. Panjangnya bikin aman, dinginnya bikin nyaman. Satu kesanku pas mencoba produk ini adalah pas baru keluarin dari bungkusnya, ada wangi segar yang menguar. Pasti ini dari bebauan ekstrak mint itu deh. Jadi suka nyiumnya~

Terus pakainya juga nyaman seperti pembalut Charm yang lain. Bedanya kali ini selangkanganku semriwing rasanya. Uhuy!

Kalau kalian doyannya pake pembalut yang gimana nih?

charm cooling fresh

Charm Cooling Fresh

Harga : mulai dari Rp.17.500.

Beli di : Semua minimarket macam Alfa dan Indomaret juga ada. Shoppee pun juga ada. Cek di sini yah. Harga lebih murah karena ada diskon langsung dari pabrikannya yes.

Jangan lupa follow akun mereka biar bisa update tentang info dan promo baru dari Charm :

Facebook @Charmidn (https://www.facebook.com/charmidn)

Instagram @charmidn (https://www.instagram.com/charmidn/)

Website https://www.charm.co.id/id/home.html

Travel Now or NEVER
2 Responses

Leave a Reply