7 Tips Gratis Buat Bisnis Online

blog atau youtube

Tak dapat dipungkiri, pandemi COVID-19 tahun ini bikin bisnis engap-engap, kecuali yang sudah beralih ke bisnis online. Ini makin cuan sih karena orang-orang pada lum nyaman keluar-keluar. Jadi sebisa mungkin pesen online aja. Aku pun yang kena imbasnya pandemi ini juga mencoba bisnis online demi pundi-pundi tabungan yang sudah sekarat. Sejatinya langkah awal bagi siapapun yang pengen coba adalah dengan cara hosting web buat produknya dan setelah itu cari sebanyak-banyaknya eksposur gratis. Caranya piye? nih contekannya :

  • Berbagi Tips Melalui Website & Blog

Kalau orang nyari sesuatu di internet, biasanya yang dibuka pertama itu om googel dulu dan ngetikin kata-kata / produk yang dicari. Nah dari kebiasaan inilah makanya kudu banget punya jejak digital. Aku yang cuma cuap-cuap di sini aja punya blog, apalagi kalau yang sudah masuk ranah bisnis. Website is a must! Makanya buruan cek domain untuk website bisnis biar promosi bisa lancar. 

Ibarat katalog, website adalah muara untuk memberikan edukasi. Lupakan hard selling. Zaman sekarang yang keras-keras itu sudah tak disukai. Pakai cara yang lembut alias soft selling. Ngerti sih semua mau jualan tapi yah jangan straight to the point semua. Berikan dulu konten yang diinginkan orang baru diselip-selipin tuh info produk yang mo dijual, keunggulannya apa dan lain-lain. Cara ini lebih alus dan elegan dan gak maksa sehingga lebih masuk ke sanubari pembaca. Tsah.

Artikel macam tips, how to do, petunjuk, tutorial dan lain-lain biasanya yang paling banyak dicari sih karena lebih banyak berfaedah sehingga di situlah kita maksimalkan produk/jasa apa yang mau dijual.

  • Gunakan Email Pengunjung Website & Mulai Email Marketing

Setelah membuat website dan blog dengan cara cek domain untuk website bisnis, biasanya ada kan tuh data email pengunjungnya misal di kolom komen. Nah manfaatkan itu buat koleksi database pelanggan atau pembaca. Selanjutnya, kalau ada promo menarik atau tips yang WOW banget coba lakukan email marketing alias kirim newsletter ke email pelanggan tersebut. Ingat, tambahkan juga kek sosial media, info beli di mana dan lain-lain biar makin mantap.

Baca juga: Blog atau Youtube. Mana Yang Kece?

Untuk bikin newsletter gratisan, bisa pake email hosting seperti Mailchimp atau Zoho Mail. Habis itu didistribusikan via platform email hosting tersebut.  Tapi hati-hati yah langkah ini jangan sampai jadi bumerang. Mentang-mentang gratis jangan kirim tiap jam juga. Spamming itu ganggu banget dan orang malah jadi KZL.

blog-lenny

  • Manfaatkan Instagram untuk Publikasi yang Lebih Luas

Instagram keknya masih jadi sosial media yang paling dicari atau dipake. Jadi mau tak mau kita pun kudu beredar di sana biar orang tahu. Sering-seringlah mengunggah foto-foto atau video produk/jasa dengan caption storytelling kalau gak yang info hingga tips bermanfaat. Ini lumayan ngefek loh!

Jangan lupa pake beberapa hashtag (tagar) yang kita banget agar akun bisnis mudah ditemukan. Buat menjalin kedekatan dengan follower, jangan lupa pancing opini, komentar, atau hal-hal lainnya biar akrab. SKSD dikit gak apalah bos… 

  • Bagikan Inspirasi Bisnis Online dengan Pinterest

Alternatif lainnya dari cek domain untuk website bisnis adalah membuat akun Pinterest. Jangan remehkan platform ini, karena telah mengalami peningkatan hingga 73% pada pengguna dari berbagai kalangan sejak tahun 2014. Pinterest bisa jadi media yang memudahkan buat berbagi inspirasi relevan yang dapat dilihat calon pelanggan. Buat CTA (Call to Action) dan unggah Pin konten biar hasil optimal.

  • Tambahkan Eksposur Bisnis Anda di Laman Facebook 

Selain cek domain untuk website bisnis, buatlah akun laman bisnis di Facebook. Tipsku, manfaatin juga Facebook Marketplace karena pas aku coba, responnya cukup besar. Apakah banyak yang beli juga? WKKWK baca di cerita selanjutnya di bawah yah.

  • Hibur Pake Video-Video Menarik

Website udah, sosmed udah. Yah mainkan dong YouTube nya. Dengan 1,9 miliar pengguna setiap bulannya, paling gak satu dua ada yang kecantol kan lumayan. Mana gratis juga dan sukur-sukur banyak yang nonton dan dapat cuan dari iklan pula. Mantap kan?

  • Semua Suka Giveaway 

Strategi digital marketing mumpuni lainnya selain cek domain untuk website bisnis adalah dengan memanfaatkan kelemahan orang Indonesia alias suka yang gratisan. Bikin deh giveaway rutin atau suka kasih diskon / voucher produk/jasa. Nilainya gak perlu banyak yang penting rutin sehingga yang follow pun merasa seneng liatnya. Buat ngeramein feed atau dapetin traffic, cara ini masih berlaku dan diminati banget sih. Mekanismenya pun bikin simpel aja yang penting semua bisa ikut sehingga dapat deh itu eksposur gratisan.

Baca juga: JUALAN DI FB, IG & TWITTER, mana paling nyahoo?

Ada lagi gak tips lain? Share dong!

Apapun itu, jangan lupa, awali dengan cek domain untuk website bisnis sebagai fondasi bisnis yang kokoh. Moga CUAN~

Travel Now or NEVER
2 Responses

Leave a Reply