Wonderful Indonesia Dalam Pesona Bintan

Tahun 2018 ini ada beberapa mimpi aku yang terwujud, yaitu salah satunya berpartisipasi dalam program #TripofWonders.

Program Kementerian Pariwisata yaitu Wonderful Indonesia ini bertujuan untuk membawa para influncer dari luar Indonesia untuk dikenalin dengan indahnya Indonesia. Selama perjalanan, beberapa blogger / influencer tanah air pun ikutan mendampingi mereka. Yah jadi tuan rumah yang baiklah gitchu.

Kebetulan untuk tahun ini, aku dan beberapa temen beruntung dapat ikut serta dengan para influencer dari China. Salah satu destinasi kami itu adalah Bintan. Pas tahu bakal ke sini, aku kegirangan banget. Trip ini bakal seperti trip “pulang kampung” karena aku pernah tinggal di Batam kurang lebih 5 tahun. Pernah juga beberapa kali mampir ke Bintan. Jadi pasti banyak kenangan-kenangan indah yang bermunculan.

Dari Jakarta, kami mampir dulu ke Batam buat liat jembatan Barelang sambil menyeruput Gonggong dan ikan asam pedasnya yang bukan main sedapnya. Habis tuh jangan lupa libas semua otak-otak yang ada. Ah kuliner Batam dan Bintan itu gak pernah bikin kecewa seperti kamu.

gonggong

Selesai dengan foodgasm, kami langsung bertolak ke Bintan. Istirahat dulu semalam, sebelum esoknya siap untuk dibuat terkejut dengan pesona Bintan yang dulu tak pernah ku tahu. Ini dia!

White Sand Island

Dulunya yang ku ingat kalau ke Bintan, yah cuma pantai doang. Soalnya ini emang andalan mereka. Mulai dari pantai untuk umum sampai ke pantai hotel, semuanya bagus banget. Tapi kemarin itu, aku diajakin ke pulau kecil di Bintan namanya White Sand Island. Alamak lebih kece lagi! Pulaunya tenang dengan khas pasir lembut warna putih. Asli gak mau pulang ini mah. Di sini juga banyak fasilitas. Ada penginapan, bisa main kayak, ngambang di floatis, atau bobo siang di hammock. Bebas~~~

white sand island bintan

Kami juga sempat ngelepasin penyu loh, tentunya diawasi ama pihak pulau dan diberikan informasi. Penyunya masih kecil banget dan rasanya kasihan gitu, tapi sudah saatnya dia bangkit dan kembali ke habitatnya untuk berjuang masing-masing. Hati-hati yah kalian… kalau udah gede, kawin lalu hamil, jangan lupa balik ke sini lagi yah buat bertelur. Sayonara~

sea turtle

Lohan Temple

Sebagai tempat yang penduduknya banyak keturunan Tionghoa, vihara memegang peranan penting. Kuinget dulu pas tinggal di Batam, di sana ada vihara Maitreya yang merupakan salah satu yang gede juga dan seringkali turis ke sana. Tapi yang paling kuinget setelahnya adalah makanan vegetarian nya yang enak abis. Maaf cuma ingat soal perut aja ahahha

Nah jadi tak heranlah kalau di Bintan pun, ada destinasi temple baru yakni Lohan Temple. Pas nyampe di sana, dari gerbangnya aja udah ada sebuah patung raksasa yang seperti sedang memberkati aku ketika masuk. Terus lantas di belakangnya lebih ajib lagi karena ada 500 ratus patung beraneka rupa yang konon langsung dikirim dari Negeri Tirai Bambu gitu. Aku sih gak kuat yah ngitunginnya, jadi yah percaya aja jumlahnya mang segitu. Ada kemungkinan bisa aja tar masih nambah terus jumlah patungnya loh. Tiap patung juga punya nama sendiri dan beda-beda jadi gak bosen diliatin. Karena unik gini, yang datang gak cuma orang yang mau sembahyang kok. Berbagai turis lintas agama dan latar belakang juga getol ke sini buat foto-foto atau cuma mengagumi pemandangan sekitarnya aja. Kan berasanya lagi di Tiongkok gituchu..

lohan temple

 

500 lohan temple

Treasure Bay

Lanjut main air lagi, kali ini destinasi berikutnya adalah Treasure Bay. Ini tempat sempat viral karena merupakan kolam renang terbesar di Indonesia dengan luasnya 6,3 hektar. Gede banget dan kayaknya ini yang pertama di Asia Tenggara. Letaknya masih di dalam kawasan Lagoi yah. Pas ke sini sih lagi agak mendung, kalau gak pasti silau banget dengan kolamnya yang putih plus biru warna airnya.

treasure bay

Di sini kami sempat main Team Building dan aku ngajarin tari poco-poco ke para influencer Chinese itu. Ihhh rupanya mereka lihai banget dan beberapa suka. Asikk digoyang terus cicik kokoh…

treasure bay di bintan

Karena tempatnya luas banget, enakan pinjem motor listrik gitu terus puterin satu kolamnya sambil milih-milih kira-kira mau main apa. Ada seluncuran, ada tempat main anak-anak hingga ada juga water sport gitu kayak jet ski, jadi dipilih aja mana satu sukanya.

treasure bay bintan

Where To Stay

Kalau di Bintan yah gak heran lagi nginep paling asik dan mewah pastinya ada di Lagoi, apalagi kalau dapatnya di Angsana Bintan. Resort ini sampingan sama Banyan Tree. Di pembatas antara kedua resort mewah ini, ada banyak batu-batuan granit kayak di Belitung gitu loh. Terus ada jembatan kayu juga yang menghubungkan. Wah paling asik pagi-pagi ke sini deh sambil leyeh-leyeh.

angsana bintan

Buat gambaran lengkapnya, intip deh keseruan kami di video karya tim dokumentasi yang ikut. Pasti mupeng deh heheh

Jangan lupa juga ikutan sharing dong tentang Wonderful Indonesia yang lain di blogmu yah :

Wonderful Indonesia

wonderful indonesia

About the author

Travel Now or NEVER
8 Responses

Leave a Reply