Derawan, Maratua, Kakaban & Sangalaki – 4 Primadona Kalimantan Timur

Kabupaten Berau yang terletak di Kalimantan Timur sangat beruntung mempunyai empat pulau primadona yang pamornya sudah terdengar hingga manca negara antara lain Derawan, Maratua, Kakaban & Sangalaki.

Keempat pulau ini dapat diakses dari Tanjung Batu (3 jam naik mobil dari Tanjung Redeb, ibu kota Berau) denggan menggunakan speed boat. Di hari terakhir perjalanan tim #MenyapaNegeriku #Berau, kami sudah tidak sabar lagi untuk melihat karunia yang Tuhan berikan untuk Berau ini. Meskipun harus melalui insiden speed boat bocor lalu berganti kapal, hal ini semakin meyakinkan saya bahwa tidak ada jalan mulus menuju sesuatu yang menakjubkan. Toh bersama kami ada pelangi yang tiba tiba muncul mewarnai pagi hari yang indah ini. Mari menemukan sepenggal surga yang jatuh di Berau, Kalimantan Timur.

Maratua
Luas : 2.375,5 ha
Pulau Maratua boleh jadi pulau terbesar diantara keempat pulau ini dengan bentuknya yang khas yakni huruf U terbalik. Ketika tiba di pulau ini, speed boat kami tidak merapat ke dermaga Maratua Paradise Resort karena kami tidak mau membayar entrance fee Rp.25.000. Jadinya kami turun agak jauh di pantai sebelahnya dan mengambil foto sambil menikmati pasir putih dengan laut yang tenang. Bak sebuah kolam renang raksasa yang indah!

maratua

Kakaban

Luas : 774,2 ha
Salah satu alasan saya HARUS membawa GoPro adalah karena saya ingin selfie dengan ubur ubur tanpa sengat di pulau ini.

 

kakaban

Sangalaki
Luas : 15,9 ha
Pulau Sangalaki merupakan tempat pelestarian Penyu Hijau serta jika beruntung anda dapat bertemu dengan anak anak penyu yang masih dipelihara sebelum dilepas ke laut. Jika sedang melintas di perairan sekitar pulau sangalaki, cobalah awas mata siapa tahu anda sedang beruntung dan dapat menjumpai Manta (ikan pari). Sayangnya sih saya gak berjodoh dengan spesies ini.
Tiket masuk : Rp.5.000

sangalaki
Derawan
Luas : 44,6 ha
Derawan merupakan pulau berpenghuni (selain Maratua) yang paling lengkap dengan fasilitas seperti penginapan, rumah makan, toko souvenir hingga sarana rekreasi. Di sini pulalah saya dan teman teman kebanyakan mencoba pertama kali Discovery Scuba Diving, sebuah kelas bagi pemula yang belum pernah mencoba menyelam. Dengan merogoh kocek masing – masing sebesar Rp.500.000, kami berkumpul di Derawan Beach Club untuk bersiap siap sebelumnya mendengarkan pelatihan dari trainerkami. Setelah itu satu per satu memasang alat dan bergantian turun ke air sedalam 4-5 meter dan selama sejam kami selalu didampingi oleh 3 scuba master yang mengajarkan kami praktek langsung di bawah air dengan isyarat tangan. Sungguh pengalaman pertama menjadi manusia air yang tak terlupakan. Lebih lagi tak terlupakan bagi saya karena tidak seperti teman yang lain yang berhasil lulus kelas ini, saya masih merasa takut takut dan bolak balik harus mengganti kacamata saya. Saya rasa saya diberikan alasan lagi untuk kembali ke Derawan untuk menyelesaikan unfinished business. I will surely come back again next time!

derawan underwater
**
Cek video perjalanan saya dan teman teman :

**
Tur yang saya pakai dan rekomendasikan :
PT. Wahana Karya Wisata (Bapak Dauri)
Hp : 082159579803 & 081350452654
BB : 752A21BA

About the author

Travel Now or NEVER
6 Responses

Leave a Reply