Tips Mudah Agar Selalu Sehat dan Bugar Selama Traveling

Sejak memutuskan jadi full-time blogger, lumayan juga nih frekuensi travelingku meningkat. Tiap bulan yah mesti ada satu trip yang agak panjang keluar dari Jakarta dan sekitar. Asik sih tapi harus pinter-pinter menjaga tubuh biar selalu prima nih karena traveling itu kan sebenarnya melelahkan meski menyenangkan banget.

Intinya bagiku tuh ada 3 poin penting buat tetap fit selama traveling yakni Istirahat, minum & makan. Sebenarnya kalau gak traveling sih ditambah poin olahraga. Tapi yah karena namanya juga jalan-jalan, yah ke sana ke mari bergerak turun naik  juga udah banjir keringat. Jadi poin itu anggaplah sudah terpenuhi. Yang 3 lainnya aku jabarin di bawah yah.

pantai otan

Istirahat cukup sebelum perjalanan.
Banyak yang mungkin berpikir “Ah, nanti di bus/mobil/kereta/pesawat bisa tidur kok” lalu memutuskan malam sebelum keberangkatan bergadang atau tidak memenuhi waktu minimum tidur yang dianjurkan yakni minimal 6 jam deh. Dulu aku juga gini sih dan memang benar ketika di jalan bisa tidur, tapi yah itu karena sudah tepar dan kelelahan. Bangun-bangun gak langsung berasa seger tuh malah leher kram atau badan jadi encok. Jadi enggak mau diulang lagi. Mending tidur cukup deh sebelum keberangkatan.

Ketika sudah sampai di tujuan pun, malamnya jangan pake acara tidur larut kalau gak penting. Kalau aku pas traveling gitu, malamnya mah udah gak kuat nyicil nulis perjalanan atau kerja yang lain. Paling bales-bales email simpel, back up foto, nge-cas, lalu pules tidur karena butuh banget energi buat keesokan harinya. Bye-bye kerjaan buat sementara waktu. Kalau emang nanti pas traveling ada waktu buat nyolong tidur, jangan lupa dimanfaatin sedikit buat merem dan me-restart otak yah.

Jangan Sampai dehidrasi.
Pernah yah gara-gara naik ke Padar panas-panas, terus minum cuma dikit pulangnya aku dehidrasi parah sampai BAB berdarah. Duh kapok gak agi-lagi deh. Makanya meski misal di jalan kudu harus sering pipis walau WC susah/jorok, aku gak apa-apa deh paksain demi kebutuhan tubuh. Nah biasanya aku tuh cuma minum air putih biasa aja. Baru tau kalau itu tuh kurang berkat kemarin ikut launching Ion Water dari Otsuka pada tanggal 25 Oktober 2018. Ion Water ini adalah minuman yang mengandung ion / elektrolit tapi rendah kalori. Jadi meski cairan tubuh tergantikan semua, gak serta merta kita jadi kelebihan kalori. Nih yang lagi diet pasti cocok banget kalau minum ini. Ohya selama trip juga seringnya kan ku kena panas dalam karena cuaca yang berubah, kecapekan, makan sembarangan, dan lain-lain. Nah kalau gini harus cepat-cepat diatasi. Solusi paling cepet sih dengan cara minum Ion Water ini plus ditambah ngemut vitamin C buat daya tahan tubuh biar jangan ambruk dulu.

ion water low calorie

Selain itu, minuman ini udah paling dikit kalorinya dibanding seantero produk minuman lainnya yang ada di pasaran. Saranku kalau gak biasa minum air putih, pas nge-trip malah jangan minumnya teh / kopi karena itu jenis minuman diuretik yang justru merangsang pengen pipis sehingga cairan tubuh makin banyak keluar dan makin dehidrasi. Haus sih hilang, tapi cairan penting juga bablas haha

Jadinya minum Ion Water aja yah. Rasanya seger-seger nikmat dan botolnya cuma isi 350ml. Kecil imut jadi gak beratin bawaan pas jalan. Ohya ada label halal juga jadi kalian minumnya gak usah cemas. Ditambah bonus Ion water  ini gak pake pengawat atau pemanis buatan loh. Jadi aman…

ion water

Aku sengaja mention soal minuman duluan dari makanan, yah karena 70% tubuh kita dari cairan jadi gak heran kalau ada slogan “gak fokus karena haus” yah itu emang karena kurangnya cairan di otak bisa bikin lemot.

Jaga Makanan
Aku tipe orang yang membawa bekal kalau mau terbang, kecuali emang gak bisa banget, ya udah kepaksa bawa snack macam roti. Ribet sedikit tidak apa karena nantinya ketika perut minta diisi aku tidak harus kerepotan mencari tempat makan. Sepengalaman ku sih kalau sudah dalam perjalanan, gak banyak pilihan makanan yang tersedia, jadi ujungnya makan fast food which is aku hindari.

Tapi kalau sudah sampai di tempat tujuan, bebas aja sih kulineran. Cuma selalu ingat harus makan buah sama sayur. Terus porsinya harus inget-inget sebisa mungkin banyakin makan lauk – pauk ketimbang nasi / karbohidrat. Kalau dirasa kurang kenyang, ditambahnya banyakin sayur / daging yah jangan nasinya. Kebanyakan nasi juga bikin ngantuk pules dan buncit menghantui hahha. Untuk snack di perjalanan, bisa membawa buah seperti pisang atau jeruk. Mantap kan!

laksa kuliner betawi

Ada tambahan tips lainnya? Mau dong berbagi rahasia sehat kalian pas di perjalanan!

About the author

Travel Now or NEVER
8 Responses
  1. Adry

    Learn so much …. Keren dari penulisan, gaya bahasa, foto, tampilannya so inspiring…. Moga bisa diteladani Ya Ce Leni yang cakep….heheh … Btw AQ juga dari Jambi … Apa ada ya tulisan Ce Leni mengenai Jambi… Pengen banget bacanya….Salam kenal dari Adry

Leave a Reply