Sehat dan Bugar dalam perjalanan

Berada di dalam pesawat, kereta, bus ataupun mobil dalam waktu panjang (lebih dari 5 jam) bisa bikin resiko jadi gak waras. Termasuk juga ketika momen mudik yang sanggat ditunggu-tunggu. Gila aja soalnya yah kan, waktu selama itu dihabiskan dengan posisi duduk yang hampir sama dan otomatis itu bikin pegel fisik dan jiwa loh.

Namun, apa daya perjalanan panjang terkadang tidak bisa dielakkan demi pulang kampung atau demi bepergian ke daerah yang jauh.

Tetapi sebenarnya bisa sih diakalin dengan beberapa cara kayak begini:

  1. Istirahat cukup sebelum perjalanan.
    Banyak yang mungkin berpikir “Ah, nanti di bus/mobil/kereta/pesawat bisa tidur kok” lalu memutuskan malam sebelum keberangkatan bergadang atau tidak memenuhi waktu minimum tidur yang dianjurkan yakni minimal 6 jam deh.Dulu saya juga punya konsep begitu, dan memang benar ketika di jalan bisa tidur, yah itu karena sudah tepar dan kondisi tubuh telah kelelahan karena asupan istirahat kurang. Ujung ujungnya makin saya tidur, badan terasa makin encok dan tidak fit.

    Syukur-syukurnya sih tidak sampai jatuh sakit. Jadi enggak mau diulang lagi. Mending tidur cukup dan menjaga kondisi badan sebelum perjalanan.

  2. Minum banyak air putih.
    Dalam perjalanan, resiko dehidrasi sangat rentan. Ditambah kalau aku kena AC, wah sudah komplit dah kekeringannya. Karena kalau di ruang dingin atau AC itu kan seringnya kedinginan jadi gak ngerasa tubuh kekurangan cairan. Eh nyatanya, tubuh justru makin perlu asupan pas dingin, gak cuma pas panas doang. Kalau lagi gak kemana-mana, biasanya sih rutin minum air.Nah, tapi giliran lagi di jalan atau traveling, aku biasanya malas minum air karena takut sering pipis apalagi kalau tidak ada toilet yang bersih. Jadi untuk mengantisipasinya, aku minum banyak banyak sebelum jalan lalu nyempatin ke WC sebelum jalan. Lalu setelah balik ke hotel atau resto, minum banyak lagi biar pipis di sana. Lumayanlah ngefek hihi.

    Ohya jangan lupa bawa botol air minum sendiri agar tidak perlu repot membeli di jalan. Lumayan buat penghematan juga!

  3. Bawa bekal
    Saya tipe orang yang membawa bekal kemana mana karena prinsip saya lebih sehat dan hemat. Ribet sedikit tidak apa karena nantinya ketika perut minta diisi saya tidak harus kerepotan mencari tempat makan. Biasanya dalam perjalanan, kita tidak memiliki banyak pilihan makanan yang tersedia, palingan ujungnya makan fast food.
    maskapai penerbangan garuda indonesia inflight food
    Jika tidak sempat memasak atau membeli, disarankan membawa bekal seperti buah buahan atau makanan ringan.
  4. Membawa alat hiburan.
    Kalau gadget, saya percaya anda tidak akan meninggalkannya, karena alat elektronik ini sudah menjadi kebutuhan primer bukan lagi sekedar alat hiburan atau komunikasi. Tetapi ada baiknya juga membawa alat hiburan yang tidak tergantung dengan listrik seperti buku bacaan, mainan anak yang dapat dimainkan bersama, buku catatan agar dapat menulis atau music player biar bisa bersenandung ria.Jangan lupa selama perjalanan jika bersama teman/keluarga/pacar, jangan sampai malah lebih sibuk dengan diri sendiri dan melupakan quality time dengan mereka. Jadikan waktu ini sebagai saat yang tepat untuk berbincang dan berdiskusi. Kan jauh-jauh jalan-jalan salah satunya pengen menjalin komunikasi dan membuat kenangan indah toh? Alat hiburan yang dibawa cukuplah buat menjaga mood tetap enak sehingga bisa menikmati perjalanan dan sampai dengan ceria.
  5. Obat obatan seperlunya.
    Jika sudah tahu kemungkinan mabok perjalanan, bawalah Antimo atau obat sejenisnya. Intinya kalau tahu bakal sakit apa atau ada keluhan apa yang mungkin timbul, jangan lupa bawa penangkalnya yah.Boleh juga membawa minyak kayu putih atau balsem yang berfungsi untuk obat segala macam untuk di perjalanan.
  6. Refreshment kit
    Walau telah menempuh perjalanan panjang dan muka telah kusut, bisa loh tetap tampil seger. Caranya, begitu tiba di tujuan, cuci muka atau kalau susah yah lap pake tisu basah. Bisa juga dengan “mandi” ala kadarnya dengan lap bagian bagian tubuh yang kemungkinan paling banyak berkeringat seperti ketiak, leher dan lipatan-lipatan tubuh lainnya. Setelah itu bisa deh kalau mau pakai deodorant atau menyemprotkan sedikit parfum agar orang orang tidak tahu kalau aku udah berapa hari enggak mandi 🙂

Ada tambahan tips lainnya? Selamat mempraktekkannya!

About the author

Travel Now or NEVER
2 Responses

Leave a Reply