Rumah Kiboku Dago – Bandung

Rumah Kiboku adalah sebuah penginapan alternatif bagi yang ingin menikmati hawa sejuk Bandung layaknya zaman dulu. Terletak di bukit Dago, penginapan ala Bed & Breakfast ini sangat murah kalau dibandingkan dengan resort / hotel yang ada di sekitarnya. Tempatnya pun strategis yakni di tepi jalan, dekat dengan supermarket dan warung makan. Awalnya saya sengaja pilih di sini, karena sudah dekat menuju Dusun Bambu yang menjadi final destination saya keesokan harinya.

Sewaktu saya check-in di bulan puasa, Rumah Kiboku ini kebetulan lagi sepi. Saking sepinya saya berasa yang punya rumah deh terlebih ditempatkan di kamar paling bawah. Karena terletak di bukit, kamar kamar tamu ada di bawah lembah gitu jadi lumayan bagi tulang yang tak kuat lagi seperti saya agak ngos-ngosan juga.

Dari luar, sayangnya papan nama bangunan ini agak tidak terlihat. Pokoknya kalau dari terminal dago lurus terus hingga ke bukit, nanti bangunan hitam putih berpagar besi ini ada di sebelah kanan jalan. Di lobby yang merangkap tempat makan, dapur dan ruang santai ini tersedia beberapa mainan buat anak anak biar gak bosan lalu juga ada air minum galon bagi yang mau refill.

Staffnya yang ramah membantu saya membawa tas turun ke kamar. Tadaaa ini dia :

Rumah Kiboku
Lalu tiap kamar juga punya teras cantik untuk menikmati pemandangan hijau. Pas banget buat menghabiskan sore sambil baca buku atau hanya leyeh leyeh di sini :

Rumah Kiboku
Lumayan banget yah. Desainnya beneran seperti rumah bukan hotel. Saya pikir karena penginapan ini tipe bed & breakfast, cuma tersedia fasilitas minimalis. Namun ternyata lumayan lengkap kok. Handuk, Toiletries (sabun cair), wifi, kamar mandi dalam dengan hot shower, TV dan kasur besar yang empuk. Saking sejuknya tidak ada AC di kamar ini hanya ada kipas angin yang saya sia siakan karena saya tidak perlu lagi. Bahkan saya tidur masih pake selimut dan nggak gerah.

Begitu paginya, saya buka tirai jendela gede gede karena nggak ada orang lalu menggeser pintu kaca dorong tersebut lalu membiarkan hawa pagi mengisi ruangan. Asoyy! Belum lagi makan pagi bisa diantar ke ruangan sehingga saya berasa makan pagi di taman rumah.Karena saya menginap bertiga bareng adek adek (at no extra cost!) kami nambah extra makan paginya (nasi goreng) dan cukup bayar Rp.20.000. Sungguh terlalu! Terlalu murah untuk kemewahan ini!

Rumah Kiboku

Rumah Kiboku
Sewaktu check-out pun staffnya masih berbaik hati membawa koper saya naik lalu menyiapkan bon. Iya! Di sini tuh bon nya masih nulis tangan 🙂 rumahan banget yah. Dateng lagi ah!

Truly a home away from home!

Rumah kiboku
Alamat : Jl. Raya Golf no 2B (Dago Atas atau tepatnya di Bukit Dago Resort sebelahan dengan Hotel Arcodia)
Telp : (022) 2517583
Rate (akhir Juni 2015) Rp.300.000

About the author

Travel Now or NEVER
2 Responses

Leave a Reply