โ€ข,
โ€ข13

Rumah Jendela Inspirasi : Cafe dan Museum Keren di Bangka

Hari kedua di Bangka, cuaca masih galau. Hujan mulu bawaannya. Kami naik motor, baru lima menit, ujan, pake ponco, lalu jalan. Lima menit berikutnya, udah cerah lagi, jadilah kami yang paling aneh di jalan. Pas lepas jas hujan, jalan dikit, rintik-rintik lagi. Hihhh!! maunya apa sih??

Karena cuaca tak menentu, awalnya mau jalan keluar dari Pangkalpinang, tapi jadi mikir-mikir lagi. Akhirnya diputuskan aja wisata kuliner dan telusur Ibu Kota Bangka ini. Berawal dari Instagram, akhirnya didapatlah sebuah nama yakni Rumah Jendela Inspirasi. Namanya bukan maen…

Dan ke situlah kami dari Kampung Bintang. Gak nyampe 10 menit, nyampe di Jl. H Romawi Latief, Kacang Pedang. Ini nih enaknya bawa motor di Bangka. Jalanan lega, gak kenal macet.

Kami tiba di sebuah gang dan parkir di depan sebuah bangunan warna-warni bertingkat. Terus ada tampak kayak boneka kayu merah imut. Tampak beberapa kusen jendela kegantung di bangunan dua ruko yang dirombak ini. Untukย  masuk, kami harus menanggalkan sepatu dan sandal di depan. Setelah itu ada cafe di depan. Rupanya untuk menikmati Rumah Jendela Inspirasi – minum gak minum – harus bayar biaya masuk yakni Rp.3.000 / orang.

Rumah Jendela Inspirasi

Pas kami dateng udah urutan 140. Lumayan juga nih ramenya, padahal baru tengah hari loh. Setelah itu kami dipersilahkan ke sebalah kirinya. Di sebalah kiri, ada semacam galeri lukisan dan beberapa baju yang dijual. Di depannya ada tempat duduk-duduk ala di taman.

Kami langsung naik ke lantai duanya yang merupakan pusat foto-foto. Ada satu buah ruangan besar yang diisi dengan arsitektur / perabot khas jawa. Kayak ada sepeda onthel, batik, furnitur kayu dll. Di belakangnya, ada sebuah ruangan baca yang suprisingly kosong tidak ada orang. Padahal punya koleksi cukup lengkap dan ada tangga naik tempat buat baca. Cuma karena jarang disinggahi, kesannya agak berdebu.

Rumah Jendela Inspirasi di Pangkalpinang

Rumah Jendela Inspirasi di bangka

Lalu di luar, ada pintu menuju ke ruko sebelahnya. Nah di antara kedua ruko ini, terdapatlah spot paling populer yakni dengan jendela banyak yang di dalemnya Anda atau temen Anda bisa seolah olah berada di balik jendela tersebut. Padahal di dalamnya memang ada kursi atau meja buat duduknya. Selain itu, tempat penghubung di kedua ruko ini dipenuhi dengan murah berwarna-warni. Jadi siapa yang bilang Bangka cuma kota kecil? Bisa loh kita foto-foto ala OOTD macam mural di Haji Lane.

Rumah Jendela Inspirasi

Rumah Jendela Inspirasi Pangkalpinang

Di lantai atas, ada ruang terbuka buat ngeliat lanskap Bangka. So far sih tidak ada bangunan tinggi di kota ini. Kayaknya yang paling tinggi baru Hotel Novotel. Adem liatnya karena masih banyak hijau-hijau yang mendominasi. Buat pemanis, dipasang huruf LVE buat yang tetep mau foto-foto.

Rumah Jendela Inspirasi

Katanya, awalnya tempat yang buka pada 2015 ini, sebenarnya pengen dijadiin museum. Tapi mungkin biar rame, harus dipasang sesuatu yang menarik sehingga dipajanglah banyak jendela-jendela di tempat ini. Habis itu terus dibikinlah cafe. So far jualannya yang ringan-ringan macam kopi dan teh dan beberapa snack kecil. Tempatnya agak mungil sih. Namun aku gak sempat nyobain. Sepertinya seru juga tempatnya, karena bisa duduk di dalam atau minggir ke area taman di depan Rumah Jendela Inspirasi. Pilihan tepat juga bagi yang mau kongkow guys ๐Ÿ™‚

Cafe Rumah Jendela Inspirasi

Ada yang pernah ke sini? puas gak so far?

About the author

Travel Now or NEVER
13 Responses

Leave a Reply