Penghasilan Blogger Itu Dari Mana dan Berapa Sih?

Seringkali kita suka kepo… si blogger itu berapa sih rate card-nya? kalau sebulan bisa nghasilin berapa juta yah?

Pertanyaan ini mungkin gak dari orang awam aja, tapi dari sesama blogger pun begitu heheh #toyordirisendiri

Oleh karena itu, ketika di IG Jouska ada seorang blogger yang berani buka-bukaan tentang penghasilannya, saya langsung standing applause. Lalu aku iseng screen shoot dan sebar ke instor IGku. Rupanya responnya lumayan bagus dan seperti yang diduga banyak yang penasaran.

penghasilan blogger

Tapi banyak juga yang kira kalau screen shoot yang di Jouska itu adalah aku. Ya ampun gak mungkin lah. Kalau pendapatan ku segitu, tentu ku udah girang. Sejujurnya, aku tiap bulan dapet setengahnya itu aja kagak wkkw *lalu nangis di pojokan*

Berawal dari kekepoan tersebut, aku pun nantangin teman-teman buat ikutan sharing juga tentang pendapatan mereka. Akhirnya ada tiga orang ini yang mau berbagi dengan khayalak ramai.

blogger duit dari mana

***

duit blogger

***

penghasilan blog

Selain blogger, ada juga yang freelance yang ikut berkontribusi. Yah gpp juga karena blogger itungannya emang pekerja lepas sih.

penghasilan freelance

Nah itu kalau yang tiga orang blogger itu emang kukenal dan sosmed followersnya kurang lebih kayak aku lah. Dari sini bisa disimpulin kalau kebanyakan memang tidak hanya mengandalkan blog sebagai pendapatan utama tetapi lebih sebagai sampingan yang menghasilkan. Kalau aku, yah karena sudah resign jadi blog dan sosmed adalah segalanya. Eak!

blog-lenny

Namun untuk nambah-nambah, kadang aku juga masih ngambil kerjaan offline yang gak ada hubunganya ama blog / sosmed, misalnya jadi kontributor di majalah/website, bantuin event orang, bantuin megang sosmed orang, bikinin booklet orang, dan macem-macem. Intinya ada duitnya, yah langsung gercep, namanya juga kerja serabutan. Jujur aku akui, penghasilanku tiap bulan tak menentu, kadang satu bulan cekak, eh tapi bulan berikutnya lumayan, bisa buat menutupi hingga bulan berikut jika misalnya tak banyak dapat kerjaan.

Meski aku akui kadang berat juga, tapi aku udah mulai suka juga dan terbiasa dengan ritme hidup tak menentu kayak gini. Kadang semingguan bisa bengong doang, makan tidur kerjanya. Eh tau tau sebulan berikutnya padat merayap. Bisa banget begitu.

Jadi apapun itu, aku sih bersyukur aja, yang penting semuanya dilakukan pakai hati. Karena ternyata bukan uangnya yang membuatku memilih untuk meneruskan profesi ini, namun kebebasan dan fleksibilitasnya yang tak mau kubarter dengan hal lain. Jika tiba-tiba besok mau pulang kampung, tak perlu repot izin. Lagi capek gak mau terima orderan kerja, monggo aja. Berhubung aku juga masih single jadi akhirnya aku punya banyak waktu kosong yang bisa kumanfaatkan dengan melakukan banyak hal yang dulunya tak bisa dilaksanakan pas kerja dengan alasan sibuk lah, capek lah dll. Hal-hal-nya simpel aja dan mungkin receh bet kayak bisa nyoba-nyoba masak, lebih banyak waktu bersama adik, ikut kelas menari, lebih banyak membaca, sempet-sempetin olahraga dll. Ternyata kegiatan kecil-kecilan begini berefek besar dan membuat hati bahagia loh. Meski rekening pas-pasan tapi insya allah kalau kebutuhan pokok masih selalu bisa diusahakan. Sisanya tinggal pandai-pandai bersyukur dan terus berkarya aja.

Karena ku tahu tak semua orang mungkin bisa gini. Contohnya mungkin yang sudah berkeluarga terlebih punya anak, agak susah menerapkan gaya hidup seperti ini karena mereka lebih butuh pendapatan pasti karena sudah ada tanggungan kan. Kecuali kerja freelance-nya cukup stabil pemasukannya.

Nah itu dia sekilas tentang “dapur” para blogger dan freelancer. Jadi udah bisalah yah ngira-ngira yang selebgram di atas 10 K itu berapa banyak penghasilannya? ehe..ehe..

Ada lagi yang ingin dikepoin? Buat blogger lain, share juga dong “rahasia” kalian. Ehe…

About the author

Travel Now or NEVER
11 Responses
  1. Duh kalo menganut peribahasa “rumput tetangga memang lebih hijau” rasanya pengen tutup blog. Beralih ke youtube, bikin konten macem mbak mbak yang review bra itu.

    Kalo dibikin drama macem indosiar mah judulnya “Kugadaikan harga diriku demi adsense”.

  2. Aku malah nggak tentu kalau dari blog, karena ngeblog selama ini digeluti hanya untuk mengisi waktu luang. Itu kenapa blogku tidak kukasih adsense. Pun tawaran placement Post dll kubatasi. Sengaja kasih rate agak tinggi dikit, biar terseleksi ahahahahahha

  3. Memang warna warni ya dunia blogger itu.. banyak yg nyinyirin krn kerjaannya cuma happy2 aja di sosmed. yahh begitulah 😀

    Tapi yg pasti so far aku sih happy dgn pekerjaanku sbg full time blogger. At least utk saat ini. Yah mayanlah ya buat beli susu anak, jalan2 bareng anak, cicilan rumah, mobil wkwkwk…

Leave a Reply