Nasi Penggel Kebumen

Nasi Penggel merupakan salah satu makanan khas di Kebumen, Jawa Tengah yang disantap sebagai breakfast. Dari seantero Kebumen, konon Nasi Penggel pak Muhtamin ini yang paling maknyos.

Saya pun tak mau ketinggalan datang langsung berkunjung ke warung si bapak. Dari Hotel Meotel, saya kira bakal dibawa ke Alun Alun, rupanya tidak. Kami terus berkendara kurang lebih 15 menit lah baru parkir di pinggir jalan sekitar pejagoan. Di sini langsung deh keliatan banyak orang yang menjual nasi penggel di gerobak / warung. Temen saya sempat udah ke satu warung ibu ibu eh tahunya bukan itu. Jadi malu…

Rupanya warung si bapak adanya di seberang. Ya gimana mau tau yah secara nggak ada namanya. Tapi emang warung ini yang paling rame keliatannya.

Nasi Penggel Kebumen
Warung Nasi Penggel Muhtamin

Si bapak muhtamin yang pake peci, kemeja kotak kotak dan celana seadanya duduk di kursi kecil dan di depannya sudah terhidang makanannya.

Nasi penggel (penggel itu artinya dibulet-buletin) merupakan nasi bulat yang diremas-remas seukuran bola pingpong yang ditambah kikil / babat / tetelan dicampur dengan sayur muda dan singkong. Rasanya seger dengan campuran agak asam dan pedas jadi nggak perlu pakai sambal lagi.




Nasi Penggel Kebumen
Self-Service Nasi Penggel

Si pak muhtamin begitu melihat saya dan teman teman yang sudah keroncongan langsung mengambil daun pisang yang dibuat kerucut sebagai “piring” lalu memasukkan 6-7 nasi penggel dan memberikannya kepada kami. Jadi bisa milih sendiri mau lauk apa. Praktis yah.

Biar lebih sip, di samping pak muhtamin ini sudah ada warung yang menjual teh manis dan tempe mendoan. Dan tempe mendoan di sini ukurannya raksasa dibanding tempe biasanya. Harganya pun murah banget!

Nasi Penggel Kebumen
Nasi Penggel Kebumen

Menurut penuturan si bapak yang udah jualan 10 tahun dan dapet resep turun temurun dari keluarga ini, dia sudah sering didatangi pihak TV yang ikut ke rumah untuk shooting cara pembuatan nasi penggel. Tak heran, nggak perlu promosi lagi, jualan si bapak setiap harinya selalu laris. Buka dari jam 5.30, jam 9.00 WIB pasti udah ludes.

Harga : Rp.11.000

Comments(4)

  1. October 26, 2015
  2. October 26, 2015
  3. October 27, 2015
  4. October 27, 2015

Leave a Comment