Moda Transportasi Jalan Jalan di USA

Amerika Serikat adalah negara yang luas. Hitungan mudahnya adalah selebar peta Indonesia kalau dicaplokin ke peta USA. Nah untuk berjalan jalan di USA, tentunya ada beberapa moda transportasi yang dapat digunakan antara lain :

1. Pesawat terbang
Pesawat terbang adalah pilihan pertama karena paling praktis dan cepat. Untuk yang tinggal di Arizona dan berkeinginan ke Las Vegas contohnya, saya menggunakan Southwest airlines selama satu jam dengan biaya tiket $100an dibandingkan harus duduk di bus GrayHound dengan tiket sekitar $60an tetapi harus menempuh perjalanan hampir 12 jam karena ngaret dan stop di beberapa perhentian terlebih dahulu. Salah satu maskapai penerbangan yang biasanya selalu saya gunakan adalah Delta Airlines. Kalau untuk sekitaran Arizona, coba cek juga Southwest Airlines. Pengalaman saya baru kali ini saya bisa duduk paling depan karena mereka tidak menerapkan kursi nomor penumpang. Asik kan! Harganya juga biasanya terjangkau dan satu lagi kelebihannya adalah bisa refund uang tiket full nggak pake sistem ribet <—- pengalaman sendiri nih.

pesawat delta

 

2. Kereta api
Untuk negara sebesar ini dan sebagian besar merupakan daratan, saya pikir cukup disayangkan bahwa sistem kereta api yang dimiliki tidak cukup memadai dan populer. Padahal, di beberapa state seperti Arizona dan New Mexico, saya cukup sering melihat adanya jalur lintasan kereta barang yang sangat panjang dan bahkan dengan dua tingkat. Ini membuktikan harusnya kereta api merupakan sarana transportasi yang ideal jika difungsikan dengan baik. Sejauh ini di USA hanya ada satu kereta api pengangkut manusia yakni AMTRAK sebagai satu satunya perusahaan kereta api milik negara. Pengalaman saya menaikinya cukup menyenangkan sehingga saya tetap merekomendasikannya untuk melihat amerika dari sisi yang lain.

amtrak
3. Bus
Beberapa bus memberikan harga rendah gila gilaan seperti hanya $1 dari Megabus untuk beberapa rute perjalanan. Asiknya menggunakan bus ini adalah harganya yang biasanya jauh lebih murah. Namun pastikan anda tidak sedang lagi dikejar waktu karena bisa saja jadwal bus molor tergantung keadaan jalan, macet dll. Bagi anda penikmat pemandangan, ini adalah salah satu cara yang paling tepat mengeksplorasi USA. Satu lagi keuntungan menggunakan bus terutama bagi yang ingin berjalan jalan di daerah East Coast sewaktu winter, bus lebih dapat diandalkan daripada pesawat terbang. Pesawat terbang mungkin saja mengalami delay/cancel karena salju yang sangat tebal, tetapi bus masih dapat beroperasi selama salju telah dipinggirkan di jalan. Berikut link Review saya menggunakan MegaBus dan Greyhound.
greyhound
4. Mobil / Road Trip
Karena satu negara ini umumnya hanya daratan saja, road trip dengan menggunakan mobil cukup populer. Selain hampir seluruh warga rata rata memiliki mobil, jalanan di USA pun mulus bak wajah supermodel sehingga perjalanan panjang pun bisa dinikmati semaksimal mungkin. Beberapa road trip pun sangat digemari karena akan melewati rute dengan pemandangan alam yang indah banget. Seperti kalau dari Arizona ke California (San Diego atau Los Angelas) saya bisa lihat pembangkit listrik tenaga angin. Kalau jalan ke New Mexico saya melewati route 66 yang terkenal hinga tanda namanya pun dijadikan oleh oleh.

road trip
5. Motor.
Jangan bayangkan motor Honda atau scooter di sini. Rata rata motor yang digunakan untuk perjalanan panjang adalah motor gede ala ala Harley Davidson. Si cowok pengendaranya berperut buncit, memiliki tato di tangan dan janggut yang terbang kemana mana, memakai kaca mata hitam, kain penutup kepala, sepatu boot, celana jeans dan jaket kulit sambil membonceng wanita dibelakang yang dress codenya hampir mirip si pria. Sebenarnya, saya juga punya hasrat terpendam untuk menaiki motor ini loh sayang nggak kesampaian. Kayaknya keren yah mengemudikannya di jalan tol gratis di Arizona tanpa helm sambil memutar country music besar besar lalu menikmati tatapan sinis pengemudi mobil. Oh yeah! The world is mine!

6. Maaf, nggak ada kapal laut. Coba pertimbangkan lagi pilihan pilihan di atas. Terima kasih.

About the author

Travel Now or NEVER
4 Responses
  1. si engkong

    Len, memang tetap Pesawat adalah pilihan yang tepat karena cepatnya itu, sedang yan lainnya kita membutuhkan waktu lebih lama terutama untuk yang orang bisnis, buat orang pensiun sih ya enak juga kalau memakai Bis, KA dan lebih murah dikit

Leave a Reply