Makan Ala orang Singapura

Makan adalah salah satu kegiatan favorit di Singapura… bahkan di atas belanja mungkin?

Orang – orang singapura itu menurut saya maniak soal kuliner. Pernah yah liat di video yang viral gitu antrian orang beli makanan di toko kecil gitu bisa ratusan meter. Duh! Segitunya. Kalau saya, meski rasanya enak banget mungkin saya gak bakal serela itu menahan lapar demi belinya. Karena apa? karena rata – rata makanan singapura yang lain juga banyak yang enak – enak kok. Saking enak-enaknya, saya sering liat kalau orang singapura makan, porsinya jumbo-jumbo. Dan itu cewek-cewek yang makan loh. Mungkin buat simpenan kalori yah secara kan kemana-mana kudu jalan kaki. Hihi..




Meski gitu, sebenarnya nyari makanan asli Singapura itu agak tricky karena negara ini punya begitu banyak pengaruh dari Tiongkok, India, Malaysia dan juga Indonesia sehingga makanannya rata – rata adalah makanan modifikasi yang mungkin kalau bagi kita orang Indonesia yah kurang lebih samalah. Biarpun gitu, mirip tapi tak serupa apalagi kalau makannya langsung di sana pasti rasanya tetap beda. Contohnya beberapa kayak gini nih :

Kaya Toast

Kalau sarapan pagi atau cemilan, roti panggang emang sudah jamak. Tapi roti panggang yang dikasih selai kaya (selai srikaya) ditambah butter atau yang disebut juga Kaya Toast itu sudah seperti makan pagi nasional orang Singapura. Ya Kun Kaya Toast, salah satu kedai kopi pertama yang mempopulerkan kaya toast ini merupakan salah satu kopi tiam (bahasa china nya coffee shop) yang telah berdiri sejak tahun 1944. Gak heran yah, meski sudah banyak bermunculan coffee shop yang laen, yang satu ini tetep selalu ramai mulai dari pagi-pagi hari banget.

Selain beli roti, bisa juga beli paketan ama telor setengah mentah yang dikasih kecap asin atau merica. Pilihan terakhir adalah beli mi siam. Tapi kuah asamnya terlalu kuat buat lidah saya. Isi mi siam ini ada bihun, bakso, tauge, telur, udang dan tahu potong. Banyak yang nambahin jeruk nipis dan cabai lagi buat nyesuain dengan lidah mereka. Kalau minumnya, di Kaya Toast ini ada aneka jenis teh atau kopi. Tinggal pilih!

ya kun kaya toast

kaya toast

Laksa

Nah ini menu favorit saya di Singapura. Laksa ini adalah mi dengan warna putih (kayak udon tapi lebih kecil) yang dikasih kuah macam kari sehingga warnanya oranye. Makannya berasa seger gitu loh, ditambah dengan sambal terasi. Di dalam semangkok laksa biasanya ada udang, bakso ikan, toge, tahu dan macem-macem.laksa

Nasi Lemak

Nasi lemak ini ibarat nasi uduk / remes Indonesia yang disantap biasanya juga di pagi hari. Nasi lemak terdiri dari nasi uduk pake ikan teri, telur, kacang, ayam atau yang lainnya. Eits sama sambal juga pastinya! Kalau pesan nasi lemak, paling seger minumnya sama es milo yah guys. Porsi kombo buat memulai hari!

nasi lemak

Makanan India

Kalau makan makanan india, berasanya kayak makan nasi padang. Mana dikasih alas daun pisang pula dan pakai tangan. Dari mulai nasi basmati, chicken masala, green curry, roti prata saya suka semua. Makannya bisa sambil dicocol yoghurt ala India (raita) atau saya oles-oles kari india.  Sedap!

indian food

Fish Head

Selain makanan india yang  sudah cukup populer di atas, ada satu lagi menu lain yakni kepala ikan dibikin kari. Ini juga maknyuss banget. Awalnya kepala ikan ini dibuang karena gak banyak yang makan. Namun sama orang india karena merasa sayang, maka mereka pun mengolahnya lagi jadi sebuah hidangan yang lezat. Eh rupanya pada suka dan justru sekarang makanan ini lebih mahal daripada makanan india yang lain.

Kalau mau coba restoran otentiknya, saya rekomendasikan The Banana Leaf Apollo yang ada di Little India. Bonusnya habis makan kenyang, tepat di sampingnya bisa mampir buat liat mural kece loh.

fish head

Chili Crab

Chili Crab merupakan menu kepiting yang di-cabai-in dengan bumbu saos tomat, kecap, sambal, jahe cincang, bawang putih, bawang merah, gula, minyak sayur, kecap asin, cuka putih, garam, tepung terigu, perasan lemon, air dan telor kocok. Kepiting pedas ini diyakni tercipta dari tangan Madam Cher Yam Tian yang dulu dijual pake kereta dorong di tahun 1950an. Putranya, Roland Lim, yang akhirnya sekarang meneruskan jejaknya juga membuka resto namanya Roland Restaurant di Marine Parade Central. Sekarang sih udah banyak tentunya resto yang punya menu ini. Ada yang udah coba? saya belum *kabur*

Menu ini pernah saya liat juga tampil di salah satu episode The Amazing Race, kayaknya sih enak yah.

Chicken Rice

Chicken Rice atau Nasi Hainam ini adalah menu nasi yang ditambah ayam rebus atau ayam goreng dipotong-potong lengkap dengan timun dan semangkuk kuah segar sebagai pelengkap. Bagi saya, menu ini macam fast food, karena cepat disajikan namun tetap sehat. Kalau saya sih kurang suka karena menurutku rasa ayamnya terlalu hambar. Kalaupun saya pesen ini, biasanya harus dicocol banyak cabe biar lebih enak. Yang saya suka justru menu pendamping menu ini yakni sayur kaylian yang dikasih saos oyster gitu. Nah biasanya kalau makan berdua, kami belinya sepaket gini terus nasinya dua. Paket hemat banget deh ini!

chicken rice

Carrot cake

Meski namanya carrot cake, tapi sejatinya tidak ada wortel dalam menu ini. Malahan carrot cake ini lebih mirip telor dadar dikasih potongan tepung kenyal. Menu ini bisa buat snack atau salah satu menu pelengkap pas makan. Biasanya ada di konter yang penjualnya orang chinese deh.

carrot cake

Frog Leg

Kaki Kodok. Menu ini sebenarnya cukup sering saya jumpai pas di Jambi. Secara keluarga saya doyan ini, apalagi adikku katanya enak. Tapi kalau saya, saya gak berani makan daging aneh-aneh termasuk yang satu ini. Bagi yang mau nyoba ini, restoran yang direkomendasikan adalah yang di G7 Sin Ma Claypot Live Frog. Masaknya dalam wajan khusus gitu dan kaki kodoknya disajikan bersama dengan bubur. Ada yang tertarik?
frog leg

Es Krim Singapura

Sandwich es ini cukup populer di Singapura. Biasanya dijual di berbagai tempat daerah wisata macam orchard, clarke quay dll oleh penjual chinese (bapak-bapak tua) dengan kereta bertulisan walls. Saya jadi mikir itu esnya maksudnya dari produsen walls kah? Es krim ini sebenarnya bisa dibilang es potong karena memang dipotong terlebih dahulu lalu nanti tinggal pilih mau dibalut pake roti atau wafer. Harganya kira-kira 1.30 SGD. Pilihan rasanya banyak, mulai dari yang standar macam coklat sampai yang agak unik kayak durian. Cocok banget buat dibeli siang hari bolong ketika teriknya singapura menyamai panasnya jakarta.

es krim singapura

Teh tarik pake kantong

Pas kuliah dulu saya pindah Batam. Di pulau kecil ini, pengaruh dari negeri seberang ini begitu kentara termasuk urusan makanan hingga penyajiannya. Salah satunya yang cukup unik adalah kantong minuman. Kalau kita kan kantong minuman yah gitu aja..biasa. Ini di atas ada tali gitu jadi bisa buat dicantolin di gantungan motor, ditenteng cantik dan bahkan tali cantolannya bisa juga buat ikat kantongnya langsung…All in one dah. Jadi pas di singapura saya liat beginian, saya juga udah gak kaget sewaktu beli teh tarik murah tapi enak terus pas take away dikasih beginian. Teman saya (yang jakarta) semuanya rata-rata baru pertama kalinya liat begini. Meski minumannya cuma teh tarik aja, namun karena kemasannya unik yah saya masukin ke list ini deh.

teh tarik

Ohya, semua makanan dan minuman di atas rata-rata bisa dibeli di food court atau di jalan gitu. Harganya juga murah-murah kok sesuai dengan bujetku hahah. Dan jika ada yang bingung bagaimana cara me-reserved meja di foodcourt sementara anda sendirian harus liat-liat menu yang ada, tenang aja caranya mudah kok. Kalau di singapura, istilahnya “chope” dengan cara meletakkan tisu di meja itu artinya mejanya udah ditempati. Kalau gak punya tisu, ya pake botol minum. Niscaya aman! Nah, ayo mari berwisata kuliner ke ngeri tetangga.

Kalau kalian, yang mana satu makanan singapura kesukaan kalian? Coba bilangin saya.

Comments(8)

  1. July 8, 2017
  2. July 27, 2017
    • July 27, 2017
  3. August 6, 2017

Leave a Comment