Traveling ke Singapura enaknya beli EZ Link atau Tourist Pass?

Ke Singapura enaknya pake EZ Link atau Tourist Pass yah?

Pertanyaan galau ini kadang juga menghampiri aku. Kadang juga jadi makin galau pas ditanyain orang. Tapi dari galau tersebut, terbitlah sebuah postingan mengenai ini.

Yuk cekidot!

Ketika aku dulu sempat jadi guide ke singapura, aku dibekali dengan EZ Link buat mobilisasi. Padahal sebenarnya kalau bawa tamu jalan-jalan tuh, seringnya yah pakai bus sewaan karena kan banyak orangnya. Namun lama-lama, ada juga tuh tur yang keluarga, yang mintanya pakai MRT. Maklum di Indonesia kan kita lum punya MRT atau transportasi publik yang keren macam di Singapura. Jadi wisatawan Indonesia pun jadi kepengen ngerasain naik MRT yang bersih dan tepat waktu ini.

Yah itung-itung sekalian ngirit gitu dari pada sewa kendaraan hehe

MRT Singapura bisa pake EZ Link dan Singapore Tourist Pass

Jadi begitulah awal mulanya aku selalu pake EZ Link kalau di Singapura. Tapi maren-maren temen kantorku ada yang ke Singapura dan beli Singapore Tourist Pass. Dia cerita betapa enaknya pakai kartu ini selama dua harian di sana, meski dia belum nyobain yang EZ Link sih.

Tapi gak apa-apa, dari cerita tersebut saya coba membanding-bandingkan untung rugi antara EZ Link dengan Tourist Pass.

Berbekal pengalaman pakai EZ link sendiri dan cerita temenku, tersebut jadilah rangkuman berikut ini soal kedua kartu :

 

Belinya di mana?

EZ Link:
Tiap MRT station, Changi Airport, 7eleven, pom bensin shell, dan beberapa outlet lainnya.

Tourist Pass:
Tempat penjualan Tourist Pass khusus yakni yang ada di Changi Airport, dan beberapa MRT station yang  besar kayak Orchard, Chinatown, dan lain-lain. Tapi pengalaman temenku, kalau mau beli di Changi, baru buka jam 8 pagi jadi harus ngantri dulu gitu. Cek info lengkapnya di sini yah kalau mau beli.

Singapore Tourist Pass di Bandara

Baca juga: Met A Space Pod: Hostel unik dengan desain futuristik di Singapura

 

Harganya berapa?

EZ Link:
SGD 12 kalau beli di MRT station. Harga segini buat SGD 5 buat deposit, lalu SGD 7 nya buat dipake. Kalau beli di 7eleven, harganya SGD 10, depositnya tetep SGD 5 tapi nominal di kartu SGD 5 yah.

Tourist Pass:
Untuk sehari SGD 20, dua hari berturut-turut, SGD 26, dan tiga hari harganya SGD 30. Masing-masing kartu tersebut sudah termasuk depositnya SGD 10 yah. Untuk harga anak-anak beda lagi, lebih murah lah pastinya.

 

Bisa Pake Buat apa saja?

Kebanyakan masih mikir EZ Link dan Tourist Pass itu cuma bisa buat MRT doang. Salah! Dua kartu ini bisa buat bus juga loh. Lalu masih ada lagi manfaat lainnya loh!

EZ Link:
Baru tau dari webnya juga nih. Rupanya EZ Link bisa buat bayar yang laen-laen seperti Taxi SMRT & TransCab, beberapa outlet makanan, lifestyle, fashion dan lain-lain. Jadi sudah semacam kayak kartu buat bayar semua-mua kali yah. Makin cinta deh jadinya.

Tourist Pass:
Karena memang diprioritaskan buat wisatawan, gak heran sih kartu ini bisa buat dapetin diskon tiket masuk atraksi wisata seperti Trick Eye Museum, Cable Car Singapore, dan lain-lain. Ohya ditambah info dari pembaca, september ini ada yang pake monorel dari vivo menuju sentosa, bisa pakai STP ini. Wah poin plus lagi nih!

Bus Singapura bisa pake EZ link dan Singapore Tourist Pass

Depositnya dibalikin gak?

EZ Link:
Kagak. Huhu! I learned in hard way. Gini ceritanya. Ketika Idul Fitri yang lalu aku pergi sama meme (adikku), aku sempat beliin dia EZ Link. Tapi pas balik ke Changi, kami malah menuju ke konter translink dan langsung menyerahkan kartu EZ Linknya. Terus kami dengan begonya baru sadar, kalau deposit kartu EZ Link sebesar SGD5 gak bisa dibalikin, hanya uang yang di dalam kartu yang dibalikin. Tahu gitu mah, disimpen aja, kayak kartu saya yang lama. Toh tar kalau kapan-kapan ke Singapura bisa tinggal isi lagi.

Tourist Pass:
Dibalikin SGD 10.

 

Masa berlaku

EZ Link:
5 tahun.

Tourist Pass:
Sesuai kartu. Kalau beli untuk dua hari, yah cuma bisa dipake dua hari kehitung dari hari pemakaian. Ohya cuma bisa buat dua hari berturut-turut yah, gak bisa selang-seling harinya.

 

Duh makin bingung, jadi beli yang mana?

Aku pribadi lebih nyaman punya EZ link aja, karena kalau dipikir dalam 5 tahun aku pasti ada ke Singapura lebih dari sekali. Jadi itu kartu bakal kepake. Kalau pun gak aku pake, bisa aku pinjemin ke keluarga atau temen, tar mereka tinggal top up uang aja.

Selain itu, pertimbangannya adalah kartu Singapore Tourist Pass itu sehari minimal SGD17. Menurutku duit segitu lumayan loh bisa buat makan seharian. Terus dalam sehari kalau dihitung pake biaya MRT biasa, ga bakal sampai SGD 10 cuma buat transportasi doang.

Jadi aku sih pilih EZ link, kecuali emang ada agenda mau ngiterin satu singapura, maka yah pilihlah Singapore Tourist Pass.

Opsi berikutnya yang bisa dipertimbangkan kalau masih bingung, dan gak banyak jalan ke mana-mana, adalah beli aja single trip kartu EZ Link yang warnanya hijau gitu. Pas mau naik MRT, tinggal beli kartu di mesin. Pas keluar MRT, kartu dibalikin lagi ke mesin itu lalu kita dapat duit kembali beberapa sen. Bebas deh gak usah ribet mikirin harus beli kartu apa gak.

Baca juga: 6 mural keren di Kampong Glam Singapura

***

Masih pusing juga? Ya wes ikut tur singapura dari guide ku aja. Semua sudah diurusin hehe #promosi

Kalau kalian, gimana? Apa pertimbangannya pake EZ Link atau Tourist Pass? Share dong di komen!

About the author

Travel Now or NEVER
50 Responses
    1. Rachma

      Bisa ko dibalikin kartunya max 5 hari dan dapat refund 10 dolar

      Lebih dr 5 hari kartu stp itu berubah jd ez link yg bisa di top up tapi refund 10 dolarnya hangus

  1. si engkong Ozi

    di Sydney pakai Opal Card bisa dipakai Rail, Bus, Ferry dan Light Rail, baik Public maupun Private Transportation, kalau dalam beberapa bulan (sekitar 2-3 bulan) tidak dipakai maka sisa uang akan dikembalikan ke Bank Account dengan syarat harus registered card, begitu juga bila kartu hilang atau dicuri bisa di blokir via telepon

  2. Perasaan saya dulu kok beli EZ Link di counter penjualan Tourist Pass ya. Counter yang di bagian bawah Changi Airport sebelum mau naik MRT (yang digambar itu kan deh kliatannya).

    Bener bisa gitu gak sih Mbak?
    Bingung sendiri saya hehe

    Pokoknya dulu mau naik MRT, bingung sendiri beli kartunya di mana. Begitu ada rame-rame antrian, asal ikut ngantri aja wkwkwkwk

  3. Feni

    cece mau tny, memang ez link yg hrg 12 SGD dengan yg cece bilang bisa beli yg ez link warna hijau (single trip = masuk MRT beli ezlink, klr dibalikin) .. itu bedanya apa ya ce? atau mmg ada brp type ezlink card? kbetulan aq mau ke sing dr KL, paling cm 2 hri aja, lbh baik beli ezlink yg wrn hijau itu ato jenis ezlink yg apalg ya ce? mohon pencerahannya, tmksh

    1. Yang $12 bisa di top-up berkali kali. Jadi banyakin aja depositnya tar tinggal tap buat keluar masuknya.

      Kalau yang ijo cuma buat sekali pakai doang, jadi agak ribet. Habis pake harus direfund lagi biar dapet balik beberapa sen. tapi kalau gak ada rencana mau pergi singapura lagi dan gak buru-buru, boleh pakai ez link yang hijau saja.

  4. Andre

    Ce mau tnya.. kalau kita depositnya msh ada sisa tetap bisa refund kan? Refundnya dmn ? Ak blom prnh k spore. Rencana mau kesna..
    Kalau di korea sih bisa refund

  5. G Budi

    Kalau menurut saya untuk 3 hari dengan itinerary berbagai tempat di Singapura saya cek dengan gothere.sg kebetulan hotel saya di daerah bugis
    hari 1 Changi, bugis , orchard, merlion park, garden by the bay, bugis, china town , clarkequay = $6.7
    hari 2 bugis, vivocity, sentosa by bus , Marina bay ,bugis =$6
    hari 3 bugis orchad,bugis changi =$4
    total $16.7
    harusnya cukup beli Ezlink $12 + top up $10 = saldo $17(biaya kartu $5) tapi masalahnya apabila pulang ke Changi menggunakan MRT saldo harus sama /diatas $3 artinya menambah saldo min $10 atau mengurangi jalan2 di hari ke 3
    Dari itinerary diatas kesimpulan jadi saya lebih mengunakan STP 3 hari $20+ jaminan$10 lebih puas jalan2nya

    1. G Budi

      Dengan EZ link pengeluaran $12+$10=$22 dengan saldo $17 yg was was apabila kurang $3 kita isi lag min $10 yang berarti menjadi $32

      sedangkan dgn STP cukup $20+jaminan $10 ( apabila kartu dikembalikan balik $10 jaminan kita ) tidak was-was hanya tidak bs digunakan ke Sentosa saja yg harus kita keluarkan total $20 + $ 2 (sentosa by bus)=$ 22

      1. Wah perhitungannya mantap nih mas budi!
        Setuju emang jumlah pemakaian itu mempengaruhi banget beli yang mana. Kalau banyak jalan naek transportasi umum STP udah paling pas karena memang untuk itu tujuan pembuatannya. Tapi bagi yang traveler gak banyak pakai, EZ link masih lebih irit plus bisa dipake nanti2 lagi 🙂

    1. Kalau banyak jalan dan naik bus / MRT tiap harinya, sebaiknya pake Tourist pass, langsung beli yang beberapa hari. Tapi kalau sehari paling 2 atau 3 tempat saja, cukuplah pake EZ link. Apalagi kalau yang dirasa bakal ke singapura lagi kapan2 jadi boleh loh disimpan kartunya, lain kali jadi tinggal top up lagi.

  6. Marcellina

    Jadi kalo pake ez link kartu nya mau kita simpen aja gk perlu di refund di stasiun MRT nya ya mbak? Aku mau ke singapur maju mundur takut bgt soal nya ini firts time, bahasa inggris cuma tau yes no yes no doang, tempat jg gk bnyak tau. Cuma mengandalkan maps aja mba. Gimana tuh mba ada saran kah? Trimakasih 🙏

  7. emond

    cee mau tanya, kalo saya di SG cuma sehari saja/ transit, rencana mau ke marina bay,merlion, garden by the bay itu lebih baik pakai yg EZ link ato TP ya ?

  8. Nisa

    Mo nanya,,

    Klo beli stp buat 3 hari total 30$ (sdh termasuk 10$) berarti saldo ada 20

    Klo ternyata selama 3 hari tersebut tepakai sejumlah 15$ saja

    Pas refund nanti apakah hanya dikembalikan deposit 10$ saja apa termasuk sisa saldo dalam kartu si 5$ tsb
    Jd total pengembalian 15$

    Apakah seperti itu

    Thx b4

  9. Vin

    hallo,
    mau share, ke sg 4-6Sept, kemarin belinya STP 3HARI
    Dan ternyata, bisa dipakai buat naik monorel ke Sentosa dari Vivo.
    free PP

    Saya sempat kaget ga percaya, petugas bilangnya.. Can. can.. hahahaha
    dan ternyata memang bisa ya 😁

  10. Deva

    Hai kak, aku mau tanya. Kira2 kakak tau ga rate harga sekali naik mrt tuh berapa ya? Hitungannya per jarak, atau gmn ya? Aku pengen itung2 mau beli ez link atau stp, jd pgn tau kira2 hrga sekali naik mrt tuh kisaran berapa gtu.. thankyou beforee

  11. azis k

    halo mbak mau nanya, kalau di singapura itu enam hari sebaiknya menggunakan STP apa EZ Link?? saya menggunakan MRT atau bus..ditunggu jawabannya yah, saya rencana ke singapura pertengah november 2018

    1. Tergantung sering naik transportasi gak. Kalau sering yah ambil STP buat seminggu. tapi kalau kemahalan, yah beli kartu EZ link yang baru saja lalu bisa di top up dan dibawa pulang untuk (mungkin) kapan-kapan ke singapura lagi 🙂

  12. Kevin

    Hi Ibu Lenny, saya mau holiday ke singapore 6 hari, bersama keluarga (2 dewasa dan 2 anak umur 4 th dan 13 th) sebaiknya menggunakan apa? apakah kartu tersebut bisa di refund termasuk depositnya di setiap kartu tersebut di airport /tempat lain setelah kunjungan di singapore berakhir?

    Mohon bantuannya… Thx a lot

  13. Hi my Salam kenal

    Saya dah lama ga ke Singapore.. Jafi lupa
    Nah Kebetulan rencana weekend besok mau kesana
    Jadi Kartu EZ link bisa di refund Di bandara Changi ga si mba??

    Mohon infonya

    Thks
    sarah

Leave a Reply