Jalan-jalan ke Singapura enaknya beli EZ Link atau Tourist Pass?

Ke Singapura enaknya pake EZ Link atau Tourist Pass yah?

Pertanyaan galau ini kadang juga menghampiri aku. Kadang juga jadi makin galau pas ditanyain orang. Tapi dari galau tersebut, terbitlah sebuah postingan mengenai ini. Yuk cekidot!mrt singapura




Ketika aku dulu sempat jadi guide ke singapura, aku dibekali dengan EZ Link buat mobilisasi. Padahal sebenarnya kalau bawa tamu jalan-jalan tuh, seringnya yah pakai bus sewaan karena kan banyak orangnya. Namun lama-lama, ada juga tuh tur yang keluarga, yang mintanya pakai MRT. Maklum di Indonesia kan kita lum punya MRT atau transportasi publik yang keren macam di Singapura. Jadi wisatawan Indonesia pun jadi kepengen ngerasain naik MRT yang bersih dan tepat waktu ini. Yah itung-itung sekalian ngirit gitu dari pada sewa kendaraan hehe

Jadi begitulah awal mulanya aku selalu pake EZ Link kalau di Singapura. Tapi maren-maren temen kantorku ada yang ke Singapura dan beli Singapore Tourist Pass. Dia cerita betapa enaknya pakai kartu ini selama dua harian di sana, meski si dia belum nyobain yang EZ Link sih.

Tapi gak apa-apa, dari cerita tersebut saya coba membanding-bandingkan untung rugi antara EZ Link dengan Tourist Pass. Berbekal pengalaman pakai EZ link sendiri dan cerita temenku, tersebut jadilah rangkuman berikut ini soal kedua kartu :

Belinya di mana?

EZ Link: Tiap MRT station, Changi Airport, 7eleven, pom bensin shell, dan beberapa outlet lainnya.

Tourist Pass : Tempat penjualan Tourist Pass khusus yakni yang ada di Changi Airport, dan beberapa MRT station yang  besar kayak Orchard, Chinatown, dan lain-lain. Tapi pengalaman temenku, kalau mau beli di Changi, baru buka jam 8 pagi jadi harus ngantri dulu gitu. Cek info lengkapnya di sini yah kalau mau beli.

Singapore Touris Pass

Harganya berapa?

EZ Link : SGD 12 kalau beli di MRT station. Harga segini buat SGD 5 buat deposit, lalu SGD 7 nya buat dipake. Kalau beli di 7eleven, harganya SGD 10, depositnya tetep SGD 5 tapi nominal di kartu SGD 5 yah.

Tourist Pass : untuk sehari SGD 20, dua hari berturut-turut, SGD 26, dan tiga hari harganya SGD 30. Masing-masing kartu tersebut sudah termasuk depositnya SGD 10 yah. Untuk harga anak-anak beda lagi, lebih murah lah pastinya.

Bisa Pake Buat apa saja?

Kebanyakan masih mikir EZ Link dan Tourist Pass itu cuma bisa buat MRT doang. Salah! Dua kartu ini bisa buat bus juga loh. Lalu masih ada lagi manfaat lainnya loh!

EZ Link : Baru tau dari webnya juga nih. Rupanya EZ Link bisa buat bayar yang laen-laen seperti Taxi SMRT & TransCab, beberapa outlet makanan, lifestyle, fashion dan lain-lain. Jadi sudah semacam kayak kartu buat bayar semua-mua kali yah. Makin cinta deh jadinya.

bus singapura

Tourist Pass : Karena memang diprioritaskan buat wisatawan, gak heran sih kartu ini bisa buat dapetin diskon tiket masuk atraksi wisata seperti Trick Eye Museum, Cable Car Singapore, dan lain-lain.

Tapi inget yah kedua kartu ini gak bisa buat naik kereta yang ke Sentosa, karena itu beda lagi bayarnya.

Depositnya dibalikin gak?

EZ Link : Kagak. Huhu! I learned in hard way. Gini ceritanya. Ketika Idul Fitri yang lalu aku pergi sama meme (adikku), aku sempat beliin dia EZ Link. Tapi pas balik ke Changi, kami malah menuju ke konter translink dan langsung menyerahkan kartu EZ Linknya. Terus kami dengan begonya baru sadar, kalau deposit kartu EZ Link sebesar SGD5 gak bisa dibalikin, hanya uang yang di dalam kartu yang dibalikin. Tahu gitu mah, disimpen aja, kayak kartu saya yang lama.

Tourist Pass : Dibalikin SGD 10.

Masa berlaku

EZ Link : 5 tahun.

Tourist Pass : sesuai kartu. Kalau beli untuk dua hari, yah cuma bisa dipake dua hari kehitung dari hari pemakaian. Ohya cuma bisa buat dua hari berturut-turut yah, gak bisa selang-seling harinya.

Duh makin bingung, jadi beli yang mana?

Aku pribadi lebih nyaman punya EZ link aja, karena kalau dipikir dalam 5 tahun aku pasti ada ke Singapura lebih dari sekali. Jadi itu kartu bakal kepake. Kalau pun gak aku pake, bisa aku pinjemin ke keluarga atau temen, tar mereka tinggal top up uang aja. Selain itu, pertimbangannya adalah kartu Tourist Pass itu sehari minimal SGD17. Menurutku duit segitu lumayan loh bisa buat makan seharian. Terus dalam sehari kalau dihitung pake biaya MRT biasa, ga bakal sampai SGD 10 cuma buat transportasi doang. Jadi menurutku, tetep hemat punya EZ Link. Kecuali kamu emang mau ngiterin satu singapura, maka yah pilihlah Tourist Pass.

Opsi berikutnya yang bisa dipertimbangkan kalau masih bingung, dan gak banyak jalan ke mana-mana, adalah beli aja single trip kartu EZ Link yang warnanya hijau gitu. Pas mau naik MRT, tinggal beli kartu. Pas keluar MRT, kartu dibalikin ke mesin lalu kita dapat duit kembali beberapa sen. Bebas deh gak usah ribet mikirin harus beli kartu apa gak.

Kalau masih pusing lagi? ya wes ikut tur singapura dari guide ku aja. Semua sudah diurusin hehe #promosi

Kalau kalian, gimana? Apa pertimbangannya pake EZ Link atau Tourist Pass? Share dong!

Comments(12)

  1. December 21, 2017
  2. December 22, 2017
  3. December 22, 2017
    • December 22, 2017
  4. December 23, 2017
  5. December 24, 2017
    • December 25, 2017
  6. January 10, 2018
    • January 10, 2018
      • January 13, 2018
        • January 13, 2018

Leave a Comment