Jalan Jalan ke Singapura, Ini Daftar Destinasi Wisata di Singapura yang GRATIS

Singapura memang bukan destinasi wisata yang asing bagi orang Indonesia. Apalagi bagi masyarakat yang tinggal di Batam (ini waktu saya masih tinggal di Batam). Bahkan saya percaya, daripada dikasih tiket gratis ke Jakarta mendingan mereka memilih jalan jalan ke Singapura. Hitungnya luar negeri pula!

Karena letak geografis yang teramat dekat ini (45 menit menggunakan ferry), bermunculanlah tour and travel di Batam. Nyaris setiap hari ada paket 1 day tour dengan harga bersaing yang diiklankan di koran koran.

Dulu ketika saya tinggal di Batam, saya sempat kerja jadi tour guide bantuin temen dan Paket Tour Singapore (One Day) biasanya laku keras. Biasanya rombongan tur saya akan menggunakan ferry dengan pilihan beberapa pelabuhan internasional di Batam.

Lokasi dan jam keberangkatan juga tergantung dari padatnya jadwal tur maupun lokasi hotel di Batam. Ini salah satu contoh jadwal ferri Batam fast. Tapi biasanya saya mengambil jam keberangkatan paling pagi atau kedua paling pagi dan pulang dengan kapal terakhir biar puas. Karena tiket pesawat makin murah, makin banyak pulalah wisatawan dari Jakarta ke sini. Tapi meski gitu, tetap waspada yah pas naik pesawat dari Changi, jangan kayak saya yang justru ketinggalan pesawat.

 

Jalan jalan ke Singapura

Sesampainya di Singapura, memang tak dipungkiri bahwa incaran pertama adalah mengunjungi tempat tempat wisata di Singapore yang gratis. Iya, GRATISAN. Bukan hanya buat menghemat biaya, tapi karena tempat-tempat gratis ini juga telah menjadi icon wisata Singapura yang wajib dikunjungi.

Jika punya waktu hanya sehari, monggo melihat-lihat ke beberapa destinasi wisata gratis di Singapura ini yang sesuai dengan selera kamu

  1. Merlion Park

    Ibaratnya nggak ke Singapura jika nggak absen dengan Singa ini.

    Kegiatan disini hanya satu. Narsis! Hanya melihat aksi dan pose-pose aneh para pengunjung pun rasanya sudah jadi hiburan sendiri. Ada yang pose seperti minum air pancuran singa, shower dengan patung singa hingga [maaf] pose seperti cowok lagi pipis.

    Kalau sudah foto – foto gini emang kreativitas orang Indonesia tidak akan terkalahkan deh dengan negara lain.

    Jalan jalan ke Singapura wajib banget absen ke Merlion Park ini
    Jalan jalan ke Singapura wajib banget absen ke Merlion Park ini
  1. Pertunjukan Spectra di Marina Bay Sands

    Marina Bay Sands adalah hotel paling mewah se-antero Singapura.

    Dari Merlion Park kita bisa liat tuh hotel yang bentuknya agak nyeleneh seperti foto di atas. Menginap di sana kayaknya belum sanggup yah, jadi cukuplah mampir di sekitarnya aja. Saya lebih suka datang pas malem karena lampu yang menerawanginya bikin hotel ini bercahaya.

    Selain itu, di bawah hotel ini ada mall yang gak kalah mewah juga yakni, The Shoppes. Lumayan buat masuk bentar ngadem atau ke toilet. Alasan lainnya kenapa Marina Bay Sands bagusnya dikunjungi pas malem-malem yakni biar bisa liat Spectra, pertunjukan air & cahaya yang lokasinya ada di depan mall ini. Pertunjukan ini katanya yang terbesar loh di Asia Tenggara.

    Pertunjukannya enggak cuma air muncrat ama cahaya warna – warni, tapi dilengkapi dengan jalan cerita serta gambar graphic yang sesekali muncul. Enggak perlu takut gak keliatan atau bersesakan karena ada semacam tangga yang bisa dijadikan tempat duduk.

    Jadwalnya adalah Minggu – Kamis adanya di jam 8 & 9 malam dan kalau Jumat & Sabtu ditambah menjadi jam 8, 9 & 10 malem. Durasinya cuma 15 menit. Jangan sampai gak nonton yah. Tinggal bawa makanan & minuman sendiri, terus berasa piknik nonton layar tancap dah.

    Jalan jalan ke Singapura Marina Bay Sands
    Marina Bay Sands Singapore
  1. Esplanade

    Bangunan yang bentuknya seperti durian ini adalah tempat pertunjukan berkelas di Singapura. Jaraknya dekat dengan Marina Bay Sands jadi bolehlah sekalian mampir berfoto ria. Selain liat dari luar, ada satu tempat di Esplaade yang mungkin kalian belum tahu yakni Roof Terrace. Di lantai teratas Esplanade ini, ada semacam taman buat nyantai dan bisa buat skyline Marina yang ciamik. Cobain deh~

    Tempat Wisata di Singapura Esplanade

  1. Gardens By The Bay

    Di beberapa bagian Gardens By The Bay macam Outdoor Gardens dan Children’s Garden yang terletak di Bay South masih gratis kok jadi boleh saja coba – coba jalan di sini. Saya datang di malem hari naik MRT Downtown line turun di Bayfront MRT Station lalu ambil Exit B, terus keluarnya pas ngelihat Marina Bay Sands itu. Setelah itu tinggal nyebrang dan nyampe deh di Gardens By The Bay.

    Tempat ini emang luas banget jadi siapin kaki yang kuat dan sandal yang enak dibawa jalan. Kalau Dari sini banyak yang bisa diliat dan dijepret seperti Singapore Wheel, Esplanade dan lain lain. Meski ga mampu (bayar) untuk masuk ke pohon pohon yang kece dan jembatan gantung, saya sudah cukup puas kok jalan jalan di sini. Kebanyakan orang lokal ke sini juga sekalian buat jogging, main skateboard dan lain lain.

    Pengen deh Indonesia punya taman bersih dan terintegrasi kayak gini.

    Destinasi Wisata Singapura Gardens by The Bay

    Tempat Wisata di Singapore Flyer

  1. Mural di Kampong Glam

    Kampong Glam Haji Lane Singapore
    Mural di Haji Lane Singapura

    Tempat hits buat liat mural kece nih. Ada saatnya ku ke Singapura cuma buat hunting tempat-tempat buat foto OOTD. Dan di mana lagi jika buka di depan mural kece di sepanjang Kampong Glam.

  1. Masjid Sultan

    Masjid Sultan adalah salah satu hadiah dari Inggris buat Sultan Malaysia sehingga landmark satu ini juga adalah ikon penting yang ada di Arab Street. Bagi non muslim boleh juga loh masuk ke sana. Saya coba masuk untuk ngelihat dalemnya dan rupanya bagus banget. Kebetulan lagi ada akad nikah pula. Saya juga dipinjami jubah hijau untuk menutupi pakaian yang agak terbuka.

    Semua gratis!!!

    Liburan ke Singapura mampir ke Masjid Sultan Singapore

  1. Bola dunia Universal Studio

    Ini wahana permainan paling keren yang ada di Singapura sehingga wajib hukumnya untuk datang lalu foto di bunderan globenya. Yah, lumayan walaupun tidak bayar dan masuk main ke Universal Studionya, yang penting telah berfoto di patung globenya.

    Universal Studio Singapore

    Begitulah yang saya lakukan dulu pas bawa grup tur ke Singapur. Foto di depan ini aja udah bisa bikin banyak yang tersenyum seperti di bawah ini.

  1. Sentosa Island

    Ke Sentosa Island masih ada yang gratisan seperti Pantai Siloso nya atau berfoto dengan Merlion lainnya

    Destinasi Wisata di Singapura Merlion Sentosa

  1. Gratisan di Bandara Changi

    Bandara terbaik dunia ini juga enggak pelit kasih fasilitas/atraksi wisata yang bikin saya betah meski harus semaleman nungguin pesawat.

    sunflower garden changi

    Baca ceritanya disini: Yang gratisan di bandara Changi Singapura.

  1. Deretan Rumah Peranakan di Joo Chat Road

    Nah ini saya tulis terakhir, karena pas perginya juga memang di hari terakhir. Selain itu, karena tempatnya udah mau dekat dengan Changi, jadi saya memang ke bandara dulu buat check-in dan nge-letakin bagasi, habis tuh baru keluar lagi dan menuju Joo Chat Road. Ambil line hijau, terus turun di Eunos. Keluar dari MRT, mesti jalan kaki lagi yang lumayan. Perkiraanku hampir setengah jam deh. Saat itu begitu keluar stasiun, gerimis mengundang. Sempat pengen ku batalin tapi udah sayang kan jauh-jauh ke sini. Jadinya ku jalan cepet-cepet karena takut keburu hujan beneran. Semua perjuangan itu akhirnya terbalas ketika beneran melihat deretan rumah peranakan yang masih terawat dengan baik dan dicat warna-warni ngonjreng. Lucu~

    joo chat road

Ada lagikah yang punya rekomendasi tempat gratisan lainnya di Singapura? Bagi di sini dong! Isi kolom komentar ya!

***

 

Belanja Oleh – Oleh di Singapura

Meski datang ke Singapura ingin melihat yang gratisan, tetapi beli oleh – oleh gak mungkin gak pake duit kan? Berikut saya kasih beberapa tempat belanja di Singapura yang populer :

  1. Rumah cokelat

    Viz Konsep Chocolate Gallery (atau ama guide saya disebutnya Rumah cokelat) adalah tempat belanja oleh – oleh yang selalu dibawa guide saya kalau bawa orang Indonesia belanja cokelat. Bentuk tokonya hanya rumah biasa dengan 2 pintu yang tidak mencolok. Mungkin kalau saya orang awam, saya tidak ngeh itu toko cokelat. Mungkin juga pihak rumah cokelat sengaja hanya fokus membidik para peserta tur dalam jumlah banyak sehingga tidak terlalu fokus mempercantik tampilan tokonya.

    Produk yang dijual di sini apalagi jika bukan semua produk cokelat dari singapura. Ketika peserta tur datang, kami langsung disambut dengan susu coklat dingin sebagai welcome drink. Para stafnya pun fasih Bahasa Indonesia dan langsung mempromosikan coklat yang sedang diskon.

    Yang membuat unik adalah coklat ini dikemas dengan tulisan, gambar Singapura yang apik sehingga terlihat unik. Wah mana tahan!! Ditambah pula bagi orang Indonesia, mereka juga menerima pembayaran menggunakan rupiah. Siap siap dompet dibuka 🙂

    Lokasi: 797 North Bridge Rd, Singapore 198765 (Dari Masjid Sultan lurus aja terus)

    VisKonsep tempat belanaja di Singapura
    VisKonsep, Rumah Cokelat di Singapura
  1. Mustafa Centre – Little India

    Ke Singapura tetapi berasa ke India. Kemana lagi kalau bukan di Little India dan ke Mustafa Center.

    Ceritanya Mustafa Center ini supermarket serba ada yang buka 24 jam dan murah murah serta menyediakan aneka jenis kebutuhan rumah tangga serta pastinya oleh oleh. Karena terletak di Little India, banyak banget barang dan aksesori khas Bollywood macam gelang – gelang bling – bling gitu.

    Kalau orang Indonesia sih kebanyakan ke sini saya lihat pasti belanja cokelat dan makanan gitu. Saya juga waktu itu beli Beef Jerky harganya cuma SGD 3.4, kalau di Indonesia bisa 40rban dan di sevel nya bugis malah SGD 4.5. Murah yah?

    Meski gitu salah satu guide saya sering berpesan. Kalau belanja di sini harus selalu ngecek tanggal kadaluarsa serta perhatikan apakah barang yang dimasukin ke kantong belanja kita bener yang kita pilih tersebut. Karena setelah itu, kantong plastik itu akan diikat mati jadi gak bisa lihat lagi sampai pulang.

    Ohya di sini juga bagi pengunjung yang bawa tas gede biasanya diminta titip apa dikunciin oleh satpamnya (kayak kalau kita ke Carrefour gitu). Kalau beli koper, biasanya pas pulang gitu juga bakal diperiksa lagi ama satpamnya.

    mustafa

  1. Bugis Street

    Kalau di Little India kebanyakan Sharukh Khan – wannabe di Bugis Street lebih identik yang jualan Vanessa Wu – wannabe hahah maaf perumpaan aja kok. Di bugis street biasanya yang dijual barang barang seperti pakaian dan lokasinya ada yang indoor / outdoor jadi silahkan berburu barang sepuasnya yah.

  2. Orchard RoadSepanjang jalan ini mall – mall bertebaran sehingga bagi yang lemah iman, harus menguatkan dompetnya…karena harganya juga pasti lebih mahal dibanding beli tempat lain. Tapi meskipun gitu, boleh kok tetep dicari / ditunggu diskon diskon di mall nya.Biasanya saya ke sini suka buat cuci mata aja kalau nggak naik ke ION Sky buat liat pemandangan singapura dari atas. Keren dan gratis!

    Baca juga: Melihat Singapura dari ION Sky

    Ion Sky Orchard Road Singapore

    Di sekitar jalan Orchard ini, jangan lupa mencoba es krim ala singapura yang biasanya dijual bapak bapak tua. Es krim dengan aneka rasa ini dibalut oleh roti dan cocok sekali dimakan sambil cuci mata melihat orang lewat. Harganya pun cuma SGD 1. Harga yang sama jika anda membeli soft drink maupun mineral water.

  1. Vivo City

    Vivo City adalah salah satu mall terbesar di Singapura yang terhubung langsung dengan Harbour Front yakni pelabuhan internasional untuk ke Batam. Disini juga biasa jadi tempat titik akhir perjalanan kalau bawa tur. Sambil nunggu masuk kapal, kalau masih ada waktu, biasanya jalan – jalan di sini dulu buat makan malam, belanja, cari oleh oleh atau sebagainya.

***

Untuk penginapan berikut saya rekomendasikan hostel unik bentuk kapsul macam di luar angkasa : Met A Space Pod.

space pod singapore

 

Tips Jalan jalan ke Singapura

  • Transportasi : Taksi (tarif mulai $3), MRT mulai dari 05.30 – tengah malam (tarif mulai dari $1.40), Bus (mulai dari 79 sen) usahakan uang pas karena sopir gak kasih kembalian.
  • Uang tip kalau makan di restoran gak usah lagi tapi kalau mau kasih, monggo karena rata – rata udah masukin service charge 10 % + PPN 7%

***

Btw, jika gak mau repot ke Singapura dan pengen jalan ditemani guide, monggo kontak aku dengan memberikan no HP kalian ke emailku di : Lenny.kepri@yahoo.co.id yah. Thank you!

About the author

Travel Now or NEVER
286 Responses
        1. Dedy setiadi

          Salam kenal,apakah anda masih menjadi guide utk ksingapore?soalnya saya dan keluarga,ingin kesana. Ini nmr hp/wa saya 082179578000.kalau masih tolong kabari saya y makasih.utk tgl 15-05-2018 ini

  1. Dear all,

    Untuk biaya sangat bervariasi tergantung itenary dan kebutuhan peserta tur. Karena biasanya lenny jadi tur guide dimana peserta sudah punya plan mau ngapain, sehingga hargany tergantung dari sana. Seringkali juga hanya satu keluarga yang lenny bawa sehingga tentunya harga juga bervariasi.

    Silahkan kirimkan itenary ke email lenny.kepri@yahoo.co.id untuk nego harga atau ke Facebook 🙂 thanks

  2. Hai Dessy,

    Semua itenary diatas bisa kamu coba kok cuma waktunya agak mepet aja. Ke universal gak disarankan karena gak puas kalau cuma beberapa jam. Maunya seharian penuh gitu.

    Jadi itenarynya bisa ke Merlion, Esplanade, Marina bay, lalu Little india, sentosa dan orchard road 🙂

  3. Makasi banyak mba lenny 🙂
    Tp sayang jg ya klo melewatkan universal..hehehe…
    saya menginap didaerah pasir panjang…
    Itu jauh ga ya dari universal?

    Tempat yg dekat dgn pasir panjang yg bagus dikunjungi malam hari apa saja ya mba..? 🙂

  4. Karena sistem public transportation di singapur bagus. kemana mana jadi tidak jauh mbak 🙂 cuma Universal berada di pulau Sentosa yang ada di ujung singapur. Jadinya pasti lebih jauh kalau mau ke situ.

    Kalau malam hari, saya rekomendasikan mencoba Singapore Night Zoo atau kalau cuma mau santai2 saja bisa mampir ke Clarke Quay dekat dengan Chinatown juga 😀

  5. Dear mba lenny…

    Aku agustus nanti mau k spore sama klrga…klo sblmny ksana sama tmn2 kita nekat ngebolang..nah klo sama klrga kayanya hrs pake tour guide selama disana..kebetulan kami berangkatnya juga dr batam…mau minta ref tour travelnya yaa mba..

    Tq

  6. salam kenal.
    wah pengen nih ke singapura… saya ada rencana ke batam awal bulan depan. mau ke singapura tapi takut nyasar hehehe….

    kalo sendirian aja dilayani juga gak ya? berapa tarif guide nya?

    thanks.

  7. David G

    Halo mba Leny, tahun ini kami berencana mau liburan di batam sekalian pingin one day tour ke Singapore, kira2 kpn waktu yg pas dan budget one singapore berapa, mohon hub saya di aa_hap@yahoo.com tks.

  8. Halo,

    Terima kasih atas feedback anda. Bisa ceritakan lebih detail pengalamannya kepada pembaca yg laen?

    I'm glad you enjoyed the trip 🙂

  9. Lano

    Halo kak len..
    , rencana mau ke Singapura Sekitar bulan November/Desember .. Pengennya 3 hari 2 malam gitu.. Atau 2 hari 1 malam…tapi sendirian..kira2 bisa minta bantu guide transport dll nya ? Sama rekomendasi tempat2 yg bagus buat dikunjungi dan tentunya terjangkau..hehe…email sy lano.kastrat.wil4.ismki@gmail.com .. Trims kak

  10. Halo Kak Leni,

    Rencana libur hari raya tahun 2015 nanti, saya akan mudik ke Batam dan maunya nyempetin one day trip ke Singapur dengan keluarga (kurang lebih 6-8 orang). Bisakah saya dikirimkan gambaran itenarary dan costnya, jadi bisa nabung-nabung dulu mempersiapkan dananya. Saya lebih prefer ke Singapore zoo atau tempat sejenisnya, karena bawa anak kecil dan ga perlu ke tempat belanja seperti orchard/bugis street/little india. Tolong diemailkan ke bioholic_gurl@yahoo.com

    Makasi banyak sblmnya..

  11. Yana Alhindi

    Hai kak saya rencananya mw ke batam dan pengen nyebrang ke singapore satu hari saja.. jdi butuh tour guide.. hubungi dimnaya.

  12. sumarno

    Mbak boleh minta price list dan ketentuan nya .pemandu wisata
    untuk singapore 3d2n
    2 orang
    Keberangkatan 5-7juni
    hari pertama sampai di changi jam 4 sore
    hari ketiga kembali flight pagi (tanpa wisata)
    bs email ke adysumarno@gmail.com

  13. Halo mb leni saya dengan teman saya bulan oktober ada rencana kesingapura dan sdah ada pandangan mau nginep dihotel mana. Kami butuh guide dari penjemputan, jalan2 sampai mengantar pulang kebandara changi tapi untuk transportnya naek mrt aja mb jadi kami hanya butuh guide nya. Boleh dikirim tarif guidenya keemail saya mb ajadini20@ymail.com terimakasih 🙂

  14. Mba Lenny, saya (3 org) rencana mau ke sg tanggal 17-19 Oktober 2015. Hhotel dan pesawat suah ada. Mohon info tour guidenya untuk one day tour…. email saya :

    tirza.andina@yahoo.com

    oya apakah bisa menyediakan tiket sekalian(USS, MadamTussaud, sea aquarium)?

    Mohon disertakan pula kontak dari mba lenny….Terima kasih

  15. Mat kenal,,mbak Lenny,,,saya rencana mau tour ke Singapura,,sendirian,,and saya butuh tour gude,,untuk mengenalkan tempat wisata singapore,,tapi hanya 3 hari saja,,berapa biayanya,,,ini email saya,,romeojanis48@yahoo.co.id,

  16. Salam kenal mba lenny,
    Mhn info mba,kalau mau ke singapura teknisnya dari palembang gmn ya?,sm mhn info jasa guide mb lenny dan biaya2 serta lainnya utk 3D2N kalo lanjut ke legoland&hello kitty (kami sekeluarga 2 dewasa 2 anak) mohon diinfokan detail ya mba utk persiapan tahun depan please send me your information to papajafin@gmail.com

  17. Bisa diinfokan biaya tour guide dari Batam ke singapore utk 15 org lebih menggunakan ferry dan kami hanya butuh tour guide nya saja untuk tgl 6-8 mei Di singapore kita mau menggunakan transportasi umum seperti bus atau kereta cepat dll. Dan saya jg minta spot2 mana aja yg akan di kunjungi. Terima kasih
    Email ke andrepramuji@yahoo.co.id

  18. wiwied

    Salam kenal lenny,

    Saya dan anak rencana tgl 27maret ini ke singapore, bisa dibantu utk guide nya? Jasa guide nya brapa ya?

  19. Yogi

    Salam kenal lenny,
    kami sekeluarga ada rencana tgl 26 Juni ini ke singapore, bisa dibantu utk guide nya?
    harga Jasa guide nya brapa ya?

  20. astuti

    Halo mbak, saya mau tanya kalo jasa guide untuk 3 orang, one day tour di singapura untuk tanggal 9 Juli nanti kira-kira berapa ya? Rencananya saya mau ke singapura lewat Batam. Masih bisa order gak ya. Makasih.

  21. Lady

    Halloww mba.. Planning saya suami n 2 anak kecil maw ke singapore n malaysia akhir juli smpe awal agt 4hr kira2..
    Krn bw anak kecil mngkin destinasi utama adl universal klo di spore n legoland klo di malay..
    Sisany mngkin destinasi yg recommended utk saya n suami utk foto2 or tmpat ok yg tdk ad di ind..
    Bs email saya nath.ndy@gmail.com
    Saya tunggu.. Trims??

  22. Yuan Prihatiningtyas

    Mohon bantuanxa saya mau liburan ke singapur berdua tapi kami belum pernah sama sekali ke singapur,.apa kah ada yg bisa bantu jadi Tour gade di singapur dengan harga murah..terima kasih..minta tolong bantuanxa

  23. novi

    Mbak sudah sy email blm diblas, sya bertiga berencana mnggu depan ke singapura bertuga kira2 biaya tourguidenya brp ya mbk? Trmksh mhon info

  24. Kiki Kurniawan

    Hai Lenny,
    Saya ada rencana bulan november 2017 akan ke singapore beserta istri, ibu (60th) dan 1 anak (3th) mohon info untuk rekomendasi penginapan yg aman, bersih, tempat strategis (akses transportasi dekat dan byk makanan) , harga standar atau relatif murah?
    dan juga untuk tiket masuk USS apakah untuk dewasa usia 60th dan anak usia di bawah 4 th free?
    Berapakah biaya jasa tour guide selama disana per hari atau sampai pulang (sekitar 3-4 malam) ?
    Mohon infonya di email:
    @kie_kie_84@hotmail.com
    @kiu_kiu_84@yahoo.com

    Terima kasih

  25. Siti maisaroh

    Salam kenal mba Lenny…. Saya dan 2 teman saya mau ke singapore… Kami butuh guide selama disana selama 2 hari di bulan desember.. Bisa bantu kami ya mba…
    Terima kasih sebelumnya ya mba…

  26. Arie

    Saya ad rencana bepergian ke sg tgl 22 nov nanti..
    Pribadi aj seh sama istri dan anak… butuh tour guide soalnya ini baru pertama… jd biar waktu ga banyak terbuang

  27. Ronald Beck Siahaan

    Halo Cie Lenny Lim..tgl 5 Januari 2018 nanti saya transit singapur dari Sydney-Jakarta. karna saya tinggal di medan saya memutuskan untuk pulang lewat kuala lumpur ke medan. sekalian saya mau jln jln di singapur sama kuala lumpur. Dan saya tiba di changi tgl 5 januari pkl 03 pagi. kira kira ada gk guide buat saya sehari di SIN, kira kira berapaan yah…?? mohon info nya dong cie…trimakasih… oia, karna saya sendirian, di mohon bagi temen temen yg lg liburan di tgl yg sama dengan saya boleh dong gabung. heheh No Hp saya 081396511400 (WA)

  28. Astra

    Hai mbak leni…sy rencananya tgl. 2 ke batam dng tujuan ke singapura, ajak keluarga 3 anak kecil + 2 dewasa, info plz wa 082182716002…trims mbak

  29. Bella

    Hallo mba leni saya berencana liburan ke singapura dan legoland, bisa d bantu untuk tur guide selama di singapura 1 hari sampai menyebrang perbatasan johor baru di hari yang sama di malam hari.
    kami 5 orang 2 dewasa, 3 anak.
    mohon email ke marthasaribella@gmail.com

  30. Adi

    Salam kenal kak Lenny..
    Aku Adi dari Solo kak.. Rencana mau ke Singapore sm rombongan bln ini.. Mau dong kak dihubungkan sm giude nya.. Udh aku kirim email ya kak.. makasih..

  31. Lazuardi

    Salam kenal,,mbak Lenny,,,Anak saya rencana mau tour ke Singapura bertiga dan butuh tour guide,,untuk memandu mereka di singapore,,selama 3 hari 2 malam ,berapa biayanya
    kalau boleh sy minta no telp Mbak nya untuk Tanya informasi secara langsung

  32. Suyanto

    Salam kenal bak lenny saya rencana mau jln2 ke singapore sekeluarga 2 dewasa 3 anak2 ..untuk pemandu tour nya berapa duit ya dan saya rencana mau berangkat tgl 28-6-2018..klo blh minta nomor wa nya nbak lenny

  33. Mutia

    Hai mbak Len,

    Mau Tanya dong. Kita kudu beli simcard Singapore gak sih? Saya Mau ke sg minggu besok backpackeran. Mahal gak sih?

    1. Halo saya sih gak beli, karena pake wifi hotel. Kebetulan pas ke sg emang buat jalan2 jadi tidak perlu terhubung setiap saat dengan kerjaan atau internet 🙂

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.