Hutan Kota GBK Bak Central Parknya Jakarta

Ini maksudnya Central Park – New York yah.. bukan Mall Central Park hehe. Eh tapi mall Central Park juga hijau sih..aku suka!

Okay gini guys… jadi pas mau Asian Games kemarin, area Senayan Golf Dring Range itu rupanya dirombak semua dan dijadikan hutan kota dan tempat buat ruang publik. Selain itu katanya buat salah satu fasilitas pendukung Asian Games juga. Nah entah sudah kelar atau belum, yang jelas sih pas aku liputan Asian Para Games di Gelora Bung Karno, aku sempat ngelewati area itu. Bangunan sudah berdiri tegak. Lahannya juga 90% sudah jadi. Terus sorenya karena penasaran, aku ke sana pengen lihat-lihat. Tapi ada pembatas kuning gitu dan beberapa mas-mas yang lagi bersihin atau nganu tanaman gitu. Karena gak berani main terobos aja, maka aku gak jadi masuk.

Esoknya biar gak jadi arwah penasaran, aku, ijoel (yang fotoin selama di sini) serta ariefpokto, ke sini lagi. Kali ini ketemu satpamnya dan kami minta izin. Untungnya dikasih dan mulai dah eksplor Hutan Kota GBK ini. Awalnya, sebelum ini aku mang udah pernah liat taman ini dari foto di twitter yang ternyata fotonya si ijoel juga. Khasnya adalah deretan patung semua presiden Indonesia yang terbuat dari perunggu yang kabarnya buatan orang Jogja. Khusus Pak Habibie, dibuat juga patung Bu Ainun-nya. Eakkk mentang-mentang kisah cinta mereka yang mengharu biru sudah dijadikan film yah.

hutan kota gbk

Setelah dari patung itu, kami berjalan terus melalui jalan setapak yang ada dan sampai di kolam air mancur yang isinya ikan koi gede-gede. Sempet mikir nih ikan gak kepanasan yah kalau siang hari di Jakarta yang teriknya ampun-ampunan? apa sudah biasa merasakan sauna? Apapun itu yang penting mereka terlihat lincah ketika dihampiri meski kami tak bisa ngasih makanan apapun.

hutan kota di gelora bung karno

Dari sini, aku berusaha mendekat ke ara tiga gedung bangunan terlihat kontras dengan bangunan pencakar langit nan modern yang ada di belakangnya. Baru mau mendekat, aku sudah didekati penjaga dan dilarang untuk melangkah lebih jauh. Okay jadi cuma bisa foto sampai di sini yah.

taman di gbk

Karena tak banyak yang bisa kami kunjungi plus tak ada info yang kami dapat, kami foto-foto saja di samping pinggir kolam koi. Padahal kalau menurut si satpam, kabarnya coffee shop bakal dibuka setelah Asian Para Games, jadi kita doakan segera yah biar bisa dinikmati semua orang. Makin keren yah Jakarta kalau gini!

Ini di mana nya? kok gak ngeh?

Ini pertanyaan paling banyak diajukan ketika aku share di Instagram.

 

View this post on Instagram

 

Hands up buat kalian yang udah ikutan Giveaway @iamkalibre *prok prok prok* tunggu yah kocokan nama pemenangnya. . Btw aku mau ngenalin (lagi) Hutan Kota GBK karena banyak yang gak ngeh letaknya di mana padahal aku yakin kalian lewatin tiap hari karena posisinya di samping jalan raya alias samping pintu 6 GBK. Cuma kemarin kalau dari jalan raya itu ketutup ma spanduk Asian Para Games. Kemarin aku lewat lagi udah dilepas tuh spanduk yang menghalang. Jadi sekarang kalau lewat dari / menuju FX coba menoleh yah pasti keliatan nih bangunan. . Kalau dari dalam GBK, lokasinya deket ke stadion akuatik. Cuma kebanyakan kan kita jalanny di jalan setapak yang udah disediakan ya, sedangkan ini ada di seberangnya di area hijau-hijau gitu. . So far belum ada info kapan bangunan lucu itu bakal dibuka jadi coffee shop. Pas acara Asian Games sih tempat ini udah jadi tempat JKW terima tamu VVIP. Ah ku pun makin ga sabar mau review nih. Jadi sementara itu, nikmati aja dulu kolam koi di luarnya yah. . Psst ini masuknya pun kudu izin ke satpamnya dulu yah. More details di instor yah kujabarin. . credit @ijoeel . #hutankotagbk #gbk #senayan #view #travel #explore #park @explore_jakarta #explore_jakarta @jktgo #jktgo

A post shared by Lenny Lim (@lenny.diary) on

Jadi area ini paling mudah dicapai dari pintu 6 GBK habis itu tinggal ke kanan. Gak jauh juga kok dari stadion akuatik cuma lokasinya agak mojok seberang yakni di tepi jalan jadi banyak yang gak kepikiran lihat ke arah itu kali yah. Plus pas pesta olahraga Asia terbesar, dari jalan raya besar atau halte GBK agak gak keliatan karena ketutup sama spanduk. Nah sekarang udah dibuka jadi harusnya jelas kelihatan. Jadi kalian kalau dari / menuju FX, jangan lupa menoleh yah….

gbk hutan kota

hutan kota di gbk

So far ini aja dulu info yang bisa kuberikan. Semoga tempatnya cepat kelar dan bisa ku review dan kita nikmati bersama hutan mungil di belantara rimba beton Jakarta. Jika sudah tak sabar bisa loh mampir dulu ke hutan kota lainnya yang punya tempat nongkrong yaitu Arborea Cafe yang ketika ku posting langsung viral. Duh terharu! Mampir juga yak.

arborea cafe

Buat yang bingung di Jakarta enaknya ngapain aja, berikut rekomendasiku yah!

cat-cafe-jakarta

About the author

Travel Now or NEVER
14 Responses
  1. Itu foto di Arborea Cafe cakep banget kak.
    Kata anak kekinian tempatnya instagramable banget hahaha 😆
    Sayang jauh banget kalo dari Papua, wkwkwkw 😆
    Ntar deh kalo ke Jakarta lagi coba main kesana 😀

Leave a Reply