Beasiswa Community College Initiative Program

Sudah puluhan kali saya melamar kerja sebagai Writer, Editor atau Copywriter. Hasilnya selalu sama, nihil. Saya percaya ini bukan karena kemampuan saya tapi karena basically saya tidak memenuhi persyaratan pertama yaitu lulusan S1 dari Komunikasi/Jurnalis/Public Relation/Sastra dan sebagainya. Sebelumnya saya adalah lulusan sarjana komputer yang kemudian ingin berganti profesi. Saya sudah melampirkan CV dan mencantumkan pengalaman saya berkecimpung di dunia tulis menulis. Namun, sekali lagi hasilnya nihil. Hingga akhirnya saya mendapat informasi dari sahabat saya tentang beasiswa Community College Initiative Program(CCIP).

times square

 

CCIP adalah program beasiswa non-degree dimana kita dapat kuliah selama satu tahun yang dibiayai oleh pemerintah USA. Di Indonesia, CCIP dikelola oleh AMINEF. Boleh dibilang CCIP ini “adiknya” si Fullbright. Total peserta yang diberangkatkan tahun ini(2013-2014) berjumlah 48 orang dari Aceh sampai Papua, dari lulusan SMU hingga middle level professionals working yang mengambil jurusan Media, Tourism and Hospitality Management, Business Administration, IT, Engineering and Early Childhood Education. CCIP dimaksudkan untuk membantu para pekerja untuk meningkatkan skill dalam bekerja maupun personal. Tidak hanya itu, sebagai penerima beasiswa sudah sepatutnya para penerima beasiswa otomatis menjadi duta bangsa Indonesia yang akan memperkenalkan Indonesia di mata internasional.Tidak hanya mendapatkan kesempatan belajar dan magang kerja di Amerika, penerima beasiswa CCIP juga berkesempatan berkecimpung di berbagai kegiatan lainnya seperti community service, cultural event dan berbagai workshop pengembangan leadership and self development. Ketika akan mendaftar, saya harus memperhatikan syarat syarat yang diwajibkan yakni :

1.Minimum telah mengenyam pendidikan SMU/ S1. Sebenarnya diprioritaskan untuk lulusan SMU, tetapi nyatanya kebanyakan yang lolos adalah lulusan S1. Untuk lulusan S1, harus mengajukan bidang studi yang berbeda dengan pendidikan S1 nya tetapi harus sesuai dengan pekerjaan/kegiatannya saat ini. Contohnya saya lulusan S1 komputer tetapi mendaftar untuk jurusan media. Note : Beasiswa ini tidak berlaku untuk lulusan S2 dan S3.
Baik lulusan SMU maupun S1 harus sudah memiliki pengalamn kerja minimal 1 tahun dibuktikan dengan surat pengalaman kerja dari tempat kerja. Bagi wiraswata bisa juga dengan menunjukkan surat kepemilikan bisnis / referensi dari rekan bisnisnya kali.

2.Memiliki kemampuan berbahasa inggris yang baik yang ditunjukkan dengan nilai ITP TOEFL minimum 450 atau setara (untuk TOEIC dan IELTS).

3.Mengisi application form yang tersedia. Selain mengisi biodata, di dalam Application Form ini juga terdapat 4 mini-essay yang harus diisi. Jawablah dengan memberikan contoh/gambaran yang spesifik agar penilai dapat menilai kecocokan anda dengan program beasiswa ini.

4.Mengirimkan berkas yang diminta dalam bentuk hard copy (print) ke AMINEF. Beberapa hal yang cukup menyita waktu saya dalam menyiapkan berkas yang diminta adalah terjemahan sertifikat dan daftar nilai ijazah SMU serta universitas yang sudah dilegalisir ke dalam bahasa inggris. Saya akhirnya menggunakan penterjemah tersumpah di jakarta untuk melakukannya karena saya tidak menemukan penerjemah tersumpah yang diinginkan di Jambi.
Ketika semua dokumen telah dikirim, saya tinggal menunggu panggilan wawancara dan Tes TOEFL di kantor AMINEF pada bulan Desember 2012. Setelah dinyatakan lolos, hal berikutnya yang harus dilakukan adalah Medical Check Up. Rupanya medical check up jauh lebih sulit dan memerlukan penantian dan kesabaran tingkat tinggi karena requirement dan standard yang ditetapkan pemerintah USA cukup tinggi. Saya sempat didiagnosa terkena TBC. Tentu saja saya tidak merasa sama sekali sehingga saya harus membuktikannya dengan X-ray, rontgen paru hingga melakukan tes darah sekali lagi di luar kota Jambi untuk membuktikan saya bersih dari penyakit TBC. Setelah proses medical check up selesai, proses terakhir adalah menanti email berisi official letter sebagai penerima beasiswa. Dari email tersebut, barulah saya tahu state dan nama community college yang menjadi tujuan studi saya yakni Scottsdale Community College, Arizona .

Sekarang saya telah menyelesaikan program ini dan merasa sangat bersyukur mendapatkan beasiswa ini. Semua ilmu, pengalaman, serta teman dan keluarga angkat yang saya temui adalah harta tak ternilai harganya. Impian saya pun terwujud, yakni menjadi jurnalis travel. Beberapa tulisan saya juga sudah terbit di buku, majalah dan koran nasional loh. Meski pada akhirnya kini saya memutuskan menjadi seorang freelancer dan full time blogger, semua ini adalah awalnya berkat CCIP. Thanks a lot AMINEF!

Kalau saya saja bisa menggapai mimpi ku, kenapa kamu tidak? Ayo dicoba!

Untuk info lebih lengkap dan mengunduh formnya, silahkan langsung klik web nya di sini

 

About the author

Travel Now or NEVER
174 Responses
    1. Christin

      Hai kak, kalo lulusa sastra inggris transkip dan ijazahnya harus diterjemahkan juga ke bhs inggris? Krn mata kuliahnya dah kebanyakan dlm bhs inggris tuh kak..

  1. Hai…..
    Aku jadi tertarik deh baca post ini. Sebenernya aku sudah coba ikut kirim aplikasi CCIP tahun lalu, tapi kebetulan kirimnya telat ㅜㅜ

    Jadi mungkin baru akan kucoba lagi tahun ini. Anyway, tahun lalu total pelamarnya berapa orang ya? Lalu, pengumuman terakhir kelulusan itu berapa bulan setelah pengumuman kelulusan berkas?

    Salam kenal,
    Hesti

  2. Salam kenal juga hesti 🙂

    Ok, tahun ini jangan sampai telat yah 🙂 Untuk jumlah pelamar dan pengumuman kelulusan sepenuhnya wewenang AMINEF dan saya tidak tahu infony 🙂

  3. Wah pengalaman yg luar biasa ya mbak lenny. Ini saya pengen apply jg ccip berhubung deadlinenya sebulan lg,hehe. Bole tny ttg bbrp hal mengenai dokumen:
    1. Ijazah dan transkrip yg dikirim ialah yg terjemahan oleh sworn translator dlm english saja, atau yg indonesianya jg ikut dikirim?

    2. Ijazah dan transkrip terjemahan englishnya yg dikirim itu 3 set copyannya saja, atau 2set copyan dan 1 set asli?

    3. Bila ijazah dan transkrip yg dikirim copyannya saja, apakah 3 set copyannya itu perlu di leges lagi? Dan oleh siapa yg leges?

    Itu saja sih pertanyaan yg muncul, hehe, mohon balasannya mbak, maju terus ya…

  4. Thanks bgt mbak fast reply nya, btw sy dr medan, hehe. Utk pertanyaan ketiga td, hasil translation ijazah & transkripnya di fotokopi 3 set, trus dibawa ke kampus dan sekolah utk di leges lagi ya? Bkn dileges oleh pihak sworn translatornya?

  5. salam kenal… saya ima dari medan

    kak.. mw tanya untuk proses dari antar berkas sampai keberangkatan brapa lama ya kak??

    untuk herman fu, mohon infonya untuk translater tersumpah di kota medan dmn ya?? mohon bantuannya..

    makasih..

  6. Kak..ima mw tanya lagi..
    1. semua syaratnya potokopi harus rangkap 3?
    2. untuk copian ijazah dan transkip nilai yang di translate apa perlu di leges lagi ka? jika perlu oleh siapa?

    mohon infonya kak.. ima sangat berminat untuk mengikuti program ICCP ini..

  7. Mbak lenny sy ada pertanyaan lagi, utk transkrip nilai ijazah SMA mesti kirim SKHUN lagi atau cukup dgn transkrip nilai dibelakang lembaran ijazahnya saja? Soalnya pada nilai dibelakang ijazah lebih lengkap (sudah ada nilai UAN dan UAS), sedangkan pada SKHUN hanya ada nilai UAN saja. Thanks jawabannya.
    @nurhalimah sy pakai penerjemah online

  8. Hai Lenny, what an inspirising story. Aku juga mau ikt program ini. Aku lulusan S1 dan profesi apoteker. Sudah 1 tahun ini bekerja di industri farmasi. Tp daridulu pengen banget ambil sunject culinary art dan kebetulan CCIP menwarkan subject tsb. Apa aku msh bs ikt program ini juga y?

  9. Halo Mbak Lenny,

    Ada yang ingin saya tanyakan. Jika saya akan apply Business Administration, apakah di aplikasi saya juga perlu menyebutkan majornya (entrepreneurship, sales, small business management) juga?

    Terima kasih.

  10. Mbak Lenny mau tanya, ini yg eligible yang sudah lulus kuliah? Saya skarang masih kuliah D3 semester 5, selesai kurang lebih Agustus 2015, apa boleh ikut juga sekarang? Kalau kerja saya belum pernah.
    Trima kasih 🙂

  11. Hai Len, mau tanya lagi nih. Kemaren application form nya udah ku antar ke AMINEF lsg, biasa brp lama ya waktu tunggunya? Semua peserta baik yang lulus atau tidak akan dapat info langsung dari AMINEF kah? Thx a lot

  12. Anonymous

    kak lenny lim, saya sudah mengirimkan formnya,, ga sabar nunggu.. 😀 waktu kaka ngirimin form nya berapa lama waktu menunggunya kaaaa .. mohon infonya biar ga galau 🙂

  13. Hi Ka Lenny,

    Salam kenal ya sebelumnya. Saya apply buat CCIP tahun depan dan sudah submit application saya (deadline tahun ini pd tgl 1 Desember btw). Nah, saya baru ngeh dari tulisan Ka Lenny kalo semua berkas fotokopian yang dilampirkan harus ada legalisir lagi. Saya lupa melegalisir punya saya. Duh, is it okay? Oh ya, saya baru lulus SMA tahun kemarin dan memiliki pengalaman kerja kurang dari 1 tahun (hanya 6 bulan). Bagaimana ya, Ka? Saya mendadak panik nih huhuhu.

  14. Anonymous

    Kak leny, angkatan ka leny ada gak yang ikut program public safety. Soalnya aku apply tuk bidang safety and security. Thank yach…..

  15. Hi mbak Lenny,

    Saya Putri. It is really nice to see your blog. Saya baru saja lihat mengenai info CCIP. Tahun ini saya melewatkannya. Kira – kira tahun depan ada lagi? Tahun ini 1 Desember 2014. Saya terlambat cari info.

  16. @putri : ada kok tiap tahun ditunggu aja kira2 pertengahan tahun depan udah buka lagi pendaftarannya. Dari sekarang u udah bisa liat syarat2nya dan mempersiapkannya

    @anonymous : halo, sepertinya saya belum pernah tahu ad yang ambil bagian itu. Tapi eh ada loh yang ngambil bagian pemadam kebakaran. 🙂

  17. malam ka…

    Saya hari ini jam 8.33 pagi dapat email konfirmasi untuk mengikuti tess toefel dan interview.. tetapi peserta wajib membalas emailnya sebelum jam 16.00 WIB.. berhubung saya baru buka email jam 18.00 jadi langsung saya balas..

    gimana itu ya ka?? masih ada kemungkinan gak?? saya telat 2 jam balas emailnya dari waktu yang di tentukan… 🙁

  18. @Nur : Halo nur doakan saya mereka tetap memprosesnya yah. Berhubung u telah jadi calon, ada baiknya rutin ngecek email agar tidak ketinggalan info lagi yah.

    Good luch buat nur dan semuanya yang telah masuk ke proses berikutnya yah!

  19. alhamdulilah ka.. saya tetap d proses ke tahap selanjutnya… ka.. mw tanya tentang interviewnya nich.. interviewnya haruss full english ataw boleh campur bahasa indonesia.. jujur bahasa inggris ima tidak cukup bagus.. kasi gambaran buat saya gmn interviewnya ka..

    thanks banget ka atas semua bantuannya…

  20. Saya juga apply ke ccip. Kayaknya lupa u legalisir deh.. n ga ke trima sepertinya. Toefl 473 msh bs ga?n pengumuman kandidat sdh ada n sedang berlangsung wawancara. To ada pengumuman susulan kah?krna sy baca lenny sempat telat ya dapet pengumuman?mksh

  21. @novi : 473 masih bisa tapi kalo masih bisa ditingkatkan lebih baik lagi 🙂

    Iya wawancara sudah selesai dan sepertinya tidak ada pengumuman tambahan.

    Better prepare for next year. Good luck!

  22. Akbar

    Dear Mbak Lenny, saya mau tanya tentang pengalaman kerja mbak.

    Kalau saya berencana apply Oktober tahun ini namun akhir bulan depan saya memutuskan untuk resign dari tempat kerja yang sekarang, apakah saya masih bisa menggunakan surat rekomendasi dari atasan di kantor sekarang (tanggal pembuatan suratnya sekitar Maret-April)? Karena setelah resign, saya berencana untuk aktif dalam komunitas dan mengikuti kegiatan sosial dulu mbak, sambil cari kesempatan beasiswa lainnya. I look forward to your answer. Thank you, mbak.

  23. @akbar : sebenarnya mungkin saya tak punya pengalaman tentang hal ini dan tak bisa merekomendasikan baiknya gimana.

    Di satu sisi, bisa saja anda minta surat ket dan apply (meskipun sudah tidak bekerja lagi disana) dan sepertinya pihak AMINEF pun tidak ada mengecek jika nanti anda terpilih apakah memang anda bekerja di tempat kerja tersebut.

    Thanks

  24. Anonymous

    Kak saya mau tanya, ijazah SMA yang terjemahan kan harus ada tanda tangan dari kepala sekolah,nah kalo kepala sekolah nya udah ganti,trus ditanda tangani oleh kepala sekolah yang baru gimna kak?

    terimakasih.

  25. salam kenal mbak lenny..sy mw coba cari beasiswa ccip..tp agak bingung juga..saya lulusan jurusan pendidikan bhsa inggris tp bingung nanti klo dftar lanjutx pilih jurusan apa..

  26. Hi Kak Leny,
    Salam Kenal saya Lisa,
    Saya mau menanyakan tentang beasiswa tersebut, jika kita sudah menyelesaikan masa studi, apakah kita diharuskan kembali ke Indonesia?
    Dan jika saya sudah S1 bisakah saya ambil S2?

    Thanks before 🙂

  27. ka, kalau belum setahun kerja belum bisa mendaftar ya?
    saya kerja sejak 5 januari 2015 di bagian keuangan (saya jurusan jurnalistik)
    sebelumnya, sejak oktober 2013 sampai april 2014, saya kerja di trans tv sambil kuliah, sebagai pekerja otsors, kira-kira sudah bisa mendaftar belum oktober nanti?

  28. halo kak lenny, aku mau tanya nih, kebetulan aku udah lulus SMA tahun ini, ada tips&trick ngga kak buat pelamar yang lulusan SMA? program yg diambil apa harus sama kaya yg diambil di SMA atau engga dan lainya, aku udah search dimana2 kebanyakan pelamar beasiswa ccip lulusan S1:'))

  29. Dear Lenny,
    Aku pingin banget daftar CCIP tahun ini ambil jurusan Business&Administration. Aku lulusan S1 Ekonomi Manajemen SDM. Setau aku harus beda dengan yang diambil semasa kuliah, sedangkan aku udah 2tahun kerja di bidang Business&Administration. Kira2 bisa ga ya? Beda2 tipis gitu sama jurusan kuliah aku. Atau harus daftar dengan jurusan yang berbeda?
    Gak sanggup klo daftar Fullbright 🙁

  30. @shandy puspita : CCIP emang didesain untuk pekerja yang punya background bereda dengan kuliahnya. Kalau emang dirasa berbeda nggg.. tidak ada salahnya sih dicoba untuk apply 😀 good luck!

  31. @robi kamil : kuncinya adalah apakah CCIP bener2 dapat membantu jenjang karir u buat kedepannya. Jadi yang diwawancara juga seputar visi misi u mengambil beasiswa ini dan bagaimana u meng-implementasikan ilmu dan pengalaman yang didapat setelah pulang ke indonesia

  32. Wah.. Lagi cari2 referensi untuk apply CCIP, malah ketemu alumni nya dari Jambi 😀 nambah optimis nih Kak.. Tapi saya lulusan SMA dengan pengalaman kerja 2 tahun (sebenarnya sambil kuliah juga di semester 6 tetapi saya apply sebagai lulusan SMA aja) kira2 besar kemungkinan bisa diterima gak ya? Karena as reffered to your post, tertulis kalau sebagian besar penerima beasiswanya lulusan S1 ..
    Btw.. Ada tes lainnya lagi gak kak setelah interview dan Toefl?
    Thanks in advance

  33. Hallo kak salam kenal,
    Saya baru tau info tentang CCIP beberapa hari yg lalu terus baca blog ini. Alhamdulillah sangat terbantu. Saya ingin bertanya bberapa hal kak:
    1. Saya lulusan D3 B. Inggris tp study saya lebih ke English for Business. Saya punya pengalaman kerja di thn 2012, lanjut di 2013 sbg guru privat pengajar anak SD, apakah saya bisa utk melamar?
    2. Pengalaman kerja saya kurang lebih 1th tp kan sbg guru privat, bagaimana cara utk menunjukam buktinya? Soalnya kan katanya hrus melampirkan surat keterangan tmpt kerja sblmnya
    3. Setelah selesai program ini, apakah gelar kita akan berubah atau tidak berpengaruh?

    Terima kasih kak.

  34. Baik kak terima kasih kak 🙂
    Kalau boleh tanya lg kak, beasiswa yg kita dapat itu meliputi apa saja nantinya?
    Trus pada saat medical check up, ketentuan2 apa saja yg mereka tetapkan utk kita?
    makasih kak..

  35. @hasna : semuanya sudah ditanggung termasuk biaya kuliah, apartemen etc dan bahkan ada uang sakunya. Untuk medical check up asal sehat walafiat hampir semuan kandidat lolos 🙂

  36. Halo mba Leni. Terima kasih informasinya yang sangat lengkap. Satu saja yang ingin saya tanyakan karena tidak ada di persyaratan. Adakah maksimal usia ? Karena usia saya tidak muda lagi tapi sangat tertarik untuk ikut program ini. Saya Desember ini 40 tahun. Pendidikan S1 psikologi, sementara bidang kerja saya pendidikan anak usia dini sudah sekitar 15 tahun. Terima kasih

  37. Shanti Ch

    Halo Kak Lenny, salam kenal

    Saya juga lulusan ilmu komputer yang lagi banting setir. Pernah kerja di administrasi pendidikan kampus 3,5 taun trus sekarang udah setaun ngajar musik. Nah kalo saya pake background pengalaman kerja yang di administrasi itu bisa nggak ya? Apakah harus berdasar pekerjaan terakhir yang sedang dijalani?
    Thanks untuk sharing pengalaman dan infonya 🙂

  38. @shanti : hi juga! btw u fokusnya mau belajar ilmu musik itu atau admin pendidikan kampus tar di amrik? Selama u masih bisa dapat surat keterangan u bekerja di sana mungkin bisa. Untuk lebih pasti coba tanyakan lagi ke AMINEF yah thanks

  39. Halo Kak Leny..
    Salam kenal dari Jogja..
    Nama saya Ari dan sedang dalam persiapan untuk mendaftar beasiswa CCIP tahun ini..
    Yang saya ingin tanyakan, saya kan lulusan Sastra Inggris tp punya pengalaman kerja Editor Novel.. Menurut kakak saya bisa mengambil beasiswa ini gak? Trus kan kakak milih focus studynya online magazine dan blog writing ya klo ga salah? NAh, kalo untuk editor buku gitu focus study nya gmn ya kak? Mohon pencerahannya kak.. Makasih

  40. Halo, ka Lenny! blognya membuat saya terinspirasi untuk mendapatkan beasiswa, walaupun non-degree tapi beasiswa ini pasti jadi pengalaman belajar yang menyenangkan (gak harus sesuai dgn jurusan S1 yang dulu pernah ditempuh).

    oya,ka,beasiswa AMINEF ini durasinya brp lama ? lalu pelamar bisa pilih Community College sendiri atau ditentukan oleh AMINEF?
    Terima kasih.

  41. Pagi Kak Lenny..
    Saya mau nanya satu lagi, soal surat rekomendasi dari atasan..
    Format surat rekomendasi apakah seperti format untuk beasiswa pada umumnya? atau semacam keterangan 'benar bahwa saya tengah bekerja di tempat A?'
    Oh, ya, kak, apa beasiswa ini juga diharuskan menggunakan CV?
    Terima kasih dan maaf udh ngrepotin 🙂

  42. Hi Lenny, salam kenal

    saya mau nanya terkait bidang yang akan di ambil nantinya di CCIP, saya sendiri lulusan teknik informatika, sekarang bekerja juga di bidang yang sama, di bidang IT Networking, setelah saya membaca lebih jauh terkait CCIP ternyata ada bidang IT Networking, apakah saya bisa untuk apply di bidang tersebut? atau saya harus mengambil bidang yang berbeda dengan background saya yang sekarang?

    Thank

  43. @rangga : memang harus mengambil bidang yang beda dengan background tapi karena bidang kerja u kurang lebih sama background saya ragu apakah u eligible. tapi coba aja yah

  44. Hallo, salam kenal kak Lenny..
    Mau tanya nih, kan saya baru lulus SMA tapi belum kuliah. Pengalaman kerja saya membantu ortu di toko sembako, tapi bukan bekerja di tempat yang resmi. Apa bisa pengalaman kerja saya bisa dipake untuk salah satu persyaratan CCIP tsb?

    *thanks

  45. Ahmad

    Hai kak Lenny salam kenal. Apakah persyaratannya wajib mempunyai passport? Karena ada pertanyaan ketersediaan passport di form. Thx 😀

  46. Andrea

    Hai kak Lenny,
    Terimakasih buat tulisannya yang sdh sangat memotivasi sekali.
    Kebetulan aku baru tau beasiswa ini, dan sangat berminat sekali.
    Mau tanya beberapa pertanyaan nih,

    1. Kalau mau daftar tahun ini (deadline 1 des 2015), dg asumsi ngurus semuanya, translate ijasah, tes toefl, dll. Kira2 bisa rampung semua gak ya?
    2. Saya skrg sdg kul di jurusan SI smt 6, lulusan dr smk IT, dan sdh bekerja 3,5 tahun di perusahaan IT. Kira2 saya eligble gak untuk apply ini?
    3. Untuk pengecekan kesehatan, saya pny riwayat operasi kecil namun bukan penyakit menular, kira2 bakal menghambat buat lolos tes kesehatan gak ya kak? Pengecekannya sebatas hasil lab saja atau sampai pengecekan fisik?
    Mohon infonya ya kak 🙂 terimakasih.

  47. @andrea :
    1.bisa kok asal u kebut hehe
    2. untuk pengalaman kerja u eligible banget namun karena sama dengan background pendidikan saya agak ragu. ada baiknya u langsung tanya ke AMINEF nya agar lebih pasti 🙂
    3. Tidak masalah. tidak ada sampai pengecekan fisik kok

  48. List Educational Institutions. Please list educational institutions you are currently attending or have attended with the most recent listed first. Please attach a translated and certified copy of your transcripts for any institution from which you received a certificate, diploma or degree.

    Berdasarkan instruksi di atas apakah saya harus melampirkan ijazah SD dan SMP juga ?

  49. Halo kak lenny, ceritanya menginspirasi bangeet, aku jadi caricari tau tntang ccip dan berencna pngen ikutan thun ini, Ohya kak pngen tanya ini, mhon di jawb ya, sebenernya sih pertanyaan sepele .
    "Please send thd three sets of app package to bla bla" ini maksudnya semu dokumennya dari 1 amplop itu rangkap 3? termasuk application form, copy toefl score, ijazah, skhun, surat keterangan kerja sama copy ktp juga rangkap 3? mohon penjelasannya kak, Makasih banyaak 🙂

  50. halo kak Lenny, saya berniat daftar CCIP tahun ini juga, ada bbrp hal yang mau ditanyakan:

    1. Saya sudah dinyatakan lulus D3 manajemen informatika, tapi belum menerima ijasah, sudah ada pengalaman kerja sebagai customer service 2 tahun di perusahaan swasta. Rencana nya mau ambil major business nanti. Apakah saya eligible? jika iya, pada form yang ada isian "are you currently a student?" saya isi "yes" or "no" ? karena perkuliahan saya sudah berakhir.

    2. di formulir nya kan ada isian "if you have travelled or lived in any country other than your own, please indicate place and date". Sedangkan aku tidak pernah keluar negeri sebelumnya, jadi aku ketik N/A di semua kolomnya atau dikosongkan?

    3. Pada isian "provide the names and addresses of individuals to be notified in case of emergency" tapi yang tinggal di US. Saya ga ada kolega di US kak, jadi ketik N/A atau dikosongkan?

    Mohon pencerahannya kak, terima kasih banyak

  51. Hi Lenny

    apakah boleh tau besaran stipend per bulan yang diperoleh untuk CCIP ini? mengingat gw sudah berkeluarga, jadi apakah mencukupi untuk sebagian ditransfer ke keluarga di Indonesia

    Thanks

  52. Yosua Murid Yesus

    Shalom kak, mau tanya yg dimaksud "completed application form" itu saya print atau lampirkan dari halaman 1-14 atau hanya dr halaman 6-14(yang biodata dan essay) ? Mohon fast reply kak krn sy mau kirim hr ini dari papua.tq, Jesus blessed us.

  53. Hai k Lenny thank you untuk postingan yang sangat menginspirasi ini.. Saya Leslie dari NTT saya udah daftar CCIP dan dipanggil untuk interview tanggal 21 nanti di jakarta. k aku mau nanya prtanyaan apa yang paling sulit saat wawancara dan persiapan apa aja yang harus aku lakuin sebelum wawancara thanks GBU

  54. @leslie : hi leslie intinya tenang dan PD aja. yang bakal ditanya seputar essay dan form aplikasi u kok. Pertanyaan paling sulit mungkin menjelaskan tujuan dan impact apa yang akan diberikan program untuk u kedepannya. Persiapannya simpel aja. Makan dulu. Istirahat cukup dan tenang 😀

  55. Melita O.

    Hai kak lenny, sharingnya yahud bgt. Sy mau bertanya nih..kan diminta surat keterangan kerja yg diserahkan pada saat wawancara, ada catatan yg menyebutkan surat harus ditulis oleh kepala jabatan/staff yg berwenang.Nah yg dimaksud dgn ditulis langsung itu bgmna ya kak? Terima kasih banyak.

  56. Oh, jadi diketik ya. Oke, pengalaman sebelumnya waktu kirim berkas aplikasi CCIP, saya tulis tangan dan ternyata diminta yang diketik. Jadi pada notifikasi selanjutnya yg dikirim via email, saya agak rancu dengan kata "ditulis". hehehe. Thank you kak Lenny…smg sukses terus ya.

  57. WOW, baca paragraf pertama kayak lagi ngaca, Mbak. Aku juga ngalamin hal yang sama banget, bedanya s1-ku teknik.
    Jadi waktu apply CCIP Mbak Lenny udah kerja di media dong ya, Mbak? Aku pernahnya magang2 di majalah, tapi sudah lama, bisa ngga ya, Mbak?

  58. salam kenal kak lenny… kenalin kak aku vika lulusan d3 keperawatan,pengalaman kerja mei 2016 ntar baru 1 tahun dan sekarang kerja nya masih di rs sbg perawat pelaksana.
    barusan searching ttg CCIP eh malah ketemu blog alumni…jd tambah excited banget, kebetulan kemarin (21-02-2016) aku ikut educationfair AMINEF di ritz carlton dan disana nanya2 d stand fullbright ny n baru tau trnyta ada beasiswa CCIP ini kak, kemarin pas nanya sama kakak2 nya kalo buat nursing ada gak, kata dia udah nggak ada lagi,udah di hapus karena kurang peminat nya tapi katanya ada coba ambil di program yang tersedia kayak business management mungkin nantinya bisa ngatur manajemen /administrasi rs nya kata nya gitu kak.
    Yang aku mau tanya kak,apa aku eligible buat apply kalo jurusan d3 dan profesi pekerjaan ku sekarang tetap sejalan ?soalnya baca coment sebelumnya kata nya “ CCIP emang didesain untuk pekerja yang punya background berbeda dengan kuliahnya.”??
    What should I do kak???haruskah pupus harapan ku??kemarin udah seneng banget padahal kalo ada buat yg non-degree gini :’)

  59. RuN's

    mba leni, saya boleh minta kontak emailnya mba lenny ? saya sangat tertarik dengan cci program aminef, boleh saya tanya – tanya lebih lanjut melalui email mbak ?

    email saya : raniamiaty@gmail.com
    whatsapp : 085227484315

    Terima kasih mba leni 🙂

  60. RuN's

    Mbak leni, untuk pendaftaran CCIP apakah dibuka setiap tahun ? apakah untuk pendaftaran tahun 2016 ini sudah di buka ?, saya berminat untuk mendaftar ccip.

    Sekarang saya masih mahasiswa tingkat akhir (masuk kulia telat ) dengan status sudah menjadi karyawan di sebuah perusahaan IT di Yogyakarta. saya mengambil kuliah manajemen ekonomi, dan saya punya minat di bidang lain yaitu IT dan sastra. saya telah bekeja di perusahaan ini 1 tahun lebih. apakah saya berhak untuk program ini mbak ?

    Terima kasih jawabannya mbak leni 🙂

  61. @run's : iya setiap tahun. kalau untuk tahun ini cek di web nya kayakny lum buka sih.

    Setahu saya bisa..nanti u lampirin ijazah sma aja (karena lum lulus kuliah) dan nyertakan surat ket bekerja dr perusahaan IT tsb.

    Thanks

  62. Halo kak Lenny, terimakasih udah nulis blog yg inspiratif & memotivasi banget 🙂
    Saya berminat utk daftar CCIP th 2016 ini kak,

    Saya baru lulus S1 (accounting) bln April 2016 & udah 4th kerja di di bidang pengadaan barang (purchasing), tp masih berstatus tenaga outsourcing 🙁
    Kontrak sy akan berakhir bln Sept 2016 & rencana sy tdk akan memperpanjang kontrak (mau cari kerjaan lain, hehe)

    1. Menurut kak Lenny, dgn latar belakang ini, apakah sy masih eligible utk apply CCIP ini kak?
    2. Surat rekomendasi dr perusahaan yg lama (rencana resign Sept 2016) apakah masih bisa digunakan utk apply bln Okt?

    Terima kasih utk jawabannya kak,
    sukses selalu & Gbu 🙂

  63. Rida

    Hai Lenny,

    Post yg sangat inspiratif sekali. Saya berminat untuk apply beasiswa ini (jika masih dibuka untuk tahun ini), namun sedikit bingung dengan status pekerjaan saya saat ini yang freelance. Pengalaman kerja saya di kantoran sebelumnya ada sekitar 8 tahun. Apakah saya msh bisa apply dgn melampirkan surat keterangan pernah bekerja di kantor terakhir?

    Terima kasih sebelumnya

    Rida

  64. @rida :saya rasa bisa.. lampirkan aja.. dan buat ket juga kerja sebagai freelance.. lebih baik lagi kalo bisa klien u yang memberikan ket atau lampirkan hasil kerja freelance utk lebih meyakinkan. good luck!

    thanks

  65. Thanks ulasannya len, akhirnya saya jadi punya keinginan untuk studi lagi. anyway, saya alumni AIYEP 2009. Oh iya, biasanya waktu untuk apply dibuka sekitar bulan apa yah? thanks anyway.

    Regards,
    Dwi – Gorontalo

  66. Dear kak Lenny..
    Salam kenal ya kak saya Nandita dari Pekalongan, Jateng^^
    Mau nanya, saya kan masih kuliah semester 4 jurusan PPKn dan kepengin banget dapet beasiswa CCIP ini. Aku minta masukannya dong kak, menurut kak Len aku mending selesaiin dulu kuliahku baru apply atau gimana? Cz aku juga blm ada pengalaman kerja juga huhuhu… Mending ambil kerja mulai sekarang atau nanti waktu habis lulus kuliah kak? Mau disiapin dari sekarang (saking penginnya ke U.S) hehe.. makasih kakaaaak :*

  67. Juli Aisyah

    Hai Kak Lenny. .
    Salam kenal kak, saya Juli dari Kisaran, Sumatera Utara.
    Mau nanya kak
    1. Saya sudah lulus S1. Apakah saya juga harus melampirkan ijazah dan transkrip SMA saya? Bila ia, kira-kira apakah harus dileges oleh pihak sekolah SMA juga gak kak dokumen transkrip sudah diterjemah oleh penerjemah tersumpah, mengingat sekarang saya sekarang bekerja di Bandung sementara dulu saya sekolah SMA di Sumatera Utara.
    2. Saya lulusan S1 T.Industri dan sekarang tengah bekerja sebagai guru bahasa Inggris di SMK. Apakah kira-kira study yang paling mendekati untuk saya di CCIP itu adalah Early Childhood Education?
    3. Jika kita sudah menyelesaikan masa studi, apakah kita diharuskan kembali ke Indonesia dan membuat project? Kira-kira minimal waktu pengabdian dalam membuat project untuk perubahan di Indonesia itu berapa lama kak? Apakah ada standard/pengukuran untuk kesuksesan projectnya?Apakah bisa saya melanjutkan study S2 segera setelah program CCIP selesai?

    Terima kasih sebelumnya ya kak 🙂

    1. Hi juli,
      1. Iya tetap harus dilegalisir sama SMA u dulu.
      2. Iyah bisa ngambil jurusan education gitu.
      3. setelah 10 bulan langsung kembali ke Indonesia dan selama 2 tahun ada ketentuan diharapkan di Indonesia dulu mengaplikasikan ilmu yang telah didapat. Tidak ada keharusan membuat proyek tapi kalau pun ada sangat diapresiasi. Untuk S2 mungkin bisa setelah 2 tahun itu baru apply lagi.

      Thanks

  68. maia

    hello lenny mau nanya
    1,saya sudah resign dari pekerjaan saya tahun 2015 dan saat ini saya berwirausaha mengenai surat keterangan bekerja bisakah menggunakan yang lama?
    2,mengenai izajah dan transkrip setelah di translate apa perlu dilegalisir lagi atau cukup dari legis penerjemah saja?
    3.apakah kita akan dikenakan tes toefl ulang jika lulus?

    thanks in advance 🙂

  69. Hi maia,
    1. Sertakan juga gpp tapi karena sekarang sudah berwirausaha sertakan dokumen yang menyatakan anda pengusaha misal surat keterangan kepemilikan bisnis atau semacamnya.
    2. Legis penerjemah saja.
    3. Iya setelah terpilih, masih ada tes toefl tapi tar ditanggung oleh AMINEF.

  70. Mitrasari

    Hi Kak Lenny,
    Saya pusing baca comment dari atas. Saya cuma ingin bertanya, jadi setelah ijazah SMA diterjemahkan oleh sworn translator harus dilegalisir oleh kepala sekolah?

  71. Hayati

    Hallo, Ka. saya berminat ikut CCIP tahun ini. Saya lulus D3 bidang Jurnalistik d 2014, lalu bekerja sebagai frontliner di sebuah leasing selama 1 th dan 1 bln (1 thn sbg Teller dan 1 bln sebagai Customer Service). Saya melanjutkan kuliah S1 jurusan Ilmu Komunikasi dan sekarang bekerja sbg Administrator untuk divisi Policy and Compliance di perusahaan sawit dan pengolahannya (bekerja sejak 1 Agustus 2017). Saya melakoni bisnis online sejak 2015, dan saat ini mulai melakukan branding di media sosial.

    Jika saya ambil Business & Administrator, apakah eligible?
    Sebetulnya saya tertarik dengan bisnisnya, tapi tidak ada keterangan hitam di atas putih untuk bidang ini.

    Saya punya keterangan telah bekerja di perusahaan yang sekarang dari bagian HRD, tapi tidak ada surat rekomendasi dari atasan.
    apakah bisa begitu?

    terima kasih.

  72. Muchammad arif

    thank you kak lenny for your story. mau tanya ka, apakah beasiswa ini boleh untuk mahasiswa s2 ? kebetulan aku sekarang bekerja jadi guru paud, namun sedang s2

  73. Agung Hidayat Harahap

    Kak leny aku Agung dari jambi, dan alumni Duta Bahasa Prov Jambi 2015. Tau kakak dari senior Dubas kalo dulunya juga alumni Dubas, hehe. Tertarik banget untuk ikut ini kak, aku lulusan S1, requirement nya harus Ijazah SMA juga atau boleh ijazah S1 aja nih kak? Terus submit nya via pos terdiri dari app form, ijazah, bukti kemampuan bahasa inggris, dan referensi kerja ya kak?

  74. Sariaman Ringo

    Hai Kak Lenny,, Saya Sariaman Ringo, saya berniat mau daftar beasiswa ini juga kak. Kalau pekerjaan kita sebagai guru private tanpa lembaga, bagaimana membuat surat sudah kerjanya kak? Terimakasih

  75. Robekca

    Mbak lenny. Saya juga anak jambi. Tahun lalu coba ccip tqpj belum lolos. Kemu gkinan karena berkas saya tidak mencantjmkan surat2 dalam bahasa inggris. Itu wajib ya mbak ijazah dan daftar nilai sma nya di translate juga?

  76. rut

    Hai kak Lenny, saya baru mau lulus S1 jurusan akuntansi dan sekarang sudah 5 bulan bekerja sebagai magang bakti customer service di Bank B*A, kira2 apakah saya bisa ikut program CCIP untuk mengambil pendidikan bussiness administration bagian “customer service” ini atau ada saran lain kak? rencana nya saya ingin ikut untuk yg tahun 2019

    1. Hi rut,

      Saran saya, kamu lulus dulu dan langsung bekerja sesuai dengan jurusan yang kamu ingin ambil nantinya misal customer service. Setelah 1 tahun, barulah coba mulai mendaftar CCIP.

      Thanks.

      1. Rut

        Terimakasih banyak kak atas saran nya..😊

        Ak akan coba tahun depan yaa.

        Kak sama mau nanya lagi nih klo CCIP itu menerima pelamar dari luar daerah aja kah? Klo ak dari jakarta apakah kemungkinan nya kecil?? Makasi kak sebelumnya.

  77. Jennifer

    Halo Kak Lenny,

    Salam kenal, nama saya Jennifer. Saya tahun lalu sudah lulus S1 jurusan Akuntansi dan sebelum lulus saya sudah pernah kerja di perusahaan konsultan selama 1 tahun dan sekarang saya bekerja sebagai auditor.
    Saya sangat tertarik dengan Entrepreneurship / HR, apakah berdasarkan pengalaman bekerja sebelumnya saya eligible untuk apply ke field Entrepreneurship atau Management/Administration?
    Karena memang sejak saya kuliah saya lebih senang mata kuliah yg berhubungan dengan Manajemen.
    Terima kasih sebelumnya kak.

  78. Maya

    Hai kak Lenny..terima kasih sharing nya sgt menginspirasi 😊

    Saya perlu saran ka, saya lulusan S1 Pend. B.inggris, dan saya sudah mengajar sbg guru kelas SD selama 3tahun ini, mengajar kelas 1 dan 2 SD (untuk semua mata pelajaran). Kira2 apakah relevan saja jika saya mengambil field : early childhood education (meskipun saya bukan guru PAUD). Tetapi saya mengajar siswa SD kls 1 dan 2 juga hampir sama usia mereka dgn siswa PAUD hehe dan misal saya mengambil fokus pada special education (Krn dlm setiap kls selalu ada siswa berkebutuhan khusus) yg ttp harus ditangani guru umum/guru kelasnya masing2, tanpa ada guru khusus yg dpt membimbingnya.

    Bgmn menurut Kaka, apakah saya memenuhi persyaratan utk coba mengikuti program ini?

    Terima kasih ka 😊

    1. Hai maya, sepertinya masih relevan karena saya punya temen juga kasusnya seperti ini. Apalagi kamu mau ambil special education buat difabel itu jadi nilai tambah. Good luck yah!

      1. Maya

        Jadi kakak punya teman yg juga mengalami kasus yg sama seperti saya? Apakah dia sbg guru yg mengajar di SD juga seperti saya?
        Lalu bagaimana kemarin ka? Apakah dia lulus dan memenuhi kualifikasi?
        Karena bbrp waktu lalu saya coba kirim ke email ke Fullbright, dan jawaban mereka bahwa saya tidak memenuhi kualifikasi karena saya bekerja sbg guru SD bukan guru PAUD. Sementara yg mereka tawarkan adalah jurusan PAUD (early childhood education). Meskipun sebelumnya saya juga sudah mencoba menjelaskan ke mereka bahwa saya mengajar kelas 1 dan 2 SD dan ingin mengambil konsentrasi area special education. Mereka tetap meminta maaf bahwa berbeda antara PAUD dan SD. Tapi saya ingin sekali mencoba, namun kira2 jika mencoba pun akan didiskualifikasi juga karena tidak memenuhi persyaratan jadi agak membingungkan kak hehe

  79. Hi, mba Lenny.

    Mau nanya.

    Saya berencana ikut program CCIP tahun 2019-2020.
    Saya merupakan lulusan D3 Pariwisata prodi Manajemen Usaha Perjalanan Wisata di Akademi Pariwisata Medan.

    Saat ini saya berada di Bali.
    Saya memiliki pengalaman kerja lebih dari 3 tahun seperti berikut:
    – 6 bulan di Marvel Holidays Thailand sebagai Inbound Tour Reservation Staff.
    – 6 bulan di MG Holiday Jakarta sebagai Hotel Reservation Staff.
    – 1 tahun 1 bulan di Padma Resort Legian Bali sebagai Reservation Officer.
    – Bulan December 2018 ini bakal 2 tahun di Potato Head Beach Club Bali sebagai Reservation Officer.

    Sesuai dengan background saya tsb, apakah saya masih boleh ambil Tourism and Hospitality Management di CCIP? Secara Reservation Officer itu termasuk dalam Hospitality and Hotel Management.

    Saya sebenarnya tertarik untuk mengambil Business Management khususnya di bagian Social Media Marketing. Menurut kamu, itu boleh ga ya?

    Mohon sarannya sebelum saya mengirimkan semua berkas yang diperlukan.

    Terima kasih.

  80. Dear Kak Lenny,
    Saya ingin nanya kak, saya lulusan D3 Komunikasi. Saya punya pengalaman kerja part time 9 bulan di Starbucks dan 2 bulan di media online. Saya ingin apply untuk Social Media Marketingnya CCI. kira-kira dengan jurusan saya apakah akan problem ya kak? Sementara jurusan saya komunikasi tetapi secara umum.

    Thanks kak Lenny, love ur blog <3

Leave a Reply