Yang harus diperhatikan di Bandara

Tidak masalah apakah itu mau berangkat, baru tiba, atau sedang menunggu penerbangan berikutnya, setibanya di bandara yang belum biasa anda datangi, ada baiknya untuk selalu lowongkan waktu men-research dulu beberapa hal yang harus diperhatikan di dalam bandara agar beberapa hal penting seperti berikut ini tidak luput dari pengawasan anda :

changi
1. Cari gate anda
Langsung cari tau karena anda tak pernah tau berapa lama antrian masuk serta jauh tidaknya lokasi gate. Lebih baik lagi langsung menunggu di sekitar gate daripada terburu buru lari ketika mendengar panggilan boarding.

2. Toilet
Kalau tidak lagi kepepet saya lebih suka cari toilet yang tidak berdekatan dengan pintu keluar /masuk karena pasti selalu ramai oleh para penumpang yang mau naik/keluar pesawat. Biasanya andalan saya adalah setelah pengecekan. Hal ini juga sangat disarankan misalnya kalau di USA kita tidak boleh mmebawa cairan masuk sehingga jika membawa air minum dapat meminumnya terlebih dahulu atau membuangnya.

3. Tempat colokan
Hal ini menjadi penting karena di zaman sekarang tidak ada manusia yang tidak membawa alat alat elektronik. Jumlahnya pun terkadang lebih dari dua. Jika bepergian saya biasanya tak luput menggandeng laptop, handphone, kamera sehingga jika bisa menemukan tempat lowong untuk men-cas nya, saya tentu senang sekali. Apalagi jika tau akan menghadapi perjalanan panjang di atas udara, biar tidak mati gaya dan bisa menggunakan alat alat elektronik tersebut nantinya. Kalau di beberapa negara, ada tempat khusus untuk mencas. Sedangkan di indonesia hal ini baru mulai digalakkan dengan diberikannya fasilitas kotak2 kecil dengan kunci agar anda dapat meninggalkan Hp di dalam. Jika tidak ada dan butuh sekali mencas, carilah di  dinding dinding yang tersedia atau bisa melipir ke restoran untuk numpang cas. Jangan lupa membeli minuman/makanan sekedarnay juga yah.

4. Tempat wifi
Beberapa airport di Indonesia telah menyediakan wfi gratis, namun jika tidak restoran / lounge menjadi pilihan berikutnya.

5.Atraksi yang bisa dilihat
Airport mungkin mengerti jikalau mereka harus melakukan sesuatu yang lebih dari sekedar menaikkan penumpang ke pesawat atau menyambut penumpang. contohnya di singapore airport yang merupakan airport terbaik di dunia, mereka punya segala macam atraksi gratis yang bisa membantu penumpang melupakan bete menunggu/ transit selama di Terminal 2 dan Terminal 3.

6. Public transportation
Naik taxi dari/ke airport selalu saya hindari kalau bisa. Selain harga yang mahal, rata rata sudah banyak transportasi umum yang dapat digunakan menuju atauapun keluar dari airport. Contohnya saja Damri yang menjadi pilihan terbaik jika di jakarta. Kalau di luar negeri biasanya bandara terhubung langsung dengan train / subway sehingga anda bisa langsung menuju downtown. Selain itu bisa juga menggunakan airport shuttle yang tarifnya lebih nyaman dikantong dibanding taxi.

7. Tempat makan sehat dan murah
Sayangnya kalau mau makanan sehat biasanya tidak murah. Kalau makanan murah belum tentu sehat. Jadi kalau anda seperti saya yang memprioritaskan makanan sehat, anda perlu cari beberapa toko yang mungkin menjual buah/menu dengan sayur2an atau restoran yang bukan menyajikan makanan cepat saji atau proses. Yang terbaik dan suka saya lakukan adalah membawa bekal. Biar dibilang kampung yang penting sehat dan perut saya puas. Tetapi biar tidak ribet, jangan membawa makanan yang susah dimakan seperti soto atau bakso. Jangan pula membawa makanan yang bisa bikin orang lain pengen jauh jauh dari kita yah seperti durian atau pete. Kalau tidak sempat menyiapkannya sendiri, bisa membeli di sebelum tiba di bandara, hitung hitung penghematan.

Kalau kamu, apa yang menjadi perhatianmu ketika tiba di Bandara?

About the author

Travel Now or NEVER
5 Responses
  1. si engkong

    Len, semua tips nya cocok juga dilakukan si engkong kalau berada di airport, karena itu semua memang yang diperlukan, good on ya girl !

  2. kalo saya tinggal cari tempet duduk dan main game android 😀 . karena soalnya cuma nunggu/jemput orang saja. mampir juga kalo mau donwload game android gratis di aslafa-games.blogspot.com . terima kasih tips nya.

Leave a Reply