7 Tempat Wisata di Bengkulu

Pesawat Garuda yang membawa saya pagi itu ke Bandara Fatmawati-Bengkulu mendarat dengan mulus dan tepat waktu. Saya tersenyum lebar manakala indra penglihatan dimanja dengan pemandangan hijau di sekeliling. Birunya langit serta terik matahari menjadi pertanda baik bahwa perjalanan di ujung barat pulau sumatera ini akan menjadi perjalanan yang menyenangkan.

Kalau dihitung pake jempol, sebenarnya saya sudah tiga kali mendarat di Bumi Rafflesia. Kunjungan pertama, singkat, padat dan bahagia sekali itu terjadi kurang lebih 5 tahun yang lalu. Kunjungan kedua itu lebaran tahun ini bareng keluarga, namun nyaris gak kemana-mana. Yang ketiga baru saja minggu kemarin dalam rangka diundang Famtrip Provinsi Bengkulu selama tiga hari. Acaranya seru banget karena pesertanya buanyak dan meski beberapa tempat sudah pernah saya kunjungi sebelumnya… tapi tentunya pengalamannya beda. Lebih seru dan jadi tahu banyak hal karena selalu dipandu dan dikelilingi orang-orang yang bisa saya tanyai mulu. Oh satu lagi bonusnya jadi punya koleksi foto-foto yang bisa dipamerin di IG :0




Oleh karena itu, baru sekaranglah saya PD mau berbagi tempat – tempat atraksi wisata yang harus dikunjungi sekiranya kalian pengen juga ke Bengkulu.

Berikut ada 7 tempat wisata di Bengkulu rekomendasi saya:

    1. Bunga Bangkai dan Rafflesia Arnoldii

Zaman dulu kita (kita???) sekolah, pasti ada tuh yah disuruh menghapal flora & fauna khas provinsi-provinsi di Indonesia. Yang paling menonjol tentu saja aneka flora langka dari Bengkulu yaitu Bunga Bangkai & Bunga Rafflesia Arnoldii. Yang namanya bunga itu biasanya wangi semerbak, tapi yang dua ini malah baunya yang semerbak. Keduanya merupakan ikon Bengkulu, meskipun untuk bertemunya perlu sedikit menjauh dari Kota Bengkulu karena terletaknya di Kabupaten Kepahiang. Selain itu, bagi yang benar-benar pertama kali ke Bengkulu, banyak-banyaklah berdoa agar dapat berjumpa dengan mereka. Karena belum tentu waktu mekar bunga ini berpapasan dengan waktu kunjungan kalian.

Karena bahasan tentang bunga ini banyak, saya bahas lebih lanjut di sini yah.

    1. Rumah Kediaman Bung Karno

Setelah diasingkan Belanda di Ende, NTT, Bung Karno dipindahkan lagi ke Bengkulu karena terkena wabah malaria. Selain itu, karena lokasi Bengkulu cukup terpencil, maka dirasa cocok untuk mengucilkan Presiden kita itu. Dulu di daerah ini masih hutan lebat, namun seiring perkembangan kini si rumah Bung Karno malah berlokasi pas di kotanya. Rumah lawas ini masih terjaga dengan baik dan punya tiga unsur budaya yang melebur di dalamnya.

Budaya lokal karena menyerupai rumah khas penduduk Bengkulu. Budaya Tionghoa karena yang punya rumah si orang Tionghoa, sehingga saya bisa menemukan beberapa kaligrafi huruf Tiongkok yang ada di atas pintu. Budaya Belanda dari beberapa interior dan desain rumah contohnya jendela-jendela besar dan rapi yang ada di samping rumah. Aku kok berasa di kota tua kalau ngelihatnya. Selama pengasingan (1938-1942), rumah ini telah menyisakan banyak memori dan foto foto jadul semasa hidup bung karno serta beberapa barang peninggalannya yang hits seperti sepeda Bung Karno dan surat cintanya buat. Di belakang rumah juga terdapat sebuah sumur yang oleh masyarakat lokal dipercaya airnya berkhasiat bikin awet muda. Berani coba?

 

    1. Rumah Fatmawati

Selama empat tahun di Bengkulu, Bung Karno sempat melabuhkan hatinya ke ciknga (gadis) Bengkulu yakni Fatmawati. Jadi selepas dari Rumah Soekarno, Jangan lupa mampir ke rumah istrinya yakni Rumah Fatmawati yah. Apalagi lokasinya berdekatan yaitu sekitar 600 meter saja. Ibu Fatmawati juga terkenal sebagai wanita yang menjahit dan mempersiapkan Sang Saka Bendera Pusaka Merah Putih loh.

fatmawati.JPG

    1. Benteng Marlborough

Bengkulu awalnya bernama Bencoolen karena pengaruh Inggris yang menjajahnya selama lebih kurang 140 tahun. Salah satu bukti bangunan Inggris ini masih aja loh berdiri kokoh dan tidak mengalami perubahan adalah benteng Marlborough. Nama benteng ini menggunakan nama seorang bangsawan dan pahlawan Inggris yaitu John Churchil, Duke of Marlborough I dan dibangun pada tahun 1714. Benteng ini juga merupakan salah satu benteng terbesar Inggris yang ada di Asia Tenggara. Luasnya, sekitar 44.100 meter persegi. Kalau buat main layangan atau petak umpet yah cukup banget. Bentengnya juga lucu karena kayak berundak-undak gitu. Tempatnya juga asik buat melihat matahari terbenam dari atas benteng karena langsung menghadap ke lautan.

marlborough-bengkulu-1024x747
benteng marlborough

marlborough bengkulu

Tepat di samping benteng, kita dapat menjumpai kawasan kampung cina (Chinatown). Kawasan Chinatown ini ditandai dengan sebuah gerbang besar bewarna merah serta deretan rumah lama yang memiliki arsitektur khas cina yakni rumah yang umumnya memanjang ke arah belakang, bertingkat dua dan beratap lengkung. Nampak juga di jalan jalan chinatown dipasang lampion. Hanya saja saat ini lagi direnovasi!

    1. Monumen Thomas Parr

Monumen berbentuk tugu yang jaraknya sekitar 170 meter ini terletak tak jauh dari benteng Marlborough. Monumen dengan luas 70 meter persegi dan tinggi 13,5 meter ini ternyata punya kisah tragis loh. Alkisah Thomas Parr adalah penguasa Inggris di Bengkulu yang terkenal akan kekejamannya. Semasa memerintah, Thomas Parr menerapkan sistem tanam paksa untuk membuka perkebunan kopi di Bengkulu. Tidak terhitung lagi berapa banyak nyawa penduduk Bengkulu yang melayang semasa itu. Hingga akhirnya pada tanggal 23 Desember 1807, rakyat Bengkulu menyerbu Mount Felix (bukit Palik) tempat peristirahatan Thomas Parr dan membunuhnya. Walaupun begitu, pemerintah kolonial inggris tetap menggangap Thomas Parr sebagai pahlawan atas jasa dan pengabdiannya sehingga didirikanlah Monumen ini pada tanggal 7 Januari 1808.

thomas parr

    1. Rumah Gubernur Inggris Thomas Stamford Raffles

Thomas Stamford Raffles adalah Gubernur terakhir Inggris di bengkulu sebelum akhirnya penguasaan terhadap bengkulu ditukar oleh pemerintah kolonial belanda dengan Singapura. Bangunan Istana Gubernur ini sangat kental dengan corak arsitektur Eropa. Lihat saja tiang besar yang berjajar di sisi depan bangunan serta dinding tebal dengan bingkai jendela lebar yang merupakan ciri khas bangsa eropa pada masa itu. Sekarang bangunan ini merupakan kediaman gubernur bengkulu dan sering dijadikan tempat berbagai aktifitas pemerintahan. Tenang saja saya bukan merekomendasikan jalan jalan ke dalam rumah gubernur kok. Cukup sampai di depan pagarnya saja. Soalnya di halaman depan kantor gubernur Bengkulu ini kita bisa melihat puluhan rusa yang hidup secara bebas. Lucu kan? Mungkin ini salah satu terobosan pemerintah bengkulu karena tidak memiliki kebun binatang hehe.

rusa bengkulu

Kalau rusanya ngeliat pengunjung di pagar, mereka pasti otomatis ke pagar karena tau it’s feeding time. Karena biasanya orang lokal maupun wisatawan yang datang pada suka memberi makan mereka, baik itu pake wortel atau roti. Duh mereka imut banget!!

rusa gubernur bengkulu

    1. Pantai Panjang

Terletak di pesisir barat pulau Sumatera, Bengkulu dianugerahi garis pantai yang sangat panjang. Tak heran kalau salah satu pantai yang terkenal disana namanya adalah Pantai Panjang. Panjangnya saja 7 km. Saking luasnya, dalam tiga kunjungan saya selalu nemu spot yang berbeda. Kunjungan pertama, saya lupa di mananya saya nongkrong haha. Kunjungan kedua saya dan keluarga nginep di Raffles City Hotel, dan di depan hotel sudah ada hutan cemara yang cukup rapat, sebelum akhirnya bertemu dengan pantai. Sayangnya pantainya agak kotor karena banyak sampah berserakan. Terus pasirnya hitam. Kirain emang warna aslinya begitu, rupanya karena kena limbah tambang batu baru. Sedihhh!!!

Kunjungan ketiga, saya nginep di Amaris Hotel. Sampingan sama Bencoolen Mall, tapi kalau ke pantai lewat belakang dan masuk gang-gang rumah warga. Nah dari sana tinggal nyebrang, maju dikit nemu deh plang kayak gini.

pantai panjang bengkulu

Mirip di Bali yah? apalagi banyak tenda-tenda buat leyeh-leyeh gitu. Terus kalau di Bali banyak mbak-mbak nawarin kepang, pijit, aksesoris, di sini mbak-mbak nawarin gorengan udang, dan makanan laut lainnya. Ngemilnya sehat yah?

Terus yang di sini saya suka banget liat pasir pantainya. Jauh lebih bersih dan putih daripada di sisi yang saya kunjungi sebelumnya. Namun kalau pantai ini tidak bisa berenang karena jarak 4-5 meter aja udah nemu palung lautan, jadi bahaya banget. Selain itu, ombaknya sih juga lumayan, jadi sebaiknya main pasir aja cukup deh. Kalau enggak di pantai ini asiknya ada lintasan khusus jadi bisa buat jogging, bersepeda, atau main voli mungkin?

pantai panjang

Puas main air, dan pasir, pasti gerah banget kan yah? secara Bengkulu emang HOT. Mampir deh ke mall teranyar di Bengkulu yakni Bencoolen Mall. Lumayan buat ngadem. Hhh dasar aku anak kota banget yah? :p

**

Kalau kalian ke Bengkulu pengennya ke mana hayo?

Comments(15)

  1. July 28, 2017
    • July 28, 2017
  2. July 28, 2017
    • July 29, 2017
  3. July 28, 2017
    • July 29, 2017
  4. July 30, 2017
  5. July 30, 2017
    • July 31, 2017
  6. August 3, 2017
  7. August 6, 2017

Leave a Comment