6 Spot Instagrammable di Bogor yang Wajib Jadi Kunjungan Wisatamu

Kemarin-kemarin aku udah menuliskan rekomendasi tempat jalan-jalan di Jakarta. Lumayan lah yah biar gak bengong aja pas akhir pekan. Tapi kalau saban bulan di Jakarta aja pasti bisa mumet. Solusinya, boleh nih minggir dikit ke Bogor, Jawa Barat. Meski kesannya dekat (Cuma sejam pake kereta), tapi ternyata masih banyak loh destinasi Bogor yang belum kesentuh. Untuk masalah penginapan juga sudah gak ribet karena banyak akomodasi mewah di Bogor.

Nah, jadi tunggu apa lagi? Kapan kita bogor bareng? Aku pengennya kalau ke Bogor ke tempat ini ah. Tempatnya IGable dan bisa foto-foto cantik loh :




  1. Kebun Raya Bogor

Tempat wisata satu ini emang terdengar mainstream, but believe me, Kebun Raya Bogor never Fails me! Aku suka aja sih berada di alam gitu, menyatu dengan lingkungan. Rasanya cocok banget buat detox paru-paru ini dari polusi di Jakarta. Selain itu, hutan botani terbesar di Asia Tenggara ini luas banget. Aku paling suka kalau tur naik mobilnya sambil diceritain sejarah dan dikasih info-info tentang tempat yang dilewati. Terus kalau mau narsis, tinggal ke area dekat-dekat Istana. Kali aja papas an sama Jokowi yah kan?

istana bogor

  1. Leuwi Hejo

Leuwi Hejo Harga Tiket Masuk

Leuwi Hejo, atau yang lebih dikenal oleh masyarakat setempat dengan nama Curug Bengkok, merupakan sebuah air terjun yang terletak di daerah Wangun Cileungsi, Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor.

Leuwi Hejo

Tempat wisata ini menawarkan hawa sejuk dan panorama air terjun berwarna hijau tosca yang siap membuat siapa pun terkagum-kagum akan keindahannya. Puas menikmati Leuwi Hejo, kamu juga bisa mampir ke Leuwi Lieuk yang tak jauh dari sana. Untuk harga tiket masuknya sendiri adalah Rp10.000 per orang, ditambah tarif parkir kendaraan sebesar Rp5.000.

  1. Curug Cigamea

Gak heran sih jika Bogor punya sebutan kota seribu curug. Curug ada dimana-mana kalau niat nyari. Salah satu curug favorit saya yakni Curug Cigamea. Di Curug Cigamea ini aku bisa melihat dua curug dalam satu tempat. Berasa dapat bonus banyak deh. Habis berusaha menuruni bukit, akhirnya bisa nyebur ke dalam air curug yang dingin. Brrr!

curug cigamea

Curug yang lokasinya dekat dengan Gunung Salak ini tiket masuknya Cuma Rp.9.000 dan parkir motor hanya Rp.5000. Jadi tunggu apa lagi?

  1. Curug Cibaliung

Curug CibaliungHarga Tiket Masuk

Habis dari Curug Cigamea, sekarang mampir deh ke Curug Cibaliung. Lokasinya ada di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Sentul, Kabupaten Bogor.

curug cibaliung

Meskipun tidak terlalu tinggi, kejernihan dan kesejukan air di curug ini dijamin bakal membuatmu tergoda untuk langsung menceburkan diri. Di sisi kiri dan kanan air terjun, terdapat bebatuan dan pepohonan yang membuat panoramanya semakin mengagumkan. Adapun harga tiket masuk ke curug ini juga cukup murah, hanya Rp10.000 per orang.

  1. Penangkaran Rusa Giri Jaya Cariu Bogor

Penangkaran Rusa Harga Tiket Masuk

 Tempat yang dulunya bernama Penangkaran Rusa Cariu ini berlokasi di Desa Buana Jaya, Kecamatan Tanjung Sari, Kabupaten Bogor. Meskipun sudah ada sejak tahun 1993, hal itu sepertinya tidak membuat Penangkaran Rusa Giri Jaya lepas dari daftar tempat wisata di Bogor yang wajib dikunjungi.

rusa

Selain karena tiket masuknya yang terjangkau, di sini kamu juga bisa berinteraksi langsung dengan rusa-rusa yang ada di penangkaran, mulai dari memegang, memberi makan, hingga berfoto bersama mereka. Menyenangkan, bukan? Oya, satu tempat yang wajib kamu kunjungi jika ingin mendapatkan foto keren di tempat ini adalah jembatan gantung yang terbentang di atas Sungat Cibeet.

  1. Rumah Pohon dan Jembatan Kayu Gantung Curug Ciherang Jonggol

SpotwisataLapis Bogor Sangkuriang

Spot wisata yang menyajikan rumah pohon atau gardu pandang di atas pohon tampaknya memang sedang naik daun dalam beberapa tahun terakhir ini. Contohnya seperti Omah Kayu di kawasan wisata Batu Malang dan Gardu Pandang Kalibiru di Kulonprogo Yogyakarta.

Seakan tak mau ketinggalan, Bogor pun juga memiliki tempat yang serupa, yaitu Rumah Pohon dan Jembatan Kayu gantung Curug Ciherang Jonggol. Tempat wisata yang terbilang baru ini berlokasi di Desa Sukawangi, Kecamatan Cukamakmur, Kabupaten Bogor.

rumah pohon

Sebagaimana rumah pohon pada umumnya, Rumah Pohon Curug Ciherang ini juga dibangun di atas pohon besar. Rumah pohon tersebut terletak di pinggir tebing dan dihubungkan dengan sebuah jembatan kayu gantung sebagai jalan masuknya. Dengan latar perbukitan hijau yang mengagumkan, tak heran jika lokasi ini menjadi spot favorit para anak muda atau wisatawan untuk swafoto ataupun hunting foto.

Untuk naik ke rumah pohon ini, kamu tidak akan dikenakan biaya apa pun. Cukup membayar tiket masuk Curug Ciherang seharga Rp5.000 per orang dan biaya parkir Rp5.000 untuk roda atau Rp20.000 untuk kendaraan roda empat.

**

Kalau kalian, biasanya ke Bogor ke mana aja yang tjakep-tjakep? Share dong!

Comments(2)

  1. October 21, 2017
    • October 21, 2017

Leave a Comment