3 Tempat Kuliner WAJIB Coba di Medan

Medan memang gudangnya makanan enak. Tiada hari tanpa melewati makan di luar. Dari sekian banyak tempat kuliner yang saya coba, ada 3 daftar wajib yang tidak boleh terlewatkan. Bahkan tidak hanya sesak dikunjungi oleh turis, tetapi kita pun harus berebutan dengan masyarakat lokal untuk menikmatinya. Berikut 3 tempat kuliner yang TIDAK boleh terlewatkan di Medan :

1. Mie Aceh Titi Bobrok

Iya aneh yah. Makanan daerah lain justru terkenal di Medan. Saya sempat bertanya apakah memang sang pemilik bernama titi? Eh bukan kok. Ternyata Titi itu artinya jembatan. Dan karena lokasi rumah makan ini berada persis di samping jembatan. Dan dulunya pernah ada jembatan / pohon yang bobrok (tumbang) jadilah namanya Titi Bobrok. Tapi jika masih ada yang penasaran apakah tempatnya juga bobrok? Tidak. Walaupun berada di tempt yang sederhana, rumah makan ini masih layak ditempati kok. Biarpun namanya nyeleneh begini, Pamor Mie Aceh Titi Bobrok ini sudah kemana mana loh. Bahkan katanya sudah ada cabangnya di jakarta yakni di kampung melayu. Mie Aceh Titi Bobrok semakin terkenal karena sering menjadi tempat syutingnya acara acara kuliner di Televisi.

Nah balik ke meja makan…
Mie aceh yang terdiri dari mi kuning ini tersedia dalam sajian kuah/goreng. Budget yang dikeluarkan untuk menikmati sajian ini sangat ekonomis. Cuma Rp.9.000/piring ditambah penawar pedasnya yaitu es teh dingin Rp.4.000. Beberapa pilihan lainnya yang juga gak kalah saya janjikan keenakannya adalah nasi goreng, roti canai dan martabak nya yang pake kuah kari. Ada bonus emping, acar dan jeruk nipis juga untuk menyesuaikan selera anda. Kurang apa lagi coba? yuk buat ngiler bersama sama, ini dia foto fotonya :

mi aceh

 

roti canai
Disarankan untuk makan di sini jangan menunggu ketika sudah laper banget karena ngantri bung. Sebagai hiburan, bawalah teman agar tidak mati gaya di antara lautan para pengunjung. Waktu tunggunya bisa sekitar setengah jam jika sedang ramai. Dan jika saya lihat, restoran ini tidak pernah ada sepinya. Padahal karyawannya sudah cukup banyak.

Jam Operasional : 11.00 WIB – habis (sekitar tengah malam)
Alamat : Jl. Setiabudi No 17C Medan
Telp: (061) 77809267

2. Tip Top

“Kamu harus cobaiin Tip Top deh. Bule bule aja suka loh nongkrong di sana.” Itu seutas kalimat promosi temanku. Okay lah. Mari kita cobaiin restoran top yang ada di Medan ini. Jika mampir ke sini, sekalian aja sebelum/sesudahnya mampir ke Rumah Tjong A Fie yah!

Tidak heran jika bule suka nongkrong di sini, karena restoran yang satu ini memiliki nilai sejarah. Bentuknya juga diusahakan masih seperti pertama kali dibangun yakni pada tahun 1934. Beberapa foto dipajang sebagai bukti kejayaannya. Jika masih penasaran dengan unsur sejarahnya!

Tip Top

Tip Top
Saya dan teman teman memutuskan duduk di dalam. Sebenarnya ingin di luar sambil menonton kemacetan di Kesawan. Tetapi karena banyak yang merokok, kami putuskan di dalam saja. Suasananya di dalam pun lebih tenang.

Tip Top restoran menjual aneka makanan Indonesia, Barat dan China. Bahkan ada outlet untuk nasi padangnya juga di dalam. Mbak pramusajinya mengatakan bahwa menu andalan restoran ini adalah nasi goreng spesial(33rb). Okay saya coba. Sementara teman saya memilih kuetiau goreng dan kuah(23rb). Ternyata yang jauh lebih enak kuetiau kuahnya. Kuahnya bening dan segar. Ditambah dengan telor ceplok serta aneka seafood. Yummy!

Too bad, nasi gorengnya menurut saya pribadi standar rasanya. Padahal sudah disajikan se-apik mungkin. Hanya saja porsinya gede dengan tambahan 3 potong ayam.

Untuk dessert, saya ingin mencoba aneka pilihan es krimnya yang katanya menggunakan resep tradisional. Pilihan saya jatuh ke Java Ice(17rb). Ternyata rasanya manis manis gula jawa gitu. Errr saya kira es krim coklat. —____—

 

tip top medan


Tidak hanya menjual makanan dan minuman, Tip Top juga punya toko kue sendiri. Bahkan panggangan kuenya masih menggunakan alat tradisional. Tidak heran jika desain kue nya termasuk lawas. Tidak neko neko tapi mampu menerbitkan air liur seketika. Harganya juga cukup ekonomis. Letaknya tepat di samping restoran Tip Top. Jika tidak mau repot bisa meminta pelayan nya mengantarkan kuenya ke meja makan anda.

tip top di medan
Sesuai namanya, Tip Top yang berarti sempurna, restoran ini berusaha memberikan pelayanan yang prima dan servis yang memuaskan. Oleh karena itu, imbasnya ke harga yang tidak begitu murah. Eits dan tidak juga mahal. Kisaran makanan mulai dari harga 20ribu ke atas dan saya kira wajar. Makan di mall juga segitu kok. Selain itu yah itung itung buat melestarikan cagar budaya restoran yang konon termasuk tertua di Indonesia. Apalagi pilihan menunya lengkap bung!

Jadi jika ingin sekedar nongkrong atau merasakan kayanya kuliner Medan, cobalah restoran tua yang telah menjadi saksi bisu sejarah Medan di sini :
Jam Operasional 11.00 – 14.00 dan 18.00 – 22.00
Alamat : Jl.Ahmad Yani 92
Telp : (061) 4532042 – 4514442

3. Restoran Nelayan

Restoran nelayan yang saya coba ialah yang berada di Sun Plaza mall. Ngantri bok! Setelah sekitar setengah jam, saya dan 2 temanku baru mendapatkan tempat duduk. Di sini cara mesannya cukup unik. Kita dapat memesan menu makanan dan minuman seperti yang tertera di dalam menu. Selanjutnya sambil menunggu, akan datang mbak mbak pramusaji yang menwarkan aneka makanan siap saji yang kebanyakan adalah dim sum. Masih hangat loh! Tersedia beranekan macam dimsum tetapi buat saya yang paling enak itu yah dimsum ayamnya 🙂

Untuk makanan, yang saya coba dan enak adalah kuetiau dan mie nya teman saya. Saya sendiri memesan Tom Yam bihun tetapi rasanya kurang berkenan. Terlalu kental dan masam. Tapi yang paling menarik perhatian, adalah teh krisan nya (chrysanthemum tea) karena segar, tidak begitu manis seperti minuman kaleng pada umumnya dan alami. Saking alaminya masih ada bunganya. Biasanya kalau di jambi saya minum teh krisan yang sachet untuk menyembuhkan panas dalam. Karena penasaran, saya coba makan bunganya juga. Glek!! nothing happened heheh

Keseluruhan saya suka tempat ini. Hanya saja males harus ngatrinya. Restoran Nelayan juga tidak terlalu besar sehingga cepat penuh. Banyaknya mbak mbak pramusaji dan karyawan yang lalu lalang, membuat restoran ini terkesan ramai sehingga bukan pilihan yang cocok buat nongkrong. Tetapi kalau mau mencoba aneka pilihan makanan china, saya rekomendasikan. Apalagi cabangnya ada di banyak tempat di Medan.

restoran nelayan
Jadi, mana satu yang jadi favoritmu?

About the author

Travel Now or NEVER
16 Responses
  1. Anonymous

    mau update aja, restoran nelayan ada cabangnya di jakarta (namanya Jala-jala) yaitu di Kuningan City dan Mall Taman Anggrek 🙂

  2. engkong Ozi

    he he Len kalau laper terus harus ngantri sekitar 1/2 jam – 1 jam engkong sih ga jadi deh belinya, pengen yang langsung dalam sekejap bisa di santap

  3. Hehh kong ini dilema makanan populer! gpp lah kong yang penting udah pernah ngerasaiin dan kalau mi titi aceh bobrok itu emang worth it ditungguin

    🙂 yang tip top lumayan cepet kok 🙂

  4. medan ngga ada matinya soal kuliner, aku pernah seharian ngga sadar makan 23 jenis makanan … pagi2 dibuka dengan bubur campion dan ditutup dengan durian. setengah hari nongkrong di tip top dan malamnya di nelayan

Leave a Reply