15 Jenis Mi Yang Sukses Bikin Aku Ngiler

Mi…mi…mi…aku senang sekali….aneka mi~~~~

Oh  maaf, kok jadi nyanyi. Habisnya aku ini maniak mi sih. Jadi post kali ini saya dedikasikan untuk membahas aneka mi.

Mi adalah salah satu makanan yang berasal dari negeri Cina yang men-dunia. Tak hanya di Indonesia loh orang makan mi, namun juga di luar negeri. Hanya saja mereka memiliki penamaan untuk mi-mi ini. Misalnya kalau di USA, rata rata menyebut ramen untuk aneka mi cepat instan. Kalau di Indonesia kita bilangnya ind*mi, Walaupun makannya mi ABC.

Kadang kadang orang punya streotype mi itu segala macam yang panjang dan tipis termasuk spaghetti. Oh well, belum tau dia kalau mi itu banyak macamnya seperti ini :

1. Mi
Mi ini termasuk paling uzur dan bersejarah di dunia emi-emi-an. Dari zaman terbentuknya mi, bentuk defaultnya udah begini. Terbuat dari tepung terigu dan paling mudah dijumpai dimana saja. Warnanya kuning sehingga disebut juga mi kuning. Biasa dijadiin bahan utama mi goreng, mi rebus, mi ayam, mi untuk bakso dan lain lain.

Mi aceh
2. Mi telor
Bedanya dengan mi di atas, kalau mi diatas biasa dijual di pasar, dalam kresek, dan masih dibuat tradisional atau kalaupun mesin masih dalam lingkup usaha rumah tangga. Kalau mi telor, yang saya tangkap bentuknya seperti mi dalam kemasam, dijual dari pabrikan, langsung tersedia dalam bentuk kering dan otomatis harganya jadi lebih mahal.

3. La Mian
arti harafiahnya dalam bahasa Cina berarti mi tarik. Tau dong film dilm yang terkadang menampilkan adegan tukang mi yang sedang menggodok adonan tepung, lalu ditarik tarik panjang, dihempas-hempaskan ke meja, tarik lagi mi nya, tambah lagi tepungnya dan seterusnya hingga tercipta mi lurus berwarna pucat itu. Hasil akgirnya adalah mi ini lebih kecil dibanding standar mi kuning. Untuk mendapatkannya, lebih sering saya jumpai di mi pangsit dimana yang jualnya orang China. Mi ini hanya direndam dengan air mendidih lalu disajikan dengan bumbu bumbu lainnya.

4. Ramen
Mi jepang yang bewarna kuning ini kalau di Indonesia layaknya mi kuning kita di Indonesia. Kalau di USA, mereka menyebut ramen untuk mi instant macam Ind*mie. Untuk rasanya jangan harap menyaingi mi kita. Yah kalau lagi ngidam banget, boleh deh. Saya sarankan pilih rasa paling pedas karena begitu nyampe lidah kita, rasanya baru pas.

mi instan
Di USA, ada juga mi instan bentuk udon yang enak.. dan lebih sehat karena nggak pake pengawet. Dijual dalam bentuk beku lengkap dengan bumbunya. TADAAA!

udon
5. Bihun
Berwarna putih, mirip dengan soun, namun terbuat dari tepung beras. Rata rata banyak ditemui dan dikonsumsi di seluruh asia.

6. Udon
Mi gendut berwarna putih mulus ini terbuat dari gandum dan disajikan dalam kuah kaldu hangat. Berasal dari Jepang tapi pamornya udah Go International nih.

udon
7. Yakisoba
Yakisoba ini lebih miripnya mi goreng ala jepang.

yakisoba
8. Mi pok
Mi gandum kuning yang berasal dari china dan gepeng. Di singapur dikenal dengan bak mee chor. Kalau di kita sebutnya bakmi. Mi pok dibuat secara tradisional dengan cara dikeringkan dan dicampur dengan saus dan kaldu.

9. Soba
Bertekstur tipis dan lembut populer di jepang. soba biasanya digunakan untuk membuat sup tradisional yang didinginkan dan dimakan dengan saus. mi ini sudah terkenal sejak zaman Edo dan menjadi makanan pokok di tokyo selama itu.

10. Soun
dikenal sebagai mi kacang hijau atau mi kacang benang terbuat dari pati kacang hijau.  sekarang ini soun dapat dibuat dari ubi, kentang, dan singkong. di china sendiri, soun biasanya disajikan dengan kentang goreng atau bersama sup. soun ini banyak menyebar ke banyak negara.

soto
11. Soy bean noodle
Di Batam dan sekitarnya, mi yang mirip satu ini dinamakan mi sagu. Bentuknya panjang, kental, halus dan berwarna transparan. Biasanya dimasak kuah dan goreng dengan tambahan cabe yang nikmat.

12. Kuetiau
Sebenarnya aku agak rancu. Penulisan yang benar itu kwetiau atau kuetiau yah? Ah, apapun itulah kalau orang indonesia udah tahu sama tau kuetiau kan yah? Mi yang terbuat dari beras, berwarna putih dan agak bantet. Segar dimasak jadi kuetiau kuah ataupun sangat menggoda jika digoreng dan disajikan dengan telur, tauge, seafood dan irisan cabai hijau. Slurp!

13. Misua
Misua ini kebanyakan saya temui dalam budaya Tionghoa dimana jika seseorang berulang tahun, biasanya makan misua. Misua terbuat dari tepung, berwarna putih pucat dan biasanya disajikan dalam bentuk kuah dan telur. Sangat simple, rasanya segar dan cocok juga dimakan untuk pagi hari.

14. Spagehtti
Nah ini baru mi asli bule dari Italia. Mi panjang yang sangat populer dimana mana. Untuk yang murah meriahnya, biasanya saya beli menu goceng milik KFC :p

spaghetti

15. Pasta
Apakah pasta itu mi juga? Bisa jadi karena mereka punya kesamaan. Kalau biasanya mi teksturnya lembut, biasanya pasta lebih keras dan harus direbus agak lama. Lalu mi biasanya disajikan dalam bentuk kuah / goreng tetapi pasta (dan juga spaghetti) hanya direbus, ditirskan dan dikasih saucenya lagi. Saucenya lah yang menentukan mrasa si pasta. Kalau mi bentuk dan ukurannya itu itu saja, pasta tampil dalam bentuk yang kreatif dan ada yang lucu lucu loh kayak bulet, panjang, keriting de el el.

Jadi mi mana satu kesukaanmu?

About the author

Travel Now or NEVER
8 Responses
  1. si engkong bawel

    Len, I consume instant noodle once a week only, after I work in the food lab before, too many artficial thing in the ingredince that is not good for your health sooner or latter

  2. @engkong: iya pas di USA tuh sering banget makan instant noodle karena cuma itu rasanya yang nyangkut di lidah… balik Indonesia sih udah jarang banget mi ayam jadi favoritku hahah

  3. Fahmy Zocko

    I eat noodle like 4 times in a week. Aku paling suka mie aceh, tapi kamu pernah ga sih bikin mie aceh dengan racikan kamu sendiri?

    Regards,
    Fahmy Haryandi

Leave a Reply